News  

Kementerian PUPR dan Pemprov DKI berbagi tugas terkait penyiapan JIS

Kementerian PUPR dan Pemprov DKI berbagi tugas terkait penyiapan JIS

Terdapat pembagian tugas untuk perbaikan dan peningkatan JIS di mana untuk bagian internal stadion seperti modifikasi dan hal-hal lainnya di dalamnya dikerjakan oleh Pemprov DKI Jakarta

Jakarta (ANTARA) – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) berbagi tugas dengan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta terkait penyiapan dan peningkatan akses eksternal Stadion Jakarta International Stadium (JIS) sebagai arena utama Piala Dunia U-17.

“Kalau untuk JIS ada beberapa kegiatan yang perlu dilakukan, antara lain untuk rumput yang belum dilakukan modifikasi rumput atau pitch stitching nanti dilakukan modifikasi, kemudian ada beberapa akses eksternal yang menuju stadion yakni akses jalan menuju stadion,” ujar Menteri PUPR Basuki Hadimuljono dalam konferensi pers di Jakarta, Rabu.

Basuki mengatakan, terdapat pembagian tugas untuk perbaikan dan peningkatan JIS di mana untuk bagian internal stadion seperti modifikasi dan hal-hal lainnya di dalamnya dikerjakan oleh Pemprov DKI Jakarta.

“Sedangkan untuk Kementerian PUPR, kami membuat jembatan penyeberangan orang (JPO) dari JIS menuju lapangan parkir di Ancol, Jakarta Utara sepanjang 430 meter dengan lebar 5 meter,” katanya.

Kemudian untuk akses eksternal lainnya, nantinya akan ada pembangunan jalan akses menuju JIS.

Basuki juga menyampaikan, kondisi tiga stadion untuk lapangan Piala Dunia U-17 yakni Stadion Jalak Harupat Bandung dan Stadion Manahan Solo dalam kondisi siap untuk digunakan, serta Stadion Gelora Bung Tomo Surabaya juga siap digunakan dan hanya tinggal kegiatan pengaspalan untuk lapangan parkirnya.

“Dengan demikian persiapannya sudah mengerucut dan tahu apa saja yang akan kita kerjakan sesuai dengan hasil inspeksi FIFA,” kata Basuki.

Sebagaimana diketahui, FIFA telah menyepakati Piala Dunia U-17 2023 di Indonesia akan diselenggarakan di empat stadion

Penyelenggaraan turnamen dunia yang berlangsung pada 10 November sampai 2 Desember itu akan digelar di Jakarta International Stadium (Jakarta), Stadion Si Jalak Harupat (Bandung), Stadion Manahan (Solo), dan Stadion Gelora Bung Tomo (Surabaya).

Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) mengusulkan tim nasional Indonesia bertanding di Jakarta. Selain itu pembukaan juga diselenggarakan di Jakarta, sedangkan pertandingan semifinal dan final digelar di Solo.

Baca juga: Erick sebut FIFA sepakati Piala Dunia U-17 digelar di empat stadion

Baca juga: Menteri PUPR: Akses JPO penghubung JIS-Ancol segera dibangun

Pewarta: Aji Cakti
Editor: Ahmad Wijaya
COPYRIGHT © ANTARA 2023

Artikel ini bersumber dari www.antaranews.com.

error: Content is protected !!