News  

Satpol PP DKI Mau Borong Sepeda Listrik Untuk Patroli, Bakal Habiskan Rp 321,9 Juta

Satpol PP DKI Mau Borong Sepeda Listrik Untuk Patroli, Bakal Habiskan Rp 321,9 Juta

Suara.com – Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) DKI Jakarta berencana memborong 20 unit sepeda listrik sebagai Kendaraan Dinas Operasional (KDO) di tahun 2023 ini. Pengadaan ini bakal menghabiskan dana sebesar Rp Rp 321,9 juta dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) DKI.

Kepala Satpol PP DKI, Arifin menjelaskan, sepeda listrik yang akan dibeli memiliki spesifikasi 250 watt dengan baterai 36 volt. Tiap unitnya memiliki harga Rp 14,5 juta.

Rencananya, kendaraan listrik ini akan dipakai untuk berkeliling saat kegiatan Hari Bebas Kendaraan Bermotor (HBKB) atau Car Free Day di Jalan Sudirman-Thamrin, Jakarta Pusat.

“Belanja 20 unit sepeda listrik untuk mendukung pelaksanaan patroli bidang penegakan peraturan daerah dan peraturan kepala daerah. Patroli bersepeda biasanya digunakan untuk kegiatan car free day,” ujar Arifin kepada wartawan, Rabu (18/1/2023).

Baca Juga:
Diduga Tak Berizin, Satpol PP Kota Semarang Siap Segel 2 Perumahan di Ngaliyan

Ia menyebut pihaknya sengaja memilih pengadaan sepeda listrik ketimbang kendaraan bermotor lantaran aturan CFD yang tidak membolehkannya. Dengan adanya fasilitas baru ini, mobilitas petugas akan lebih cepat mengawasi kegiatan akhir pekan itu.

“Petugas yang naik sepeda ini, tiap waktu dia keliling dari mulai Balai Kota sampai ke Patung Pemuda Senayan, kemudian juga wanita Srikandi (petugas Satpol PP wanita),” ucapnya.

“Kalau sepeda listrik itu kan ada yang bisa memang manual ketika listriknya dimatikan. Kalau dia membutuhkan, dia bisa pakai tenaga listrik di sepedanya,” katanya menambahkan.

Selain itu, pihaknya berencana membeli 324 unit sepeda motor patroli matic. Setiap sepeda motor yang akan dibeli memiliki harga Rp 30,8 juta.

Rinciannya, 267 unit akan disebar ke tiap kelurahan, 44 unit ke tiap kecamatan, 6 unit ke tingkat kabupaten/kota, dan 7 unit tingkat provinsi.

Baca Juga:
Daftar Sepeda Listrik Murah Buatan Dalam Negeri, Lengkap dengan Spesifikasi dan Harga


Artikel ini bersumber dari www.suara.com.

error: Content is protected !!