News  

Jokowi: Pemerintah sedang teruskan gagasan besar Bung Karno

Jokowi: Pemerintah sedang teruskan gagasan besar Bung Karno

Jakarta (ANTARA) – Presiden RI Joko Widodo menyatakan Kabinet Indonesia Maju sedang meneruskan dan mengembangkan gagasan-gagasan besar Presiden Pertama RI Soekarno (Bung Karno)

Hal itu disampaikan Presiden Jokowi dalam memberikan sambutan saat acara Puncak Bulan Bung Karno (BBK) 2023 di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, Sabtu.

“Apa yang kita lakukan saat ini, apa yang dilakukan pemerintah saat ini adalah kita sedang melaksanakan, kita sedang meneruskan, kita sedang mengembangkan langkah-langkah besar dan gagasan-gagasan besar Bung Karno,” kata Presiden Jokowi seperti ditayangkan dalam siaran langsung melalui akun YouTube Sekretariat Presiden, Sabtu.

Presiden Jokowi menekankan acara Puncak Peringatan Hari Lahir Bung Karno tidak hanya digelar untuk sekadar berkumpul atau merayakan, namun ia ingin seluruh masyarakat dapat meneguhkan komitmen untuk semakin melaksanakan ajaran kebangsaan dan kenegaraan Bung Karno.

Baca juga: Megawati ajak masyarakat tak pilih pemimpin karena tampilan fisik

Baca juga: Megawati: Pak Marhaen itu petani, bukan komunis

Presiden menilai bahwa Bung Karno bukan hanya pejuang kemerdekaan dan bukan hanya Proklamator Kemerdekaan, tetapi seorang perumus ideologi bangsa.

Bagi Jokowi, Bung Karno peletak fondasi kebangsaan, peletak fondasi pemerintahan, peletak fondasi demokrasi, dan fondasi kemajuan Indonesia.

“Bung Karno juga pencerah dunia, memperjuangkan kemerdekaan bangsa-bangsa, serta mengupayakan keadilan dunia,” kata Jokowi.

Presiden menambahkan Bung Karno telah memberikan arah perjuangan bangsa Indonesia.

Oleh karena itu, Kepala Negara menyerukan Indonesia menjadi bangsa besar, mercusuar gemilang, dan tampak berkilau di peta dunia.

Indonesia, kata Jokowi, harus menjadi bangsa besar yang kokoh, berdaulat dalam politik, berdikari dalam ekonomi, dan berkepribadian dalam berkebudayaan.

Pewarta: Mentari Dwi Gayati
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2023

Artikel ini bersumber dari www.antaranews.com.

error: Content is protected !!