CPI Kanada naik 5,9 persen pada Januari 2023

CPI Kanada naik 5,9 persen pada Januari 2023

portal-rakyat.com – Indeks harga konsumen (consumer price index/CPI) Kanada naik 5,9 persen secara tahunan (year over year/yoy) pada Januari 2023, menyusul kenaikan 6,3 persen pada Desember, demikian disampaikan Statistics Canada pada Selasa (21/2).

Harga-harga naik 4,9 persen (yoy) tidak termasuk pangan dan energi, dan naik 5,4 persen (yoy) tidak termasuk biaya bunga hipotek pada Januari tersebut, papar badan statistik nasional Kanada itu, yang menambahkan bahwa di kedua kasus itu, pertumbuhan harga dalam basis tahunan (yoy) melambat dibandingkan Desember 2022.

Dalam basis bulanan, CPI naik 0,5 persen pada Januari 2023 menyusul penurunan sebesar 0,6 persen pada Desember 2022. Harga bensin yang lebih tinggi menjadi kontribusi terbesar bagi kenaikan bulanan tersebut, diikuti kenaikan biaya bunga hipotek dan harga daging. Pada basis bulanan yang disesuaikan secara musiman, CPI Kanada naik 0,3 persen, menurut Statistics Canada.

Harga bensin menjadi kontribusi terbesar bagi kenaikan CPI untuk semua barang dalam basis bulanan, yakni naik 4,7 persen pada Januari. Kenaikan harga itu terkait dengan penutupan sejumlah kilang minyak di bagian barat daya Amerika Serikat (AS) menyusul badai musim dingin Elliot. Dalam basis tahunan, harga bensin naik 2,9 persen pada Januari 2023, sedikit melambat dari kenaikan 3 persen pada Desember 2022, lanjut badan statistik itu, demikian Xinhua pada Rabu.

error: Content is protected !!