News  

Mahfud MD soroti politik uang hingga kecurangan saat Pemilu

Mahfud MD soroti politik uang hingga kecurangan saat Pemilu

Kalau titik kerawanan dalam arti tempat itu sama saja. Tidak ada daerah yang lebih rawan

Surabaya (ANTARA) – Menteri Koordinator Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD menyoroti politik uang, kecurangan-kecurangan dan hoaks atau berita bohong saat penyelenggaraan Pemilihan Umum (Pemilu) 2024.

Menurutnya kerawanan atas tiga isu tersebut tidak hanya berpotensi memecah belah persatuan bangsa Indonesia namun juga dapat menurunkan partisipasi masyarakat dalam mengikuti Pemilu 2024.

“Kalau titik kerawanan dalam arti tempat itu sama saja. Tidak ada daerah yang lebih rawan, tetapi kalau titik dalam arti isu adalah politik uang, kecurangan-kecurangan dan terutama hoaks atau berita-berita bohong. Kerawanan yang perlu di antisipasi cuma di bidang itu saja,” kata Mahfud MD kepada wartawan di Surabaya, Selasa.

Tetapi, Menko Mahfud menegaskan secara umum Indonesia siap menyelenggarakan Pemilu 2024. Untuk itu, ia mengimbau masyarakat tidak perlu ragu menyambut serta menyukseskan pesta demokrasi lima tahunan tersebut.

Baca juga: Mahfud MD: Pemilu mencari pemimpin bukan musuh

Baca juga: Mahfud MD nilai Gakkumdu dapat antisipasi pelanggaran Pemilu 2024

Menko Mahfud pun merasa perlu menyosialisasikan dengan berkeliling khususnya ke daerah-daerah berpenduduk padat di Tanah Air yang selama ini masyarakatnya selalu menyambut penyelenggaraan Pemilu dengan meriah.

Salah satunya terjun ke Jawa Timur dengan menggelar forum diskusi bertema “Mewujudkan Pemilu Bersih” yang berlangsung di Surabaya Selasa pagi.

“Dulu muncul kekhawatiran luar biasa apakah rakyat bisa berpartisipasi? Ternyata tingkat partisipasi Pemilu di Indonesia, terutama kalau diukur dari pemilihan kepala daerah atau Pilkada tahun 2020 itu terbesar bukan hanya dalam sejarah Indonesia, tapi di seluruh dunia,” ujarnya.

Mahfud mengungkapkan tingkat partisipasi masyarakat Indonesia saat Pilkada tahun 2020 tercatat sebesar 73 persen.

“Itu terbesar dalam sejarah, yang belum pernah dicapai oleh negara-negara manapun di dunia,” ucapnya.

Menko Mahfud MD meyakini tingkat partisipasi masyarakat Indonesia pada Pemilu 2024 bisa lebih tinggi lagi jika politik uang, kecurangan-kecurangan dan berita hoaks dapat ditangkal dengan kesadaran masing-masing.

Baca juga: Mahfud MD ajak masyarakat tidak golput dalam Pemilu 2024

Baca juga: Mahfud MD ungkap “penyakit” saat pemilu

Baca juga: Mahfud MD tegaskan pelaksanaan Pemilu 2024 sesuai jadwal

Pewarta: Abdul Hakim/Hanif Nasrullah
Editor: Indra Gultom
COPYRIGHT © ANTARA 2023

Artikel ini bersumber dari www.antaranews.com.

error: Content is protected !!