News  

PT KAI Pastikan Masinis dan Penumpang KA Brantas yang Alami Kecelakaan di Semarang Aman

PT KAI Pastikan Masinis dan Penumpang KA Brantas yang Alami Kecelakaan di Semarang Aman

Suara.com – Hingga saat ini, PT Kereta Api Indonesia Daerah Operasional (Daop) 7 Madiun, Jawa Timur (Jatim) memastikan jika masinis dan penumpang KA Brantas yang alami kecelkaan di Semarang, Jateng aman.

Meski begitu, saat ini pihak PT KAI masih terus memastikan data jumlah penumpang yang turun di Stasiun Blitar.

“Informasi sementara masinis aman, penumpang aman. Saat ini, tim dari Daop 4 Semarang sedang penanganan,” kata Manajer Humas PT KAI Daop 7 Madiun Supriyanto seperti dikutip Antara pada Selasa (18/7/2023) malam.

Sebelumnya diberitkan, KA 112 Brantas relasi Pasar Senen-Blitar menabrak truk trailer di perlintasan sebidang di Jalan Madukoro, Kota Semarang pada Selasa (18/7/2023) malam.

Baca Juga:Perjalanan KA di Semarang Terganggu, Ternyata Terjadi Tabrakan KA Brantas dan Truk.

Untuk sementara, imbas kejadian kecelakaan di Km 1+523 antara Stasiun Jerakah-Semarang Poncol tersebut, lokomotif KA Brantas mengalami kebakaran dan dua jalur kereta api pada petak Jerakah-Semarang Poncol untuk saat ini belum bisa dilalui.

“Informasi yang kami terima, api pada lokomotif sudah berhasil dipadamkan. Untuk rangkaian kereta eksekutif dua ke belakang saat ini sudah berhasil diamankan dan ditarik mundur menuju Stasiun Jerakah (Semarang),” kata dia.

Untuk diketahui, KA 112 Brantas membawa empat gerbong kereta kelas eksekutif, enam kereta kelas ekonomi dan satu kereta pembangkit.

Sedangkan untuk kondisi masinis dan asisten masinis dalam kondisi selamat, serta para penumpang tidak ada yang terluka.

Sebelumnya diberitakan, Manajer Humas PT KAI Daerah Operasional (Daop) 4 Semaran Ixfan Hendri Wintoko mengemukakan, akibat kejadian tabrakan antara KA Brantas dengan truk trailer itu berdampak pada perjalana sembilan rangkaian kereta.

Baca Juga:Kereta Api Tabrak Truk Trailer Di Semarang, Inikah Penyebabnya?

Dikutip dari Antara, Ixfan mengemukakan, sejumlah kereta tertahan di Stasiun Poncol dan Semarang Tawang.

Adapun KA yang terdampak, yakni KA Brantas rute Jakarta-Blitar yang terlibat dalam kecelakaan, KA Kamandaka, KA Kaligung, KA Gumarang, KA Kertajaya, KA Argo Merbabu, KA Joglosemarkerto, KA Brawijaya, serta KA Brantas dari Blitar tujuan Jakarta

Ixfan memperkirakan, keterlambatan kereta bervariasi antara 4 menit hingga 87 menit. Menurut dia, evakuasi diupayakan untuk membersihkan jalur agar segera bisa dilintasi kembali.

“Evakuasi diupayakan agar jalur hulu dan hilir dapat segera lancar,” katanya pula.

Sementara itu, Kapolrestabes Semarang Kombes Irwan Anwar mengatakan saat ini pihaknya beserta Basarnas Kota Semarang tengah berupaya mengevakuasi truk trailer dan satu gerbong yang menggantung di jembatan Banjir Kanal Barat.

“Korban jiwa tak ada, namun ada satu orang terluka karena melompat,” kata lelaki yang akrab disapa Irwan tersebut.

Untuk kronologi kecelakaan, Irwan membenarkan kalau truk trailer tiba-tiba mogok sebelum palang pintu ditutup. Sopir dan kernet sempat meminta tolong ke petugas palang pintu untuk menghentikan kereta.

“Kereta sudah dekat dan nggak bisa diberhentikan,” paparnya.

Artikel ini bersumber dari www.suara.com.

error: Content is protected !!