News  

Niat Sholat Idul Adha 2023 dan Doa yang Dibaca Setelah Khutbah

Niat Sholat Idul Adha 2023 dan Doa yang Dibaca Setelah Khutbah

Suara.com – Dalam hitungan hari, umat Islam akan melaksanakan ibadah sholat Idul Adha 2023. Bagi yang akan melaksanakan ibadah sholat Idul Adha tetapi lupa dengan niat sholat Idul Adha 2023 segarkan kembali ingatan dengan membaca niatnya di artikel ini. 

Sholat Idul Adha dilaksanakan tanggal 10 Dzulhijjah sebanyak dua rakaat. Hukum melaksanakan sholat Idul Adha adalah sunnah muakkadah, artinya sholat idul adha adalah sholat sunnah yang dianjurkan untuk dilaksanakan. 

Sholat Idul Adha juga harus dimulai dengan membaca niat. Berikut bacaan niat sholat Idul Adha 2023.

“Usholli sunnatan ‘iidil adhaa rok’ataini mustaqbilal qiblati (makmuman/imaaman) lillaahi ta’aalaa”.

Baca Juga:
Resep Masak Daging Kambing yang Lezat Usai Salat Idul Adha

Artinya: 
“Aku berniat sholat sunnah Idul Adha dua rakaat menghadap kiblat (menjadi makmum/imam) karena Allah ta’ala.”

Dalam rakaat pertama, kita membaca takbir tujuh kali dan dalam rakaat kedua membaca takbir lima kali. Bunyi bacaan takbir itu adalah sebagai berikut:

“Subhanallah walhamdulillah wala ilaha illallah wallahu akbar”.

Artinya: 
“Maha suci Allah, segala puji bagi Allah, tidak ada satu Tuhan pun yang disembah kecuali Allah, dan Allah Maha Besar.”

Kemudian, sholat Idul Adha diakhir dengan doa tahiyat seperti halnya sholat fardhu dan sholat sunnah lainnya.

Baca Juga:
Kapan Waktu Puasa Arafah? Berikut Keutamaannya Bagi Umat Islam

Bacaan doa tahiyat awal sampai tahiyat dari awal sampai akhir adalah sebagai berikut.

“At tahiyyaatul mubaarakaatush shalawaatuth thoyyibaatulillaah. As salaamu’alaika ayyuhan nabiyyu wa rahmatullaahi wabarakaatuh, assalaamu’alaina wa’alaa ibaadillaahishaalihiin. asyhaduallaa ilaaha illallaah, wa asyhadu anna muhammad rasuulullaah.

Aallaahumma shalli’alaa muhammad, wa’alaa aali muhammad. kamaa shallaita alaa ibraahiim wa alaa aali ibraahiim. Wabaarik’alaa muhammad wa alaa aali muhammad. kamaa baarakta alaa ibraahiim wa alaa aali ibraahiim, fil’aalamiina innaka hamiidum majiid.”

Artinya: 
“Ya Allah, limpahi lah rahmat atas keluarga Nabi Muhammad, seperti rahmat yang Engkau berikan kepada Nabi Ibrahim dan keluarganya. Dan limpahi lah berkah atas Nabi Muhammad beserta para keluarganya, seperti berkah yang Engkau berikan kepada Nabi Ibrahim dan keluarganya, Engkau lah Tuhan yang sangat terpuji lagi sangat mulia di seluruh alam.”

Selesai melaksanakan sholat, jamaah dianjurkan untuk mendengarkan khutbah Idul Adha sampai selesai kemudian membaca doa bersama. 

Doa yang dianjurkan untuk dibaca setelah melaksanakan sholat Idul Adha misalnya sebagai berikut. 

“Allaahu akbar Kabiiraan Wal Hamdulillaahi Katsiiraan Wasubhaanallaahi Bukratan Wa Ashiilaan, Laa Ilaaha illallaahu Wahdahu Laa Syariikalahu, Lahul Mulku Walahul Hamdu Yuhyi Wa Yumiitu Wahuwa ‘Alaa Kulli Syaiin Qodiir. Walaa Haula Walaa Quwwata Illaa Billaahil ‘Aliyyil ‘Adziim(i).”

Artinya :
“Tidak ada yang berhak di sembah dengan sebenarnya kecuali Allah SWT, satu-satunya dan tidak ada sekutu bagi-Nya, miliknya adalah segala kerajaan, segala pujian hanya bagi Allah, Maha Berkuasa atas segala sesuatu, tiada daya dan kekuatan, Melainkan dengan pertolongan Allah yang Maha Agung.”

Demikian itu niat sholat Idul Adha 2023 dalam bacaan tulisan arab latin dan artinya.

Kontributor : Mutaya Saroh


Artikel ini bersumber dari www.suara.com.

error: Content is protected !!