AMD Radeon Super Resolution Vs FidelityFX Super Resolution

AMD Radeon Super Resolution Vs FidelityFX Super Resolution

portal-rakyat.com – NESABAMEDIA.COM – Dalam gelaran CES 2022 beberapa waktu yang lalu, AMD mengumumkan kartu grafis GPU untuk desktop dan mobile, CPU Ryzen dan Ryzen Pro 6000 baru, dan sejumlah fitur baru untuk hardware mereka yang sudah ada. Salah satu pengumuman paling penting yang mendapat sambutan hangat oleh para gamer PC adalah Radeon Super Resolution baru.

Itu terdengar seperti FidelityFX Super Resolution, yang dirilis pada pertengahan tahun 2021 silam. Lalu apa beda dua teknologi tersebut dan mana yang paling cocok untuk menjadikan tampilan grafis game anda terlihat lebih baik?

AMD Radeon Super Resolution (RSR) merupakan teknik upscaling spatial yang mengandalkan AI untuk mengerjakan supersampling pada game. Ini dibangun menggunakan algoritma yang sama seperti FidelityFX Super Resolution (FSR) dan akan mencakup di tempat-tempat di mana FSR tidak tersedia.

Jadi secara singkatnya, RSR adalah fitur berbasis driver yang dikirimkan melalui software Adrenalin AMD, dan FSR disediakan langsung ke beberapa game tertentu. Ini artinya bahwa RSR akan bisa bekerja di game manapun dan tidak membutuhkan pengembang untuk menerapkannya di game mereka seperti FSR, sehingga tidak terbatas untuk game apapun.

Akan tetapi, FSR tersedia di semua jajaran GPU Nvidia dan AMD, sementara RSR hanya kompatibel dengan kartu grafis RDNA AMD, termasuk Radeon RX 5000 dan RX 6000.

Apakah RSR Lebih Baik Dari FSR?

Radeon Super Resolution saat ini belum tersedia untuk publik, dan diharapkan akan hadir pada kuartal pertama tahun 2022, dengan pembaruan utama software Adrenalin, sehingga belum bisa dilakukan pengujian. Namun, pengujian telah dilakukan dengan FSR menggunakan AMD Radeon RX6800.

Hasilnya dari pengujian itu sangat positif, dengan FSR mampu memberikan perbedaan yang signifikan pada game yang mendukung. Dan kekurangannya tentu saja pada jumlah game yang didukung, di mana saat ini hanya tersedia untuk 50 judul game saja. Meski demikian, jumlah game yang akan didukung jumlahnya terus bertambah.

RSR akan bisa tersedia pada judul game yang tidak terbatas, berkat penerapan langsung ke driver, meskipun apakah itu nanti akan mampu menyaingi kemampuan dari FSR, butuh beberapa pengujian lagi.

    Pernah menjadi jurnalis dan juga Social Media Manager di Merdeka.com selama lebih dari 2 tahun, sebelum akhirnya mengerjakan sejumlah proyek website yang dioptimasi dan dimonetisasi Google Adsense.

    Kini sedang aktif dalam pembuatan konten Youtube dokumenter bertema sosial serta menjadi penulis konten untuk sejumlah website.