News  

Pemudik bisa manfaatkan rest area tol Indralaya-Prabumulih

Pemudik bisa manfaatkan rest area tol Indralaya-Prabumulih

Palembang, Sumatera Selatan (ANTARA) – Gubernur Sumatera Selatan Herman Deru memastikan pemudik dapat memanfaatkan fasilitas rest area di jalan tol ruas Indralaya-Prabumulih yang mulai dioperasikan pada Sabtu atau H-7 Lebaran Idul Fitri 1444 Hijriyah untuk beristirahat sejenak sebelum melanjutkan perjalanan.

Menurut Herman Deru, di Palembang, Sabtu, pengelola tol menyediakan dua rest area yang semuanya sudah dilengkapi dengan fasilitas mushola, toilet dan tenan UMKM.

Adapun kedua rest area itu berada di KM 56A (ruas Indralaya menuju Prabumulih) dan KM 56B (Prabumulih menuju Indralaya).

“Ya kami pastikan pula semua fasilitas rest area tol Indralaya-Prabumulih ini dengan kenyamanan yang diprioritaskan,” kata Deru.

Dia memaparkan, jalan tol ruas Indralaya – Prabumulih dibuka secara khusus mulai hari ini hingga 30 April 2023.

Pemerintah memastikan pemudik tidak dikenakan tarif apa pun alias gratis saat melintas di salah satu tol dengan pemandangan terindah sepanjang 64,5 kilometer.

Kendati demikian, mantan Bupati Ogan Komering Ulu Timur ini menyebutkan ruas tol Indralaya-Prabumulih hanya beroperasi secara fungsional mulai dari pukul 07.00 – 16.00 WIB dan hanya untuk kendaraan kategori 1 (mobil pribadi, sedan, minibus dan truk kecil) karena pembangunannya belum rampung 100 persen.

Kemudian, dilakukan Contraflow atau arus lalu lintas dua arah pada KM 66 hingga KM 73 yang berlokasi di perbatasan Kota Prabumulih dan Indralaya, Ogan Ilir.

Baca juga: 11.289 kendaraan melintasi JTTS GT Kramasan Sumsel pada H-7 Lebaran

Pemberlakuan contraflow itu karena ruas jalan di sana baru bisa difungsikan satu jalur, sehingga pengendara yang melintas berbagi jalur di ruas jalan itu.

“Sifatnya memang baru fungsional untuk memperlancar arus mudik dari Jakarta, dan pulau Jawa yang mau ke Prabumulih bisa lewat tol ini,” kata dia.

Untuk diketahui, tol tersebut melewati tiga daerah yakni Kabupaten Ogan Ilir, Kabupaten Muara Enim dan terakhir kota Prabumulih.

Bila sebelumnya para pelaku perjalanan butuh waktu sekitar tiga jam melintasi ketiga daerah itu dari Jalan Lintas Tengah Sumatera. Maka, setelah ada jalan tol maka perjalanan tersebut hanya membutuhkan waktu tempuh sekitar 30 menit saja.

Adapun untuk masuk ke Tol Prabumulih, pemudik bisa masuk dari arah Ogan Komering Ulu dan Ogan Komering Ulu Selatan ke Prabumulih melalui gerbang tol di Desa Karangan.

Kemudian dari arah Indralaya dan Kota Palembang tinggal mengikuti penunjuk arah yang sudah disiapkan pengelola tol yakni PT Hutama Karya (HK).

“Tadi pagi dilakukan pemantauan di mana situasi di sana ramai lancar. Personel gabungan di antaranya Dinas Perhubungan, Kepolisian, pengelola PT Hutama Karya, Pertamina Patra Niaga bersiaga membantu pemudik,” tandasnya.

Baca juga: HK sebut diskon tarif mudik di JTTS berlaku pada 16-18 April 2023

Baca juga: Kapolri pantau arus mudik gunakan helikopter

Pewarta: Muhammad Riezko Bima Elko
Editor: Triono Subagyo
COPYRIGHT © ANTARA 2023

Artikel ini bersumber dari www.antaranews.com.

error: Content is protected !!