News  

Menkominfo ajak masyarakat jadi “prosumer” teknologi dukung “startup”

Menkominfo ajak masyarakat jadi “prosumer” teknologi dukung “startup”

Jakarta (ANTARA) – Menteri Komunikasi dan Informatika Budi Arie Setiadi mengajak masyarakat Indonesia agar bisa menjadi “prosumer”, yang merupakan istilah dari produsen dan konsumen, untuk pemanfaatan teknologi sehingga bisa menguatkan dan mendukung ekosistem startup (perusahaan rintisan).

Menurut Menkominfo Budi, saat acara bincang-bincang “Road to Indonesia Startup Ecosystem Summit (ISES) 2023” di Solo Technopark, Surakarta, Jawa Tengah, Jumat, dengan menjadi “prosumer”, masyarakat Indonesia bisa memanfaatkan secara maksimal infrastruktur digital hingga membuat kemandirian dari segi inovasi dan solusi.

“Jangan hanya jadi konsumen saja, jadi ‘prosumer’. Kalau kita ingin maju, ya harus bisa bersaing membuat dan memanfaatkan teknologi dan mengembangkan inovasi,” ujar Menkominfo. 

Baca juga: Menkominfo ajak Telkom bersinergi kuatkan ekosistem digital Indonesia

Saat ini, kata Menkominfo, tengah ada percepatan, pemerataan, dan pemanfaatan infrastruktur digital yang didorong oleh pemerintah. Hal itu ditujukan agar teknologi digital dapat dimanfaatkan secara optimal untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi dengan lebih kuat.

Langkah itu dilakukan agar Indonesia bisa mencapai potensi maksimalnya, seperti proyeksi dalam riset-riset yang dilakukan oleh perusahaan internasional yang menyebutkan Indonesia akan menjadi pemimpin ekonomi digital di 2030. Data dari Google menyebutkan pertumbuhan kecepatan internet dan konsumsi data akan dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi sampai 10 persen.

“Jika konsumsi data kita lebih dari 60 Gbps seperti Amerika maka pertumbuhan ekonomi akan bisa pesat,” kata Budi.

Dia kemudian menyebut bahwa Indonesia memiliki kondisi yang berbeda dengan negara lainnya di dunia karena dari sisi geografis Indonesia terdiri dari kepulauan dengan luas 1.905 juta kilometer persegi. Hal itu tentu menjadi tantangan tersendiri dalam pemerataan infrastruktur digital nasional sehingga tantangan itu perlu ditangani secara serius.

“Ada banyak pekerjaan kita, namun, semuanya akan bisa diatasi dengan kolaborasi. Saya yakin dengan menggerakkan semua sektor tantangan ini akan dapat diatasi,” ujar Budi.

Menteri Budi Arie mengatakan saat ini ada empat teknologi yang tengah berkembang pesat yaitu Internet of Things (IoT), blockchain, cloud, dan artificial intelligence (AI).

Oleh karena itu, Menkominfo mengajak semua pihak untuk menjadikan Indonesia sebagai salah satu ujung tombak kemajuan teknologi termasuk mendukung dalam pengembangan inovasi dan ekosistem startup di Indonesia.

“Saya berharap kita semua tidak hanya menjadi konsumen saja, tentunya dengan mengembangkan inovasi di empat teknologi itu,” kata Menkominfo Budi.

Baca juga: Kementerian Kominfo perluas literasi digital bagi UMKM di Labuan Bajo

Baca juga: Pemerintah bangun ekosistem yang dukung perkembangan startup

Baca juga: Hipmi: Perusahaan rintisan perlu masuk ke ekosistem yang tepat

Pewarta: Livia Kristianti
Editor: Natisha Andarningtyas
COPYRIGHT © ANTARA 2023

Artikel ini bersumber dari www.antaranews.com.

error: Content is protected !!