Menteri KP meresmikan pabrik pakan ikan mandiri di OKU Timur

Menteri KP meresmikan pabrik pakan ikan mandiri di OKU Timur

portal-rakyat.com – Menteri Kelautan dan Perikanan (KP) Sakti Wahyu Trenggono meresmikan pabrik pakan ikan mandiri di Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) Timur, Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) untuk menekan biaya produksi bagi pembudidaya di daerah ini.

“Alhamdulillah saat ini pabrik pakan ikan di OKU Timur resmi beroperasi,” kata Wakil Bupati OKU Timur Adi Nugraha Purna Yudha, di Martapura, Selasa.

Dia menjelaskan, peresmian itu dikemas dalam Rapat Kerja Teknis Direktorat Jenderal Perikanan Budi Daya Kementerian Kelautan dan Perikanan Tahun 2023 yang diselenggarakan di The Alana Yogyakarta Hotel pada Senin (27/2).

“Saya sendiri yang hadir saat peresmian pabrik pakan ikan mandiri OKU Timur yang ditandai dengan penandatanganan prasasti oleh Menteri Kelautan dan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono,” katanya lagi.

Sementara itu, dari lokasi Unit Produksi Pakan Ikan Mandiri di Desa Sukosari, Kecamatan Belitang, OKU Timur juga hadir secara teleconference Asisten III Sutrisno, Kabid Perikanan Supomo dan Manager Koperasi UPPI Edi Purwoko.

Menurut dia, hadirnya pabrik pakan ikan di OKU Timur ini membawa angin segar bagi petani ikan air tawar di daerahnya.

Dengan berproduksinya pabrik pakan ikan di Desa Sukosari, petani ikan OKU Timur akan lebih mudah dan murah untuk mendapatkan pakan untuk budi daya ikan air tawar.

“Hal tersebut tentunya akan bermuara pada peningkatan kesejahteraan petani ikan OKU Timur ke depannya,” ujar dia.

Menteri Kelautan dan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono dalam sambutannya menyampaikan bahwa pembangunan pabrik pakan ikan mandiri di OKU Timur dibiayai sepenuhnya melalui anggaran Kementerian KP tahun 2022.

Menurut dia, pembangunan pabrik tersebut dalam upaya mendukung budi daya ikan, mengingatsangat besar hasil ikan patin di daerah itu sehingga harus ditopang dengan pakan yang baik.

“Kita harus memberikan manfaat yang besar bagi kelangsungan hidup untuk protein dan gizi dari berbagai ikan yang ada di wilayah Indonesia,” ujarnya pula.

error: Content is protected !!