News  

Kena Sindir Megawati, PKB Bicara Peluang Kerja Sama dengan PDIP di Pilpres 2024

Kena Sindir Megawati, PKB Bicara Peluang Kerja Sama dengan PDIP di Pilpres 2024

Suara.com – Wakil Ketua Umum DPP Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Jazilul Fawaid mengatakan, partainya memiliki kedekatan dengan PDI Perjuangan (PDIP).

Namun menurutnya, kedua partai masih berbeda dalam pilihan politik. Meski begitu, masih terbuka untuk bekerja sama.

“Ya PKB dengan PDI, PDI dengan PKB kan ibarat saudara memang dari sejak kelahirannya, perjuangannya, terus sama-sama lah. Kan histori itu tercatat baik, baik di kenangan PKB dan di kenangan PDIP dan hari ini juga masih dalam suatu koalisi,” kata Jazilul ditemui usai hadir dalam acara PDIP puncak peringatan Bulan Bung Karno (BBK), GBK, Senayan, Jakarta, Sabtu (24/6/2023).

“Cuma untuk 2024 masih belum satu arah, satu pandangan. Memungkinkan nggak? Masih lah,” sambungnya.

Baca Juga:
Megawati ke Golkar-PKB-PAN: Mau Ikut Boleh, Enggak Ya Tidak Apa-apa

Ia menegaskan, dinamika politik terbuka. Namun ia mengatakan, jika PKB kekinian sudah menjalin kerja sama politik dengan Partai Gerindra.

“Ya namanya dinamika politik kan terbuka. Namun hari ini, memang PKB sudah berkoalisi dengan Partai Gerindra. Dan kita setia dan komitmen dengan pakta kerja sama ini,” tuturnya.

“Mamun tidak menghilangkan kekeluargaan dengan PDIP. Dan juga masih lama kan, tidak menutup kemungkinan dinamika yang ada, misalkan terjadi perubahan pembicaraan atau apa,” sambungnya.

Sindiran Megawati

Sebelumnya, Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri menyinggung PAN, Golkar dan PKB yang belum bergabung dengan koalisi parpol pendukung bakal capres Ganjar Pranowo. Megawati mengaku tidak memaksa mereka untuk bergabung ke gerbong PDIP di Pilpres 2024.

Baca Juga:
CEK FAKTA: Anies Baswedan Ditetapkan Jadi Tersangka, Fix! Gagal Nyapres

Hal tersebut ia sampaikan ketika berpidato di acara puncak peringatan Bulan Bung Karno (BBK) di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) Senayan, Jakarta, Sabtu (24/6/2023).

Awalnya, Megawati menyapa sejumlah ketua umum parpol yang hadir memenuhi undangan PDIP. Pertama ia menyambut Plt Ketum PPP M Mardiono. Menurutnya, PPP menjadi partai pertama yang bergabung ke gerbong PDIP.

“Dari PPP, Partai Persatuan Pembangunan, ayo Pak Mardiono berdiri. Beliau nomor 1, ‘Bu, saya sama-sama boleh gak, bu’ boleh pak,” kata Megawati.

Setelah itu, Megawati menyapa Ketua Umum Partai Hanura Oesman Sapta Odang alias Oso. Kata Megawati, Oso kerap ngambek karena tidak pernah diajak olehnya.

“Dia suka marah-marah, ‘kenapa kamu gak pernah ajak abang’. Ya, ayo sini lah kalau mau ikut gitu,” ucapnya.

Kemudian, putri dari Presiden Soekarno itu turut menyapa Ketua Umum Partai Perindo Hary Tanoesoedibjo yang juga sudah bergabung mendukung Ganjar.

Perhatian Megawati kemudian beralih kepada tiga partai lainnya yakni Partai Golkar, PAN dan PKB. Sejauh ini, PKB mendukung capres Prabowo.

Sementara Partai Golkar dan PAN belum memutuskan arah dukungannya.

Megawati tidak memaksakan mereka untuk turut bergabung dengan PDIP. Ia juga tidak masalah semisal ketiga partai itu bergabung dengan koalisi lain.

“Lho bener, tapi, ya, saya bilang gak apa-apa, mau ikut boleh, gak ikut ya gak apa-apa. Betul gak?” tuturnya.


Artikel ini bersumber dari www.suara.com.

error: Content is protected !!