News  

Jokowi-Iriana Halal Bihalal ke Rumah Megawati Soekarnoputri di Teuku Umar, Diisi Perbincangan Usai Pencapresan Ganjar

Jokowi-Iriana Halal Bihalal ke Rumah Megawati Soekarnoputri di Teuku Umar, Diisi Perbincangan Usai Pencapresan Ganjar

Suara.com – Presiden RI Joko Widodo bersama dengan Ibu Negara Iriana Joko Widodo melakukan halal bihalal ke kediaman Presiden RI Kelima yang juga Ketua Umum DPP PDI Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri di Jalan Teuku Umar, Menteng Jakarta Pusat pada Kamis (27/4/2023).

Dalam momen tersebut, Megawati menyambut kedatangan Jokowi berserta Iriana dengan didampingi oleh Sekjen DPP PDIP Hasto Kristiyanto. Berdasarkan keterangan resmi DPP PDIP, disebutkan Jokowi turun dari kendaraannya dan langsung menyalami Megawati.

Selanjutnya, Iriana berpelukan dan mencium pipi Megawati. Jokowi dan Iriana pun lanjut menyalami Hasto. Setelah itu, Megawati mempersilahkan Jokowi dan Iriana memasuki ruang tamu untuk berbincang.

“Ibu Megawati menerima kehadiran Bapak Presiden Jokowi dan Ibu Negara Iriana di tengah masih suasana Lebaran, ber-halal bihalal di kediaman Bu Mega pada hari ini,” kata Hasto.

Baca Juga:
Anies Baswedan Unggah Foto Pegang Buku Lagi, Netizen Banjiri Tafsiran Begini

Hasto menyampaikan, tradisi halal bihalal merupakan peringatan Idul Fitri yang sangat khas Indonesia. Dari sejarahnya, halal bihalal merupakan upaya yang digagas Proklamator dan Presiden Pertama RI Ir. Soekarno bersama dengan Rais Syuriah Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) KH Abdul Wahab di tahun 1948.

Menurutnya, halal bihalal merupakan upaya mempererat persatuan dan persaudaraan. Ia mengatakan, semangat itu pun sangat tampak dan terasa di dalam pertemuan antara Megawati dengan Jokowi-Iriana tersebut.

“Saling maaf memaafkan, saling bersilaturahim dan membangun semangat persaudaraan. Sebuah teladan baik bagi seluruh umat manusia pada umumnya dan rakyat Indonesia pada khususnya,” ungkapnya.

Sementara di sisi lain, momentum tersebut juga, kata Hasto, dipengaruhi oleh momentum politik nasional yang terjadi pascakeputusan PDIP menetapkan Ganjar Pranowo sebagai calon presiden.

Menurutnya, Megawati dan Jokowi tampak sangat akrab berbincang mengenai dinamika politik terkini pasca diumumkannya pencapresan Ganjar.

Baca Juga:
CEK FAKTA: Ganjar Pranowo dan Ahok Maju Kontestasi Pilpres 2024, Jadi Tersangka Money Laundry Rp 300 T untuk Modal Kampanye?

“Jadi meski suasana Lebaran, kedua pemimpin tersebut berada dalam suasana yang akrab, juga berbincang-bincang mengenai dinamika politik pasca penetapan capres Ganjar Pranowo. Semua nampak bergembira,” ujarnya.

Untuk diketahui, pertemuan silaturami lebaran tersebut berlangsung selama satu jam. Usai pertemuan, Megawati didampingi Hasto melepas Jokowi dan Iriana.


Artikel ini bersumber dari www.suara.com.

error: Content is protected !!