News  

Kembali ke KPK, Endar Priantoro Cerita Hubungannya dengan Firli Bahuri

Kembali ke KPK, Endar Priantoro Cerita Hubungannya dengan Firli Bahuri

Suara.com – Brigjen Endar Priantoro buka suara soal hubungannya ke depan dengan Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri, setelah kembali bertugas di lembaga antikorupsi tersebut.

Sebelumnya diberitakan bahwa Endar sempat diberhentikan secara hormat dari KPK sejak Maret 2023. Surat pemberhentiannya itu disetujui Firli dengan para pimpinan, serta Sekjen KPK Cahya H Harefa. KPK berdalih masa tugasnya tidak diperpanjang untuk promosi jabatan di Polri, institusi awalnya.

Endar pada saat itu tidak terima atas pemberhentiannya. Dia kemudian mengadukan Firli Bahuri dan Cahya ke Dewan Pengawas KPK serta Ombudsman Republik Indonesia. Meski adanya sejumlah hal tersebut, dia menyatakan akan bersikap profesional.

“Ya saya akan tetap profesional sesuai dengan pekerjaan saya sebagai seorang direktur ya,” kata Endar di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta, Rabu (5/7/2023).

Baca Juga:
KPK Klarifikasi Terkait Isu Anak Rafael Trisambodo yang Masih Menempati Rumah Mewah di Simprug!

Dia menyebut akan bekerja sesuai dengan kewenanangannya, serta menghormati Firli dan empat pimpinan lainnya.

“Apa yang jadi kewenangan saya dan apa yang jadi tugas saya, itu akan saya lakukan sebaik-baiknya. Dan saya juga menghirmati kewenangan pimpinan,” tegasnya.

Banding Disetujui Jokowi

Brigjen Endar mengaku, kembalinya dia ke lembaga antikorupsi berkat banding admistrasi yang diajukannya ke Presiden Jokowi. Putusan banding tersebut diterima, hingga akhirnya membuat Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) Abdullah Azwar Anas mengeluarkan rekomendasi pengembaliannya.

Rekomendasi tersebut diterima KPK lewat Sekjen, kemudian memutuskan membatalkan pemecatatannya sebelumnya.

Baca Juga:
CEK FAKTA: Bukti Korupsi Anies Sudah Di Temukan, KPK Nekat Tes Begini

“Ya karena di SK (surat keputusan) itu kan jadi dasar dari surat Menpan RB tentunya itu adalah berkaitan surat banding administrasi kami ke Presiden. Saya mengucapkan terimakasih kepada Pak Presiden, kepada Pak Menpan RB, kepada Pak Kapolri, serta rekan-rekan saya di Direktorat Penyelidikan dan yang lainnya,” kata Endar.

Klaim Kembalinya Endar

Kepala Bagian Pemberitaan KPK Ali Fikri membenarkan kembalinya Endar menjabat Direktur Penyelidikan.

“Benar, kembali bertugas berdasarkan SK Sekjen KPK tertanggal 27 Juni 2023,” kata Ali.

Dia menyebut pengembalian Endar, setelah sempat diberhentikan, guna menjaga harmonisasi antar lemabaga.

“Dengan pertimbangan antara lain untuk menjaga harmonisasi dan sinergi antar penegak hukum dalam upaya pemberantasan korupsi,” kata Ali.

Sempat Jadi Kontroversi

Sebagaimana diketahui, Endar sebelumnya diberhentikan dari KPK pada Maret 2023. KPK berdalih tidak memperpanjang masa tugas Endar, karena permintaan promosi jabatan di Polri. Keputusan itu disebut diambil secara kolegial oleh Ketua KPK Firli Bahuri dan pimpinan lainnya.

Pemberhentian itu sempat menyebabkan kontroversi, sebab Kapolri Listyi Sigit Prabowo tetap memerintah Endar berada di KPK. Perintah tersebut disampaikan Kapolri lewat surat tertanggal 29 Maret 2023. Kapolri menyebut, penetapan Endar di KPK sebagai bagian penguatan lembaga antikorupsi.

Namun dugaan lainnya, Endar diberhentikan dari KPK disebut-sebut berkaitan dengan kasus Formula E. Endar diduga menolak perintah untuk menaikkan kasus tersebut ke tahap penyidikan.


Artikel ini bersumber dari www.suara.com.

error: Content is protected !!