Jadwal Operasional J&T dan Ekspedisi Lain Saat Libur Lebaran 2023

Jadwal Operasional J&T dan Ekspedisi Lain Saat Libur Lebaran 2023

portal-rakyat.com – Banyak orang bertanya-tanya mengenai apakah ekspedisi pengiriman, seperti J&T, JNE, TIKI atau SiCepat akan tetap buka selama libur Lebaran tahun 2023.

Buka atau tutupnya jasa ekspedisi selama libur Lebaran sebenarnya tergantung dengan kebijakan perusahaan ekspedisi pengiriman itu sendiri.

Penasaran, bagaimana jadwal operasional J&T dan ekspedisi lainnya selama libur Lebaran? Simak informasi jadwalnya di sini serta tips agar paket cepat sampai berikut ini.

Seperti yang disinggung sebelumnya, keputusan buka atau tutupnya jasa ekspedisi selama libur lebaran dapat berbeda-beda tergantung kebijakan perusahaan masing-masing.

Ada beberapa ekspedisi yang tutup saat libur Lebaran Idul Fitri, namun ada juga ekspedisi yang tetap buka dan melayani pengiriman paket selama libur Lebaran.

Dilansir dari situs jet.co.id, layanan ekspedisi J&T merupakan salah satu layanan ekspedisi yang beroperasi selama 365 hari.

Artinya, ekspedisi J&T akan tetap buka di hari libur Lebaran Idul Fitri 2023 pada tanggal 19 hingga 25 April.

Namun, terdapat perubahan pada jam operasionalnya. Jika biasanya J&T beroperasi mulai pukul 07.00 hingga 20.00 WIB, pada hari libur Lebaran, jadwal operasional akan berubah menjadi mulai pukul 10.00 hingga 22.00 WIB.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai jadwal operasi ekspedisi J&T selama libur lebaran Idul Fitri 2023, sebaiknya hubungi call center J&T Express di nomor (021) 8066 1888 atau kunjungi website resmi J&T.

Seperti halnya J&T, layanan ekspedisi JNE juga akan tetap buka selama libur Lebaran 2023.

Jadwal operasional JNE selama hari libur Lebaran juga akan tetap berlangsung seperti biasanya, yaitu mulai hari Senin-Sabtu, pada pukul 08.00 hingga 19.30 WIB.

Dengan demikian, tidak ada perubahan dalam jadwal operasional JNE selama periode cuti Lebaran pada tanggal 19-25 April 2023.

JNE akan tetap melayani pelanggan untuk proses pengiriman barang maupun pick up selama hari libur Lebaran.

Adapun layanan JNE yang tersedia selama libur lebaran, meliputi layanan JNE YES, OKE, REG, JNE Trucking, dan masih banyak lagi

Salah satu jasa ekspedisi terkemuka di Indonesia, SiCepat mengalami penyesuaian jadwal operasional selama hari libur Lebaran pada tanggal 19-25 April 2023.

Dilansir dari akun Instagram resmi SiCepat, pada hari libur lebaran Idul Fitri 1444 H, SiCepat akan melayani layanan pick-up terakhir pada tanggal 20 April 2023 dan pengiriman terakhir pada tanggal 21 April 2023.

Selama hari libur lebaran, ekspedisi SiCepat akan berhenti beroperasi untuk layanan pengiriman maupun pick-up, yaitu pada tanggal 22 April 2023 hingga tanggal 23 April 2023.

Layanan pick up akan kembali beroperasi pada tanggal 24 April 2023. Sementara itu, layanan pengantaran paket akan beroperasi normal kembali pada tanggal 25 April 2023.

Jasa pengiriman TIKI merupakan jasa pengiriman tertua yang telah berdiri sejak 1970 dan telah memiliki berbagai cabang di seluruh Indonesia.

Pada periode libur Lebaran dan cuti bersama, yaitu pada tanggal 19-25 April 2023, jasa ekspedisi TIKI akan tetap buka untuk melayani pengiriman paket.

Jadwal operasional TIKI juga akan tetap berlangsung seperti biasanya tanpa ada perubahan, yaitu pada hari Senin – Jumat pukul 08.00-21.00 WIB dan hari Sabtu – Minggu pukul 08.00-17.00 WIB.

Dengan demikian, TIKI tepat membuka layanan seperti biasa di hari libur Lebaran Idul Fitri 1444 H tanpa adanya penyesuaian.

Jasa pengiriman Ninja Express akan mengalami penyesuaian jadwal operasional selama hari libur Lebaran.

Dilansir dari Instagram resmi Ninja Express, jasa ekspedisi ini akan melayani pick-up dan pengiriman paket terakhir pada tanggal 21 April 2023.

Layanan ekspedisi Ninja Express kemudian akan tutup atau tidak beroperasi pada tanggal 22 April hingga 23 April 2023.

Seluruh layanan Ninja Express akan beroperasi normal kembali pada tanggal 24 April 2023 untuk melayani pengiriman paket maupun pick up.

Selama libur lebaran Idul Fitri 2023, Pos Indonesia juga akan tetap membuka layanan pengiriman seperti biasanya. Jadi, masyarakat masih dapat mengirim dan menerima barang melalui Pos Indonesia selama libur lebaran.

Tidak hanya pada layanan pengiriman paket, layanan transaksi keuangan di Pos Indonesia juga akan tetap buka seperti biasanya selama hari cuti Lebaran 2023.

Namun, menjelang libur Lebaran, umumnya akan terjadi kenaikan lonjakan pengiriman barang. Oleh karena itu, sebaiknya lakukan pengiriman lebih awal agar barang dapat diterima tepat waktu.

Mengirim paket saat hari biasa tentu berbeda dengan kondisi mengirim paket saat libur lebaran.

Selama periode lebaran, umumnya paket akan mengalami keterlambatan. Hal ini disebabkan oleh berbagai faktor, di antaranya sebagai berikut.

Selama Ramadhan hingga periode Lebaran, banyak orang ingin berbagi kebahagiaan selama Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri dengan mengirim paket atau parcel kepada teman, keluarga dan saudara terdekat.

Hal ini mengakibatkan terjadinya lonjakan pengiriman pada berbagai ekspedisi pengiriman di Indonesia. Akibatnya, akan terjadi keterlambatan pada pengiriman paket.

Kondisi lainnya yang bisa terjadi saat pengiriman paket selama libur Lebaran adalah kemacetan lalu lintas.

Hal ini terjadi karean banyak masyarakat berbondong-bondong pulang ke kampung halaman untuk merayakan hari Raya Idul Fitri bersama seluruh keluarga besar.

Sehingga, jalanan akan dipenuhi oleh pemudik yang ingin berpergian ke rumah keluarga mereka. Hal ini tentu berdampak pada proses pengiriman barang jalur darat dan berimbas pada keterlambatan paket.

Salah satu tradisi di masyarakat yang berkembang selama lebaran adalah tradisi membeli baju baru.

Seiring berkembangnya teknologi, banyak orang lebih memilih untuk membeli pakaian baru untuk hari Lebaran lewat aplikasi online shopping atau e-commerce.

Selain mudah dan praktis, harga pakaian di website online juga cenderung lebih murah dibadingkan berbelanja di toko offline.

Maka dari itu, pada masa Ramadhan dan libur Lebaran umumnnya akan terjadi lonjakan pesanan pada wesbite online.

Hal ini tentu akan berdampak pada keterlambatan pengiriman paket karena kurir kewalahan untuk mengirim paket dalam jumlah yang banyak.

Salah satu kondisi yang kerap terjadi selama Lebaran adalah keterlambatan pengiriman paket dikarenakan terjadi lonjakan pesanan.

Nah, agar terhindar dari kondisi ini, berikut ini tips mengirim paket saat libur Lebaran agar paket sampai lebih cepat.

Salah satu cara untuk menghemat waktu dalam pengiriman dan penerimaan paket adalah dengan mengambil sendiri paket secara langsung ke jasa ekspedisi terkait.

Lonjakan pesanan membuat kurir biasanya akan membutuhkan waktu lebih lama untuk mengirim paket secara langsung ke alamat tujuan.

Dengan demikian, mengambil sendiri paket ke jasa ekspedisi terkait dapat membantu menghemat waktu sehingga barang juga dapat diterima dengan cepat.

Tips lainnya yang bisa dilakukan untuk menghindari keterlambatan pengiriman barang adalah dengan melakukan pengiriman barang lebih awal.

Hindari waktu-waktu sibuk, terutama pada H-5 menjelang lebaran. Dengan begitu, paket akan tiba dengan lebih cepat tanpa kendala.

Nah, itulah informasi mengenai jadwal operasional beberapa jasa ekspedisi di Indonesia, mulai dari J&T hingga Pos Indonesia selama periode libur Lebaran 2023.

Ada pula tips dan trik yang dapat dilakukan agar paket cepat sampai. Semoga informasi ini bermanfaat, ya detikers.

error: Content is protected !!