News  

Industri fesyen “modest” lokal harus berbenah untuk tembus global

Industri fesyen “modest” lokal harus berbenah untuk tembus global

Dalam hal daya saing, pelaku usaha juga dapat memanfaatkan berbagai perjanjian perdagangan

Jakarta (ANTARA) – Direktur Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional (Dirjen PEN) Kementerian Perdagangan Didi Sumedi mendorong merek dan desainer fesyen modest lokal berbenah untuk bisa berkompetisi sehingga bisa menembus pasar global dan mewujudkan Indonesia sebagai kiblat fesyen muslim dunia pada 2024.

“Memperhatikan pasar yang cukup besar diiringi persaingan semakin ketat, tentunya industri, brand, dan desainer Indonesia harus berbenah,” kata Didi kepada ANTARA, Selasa.

Baca juga: Kami. beri bocoran koleksi Ramadhan dan lebaran 2023

Menurut Didi, fesyen muslim dan modest di pasar global sangat bervariasi dengan mempertimbangkan perbedaan selera, budaya masing-masing negara, serta berbagai faktor lainnya.

Untuk itu, ia mengatakan, pelaku usaha perlu meningkatkan pemahaman terkait market intelligence negara tujuan ekspor baik dari aspek selera negara tujuan, tren desain, penentuan harga, pemenuhan standar produk, serta regulasi yang berlaku di negara tujuan ekspor.

Kemudian, pelaku usaha juga perlu meningkatkan kemampuan internal seperti penguatan kemampuan bisnis dan kapasitas produksi, serta memperkuat jejaring bisnis.

“Jejaring ini mulai dari jejaring bahan baku, misalnya dengan industri tekstil, jejaring distribusi dan logistik, buyer internasional, ritel domestik dan mancanegara, termasuk juga memiliki jejaring dengan berbagai kalangan pecinta fesyen, komunitas, blogger, serta influencer,” ujar Didi.

Baca juga: NYFW jadi hadiah 14 tahun berkarya merk fesyen Kami.

Lebih lanjut, Didi mengatakan pelaku usaha juga perlu menyusun strategi promosi dan penetrasi pasar yang tepat termasuk dalam hal pemilihan produk dan pasar, serta aktif dalam berbagai acara fesyen internasional secara berkesinambungan.

“Dalam hal daya saing, pelaku usaha juga dapat memanfaatkan berbagai perjanjian perdagangan yang telah dilakukan oleh Indonesia dengan berbagai negara mitra dagang,” tambah Didi.

Menurut Didi, Indonesia sebenarnya sudah mampu membuktikan bahwa brand fesyen lokal sudah sangat layak untuk masuk ke pasar internasional, mengingat banyaknya brand fesyen lokal yang berpartisipasi di ajang internasional.

“Ini adalah sinyal baik atau lampu hijau bahwa brand fesyen Indonesia layak masuk ke pasar internasional, sehingga di 2024 nanti kita cukup percaya diri mendeklarasikan bahwa Indonesia adalah kiblat fesyen muslim dunia,” ujarnya.

Baca juga: Kemendag bersama tujuh jenama busana muslim Indonesia berlaga di NYFW

Kementerian Perdagangan sendiri dikatakan Didi serius melakukan berbagai upaya untuk mengembangkan industri fesyen termasuk fesyen modest di Indonesia. Salah satu upayanya adalah melalui Jakarta Muslim Fashion Week (JFMW) yang digelar sejak 2021.

JMFW merupakan program yang terdiri dari berbagai kegiatan, mulai dari kurasi dan pemetaan fesyen muslim Indonesia, inkubasi yang berfokus pada pengembangan produk dan bisnis yang berorientasi pada ekspor, promosi dan pemasaran, serta kolaborasi dan co-branding termasuk dukungan pada berbagai acara promosi fesyen seperti Muslim Fashion Festival (MUFFEST), In2Motion Fest, Jakarta Fashion Week, dan lain-lain.

Pada gelaran tahun lalu, JMFW menampilkan 1.000 koleksi dari 144 brand dan desainer, serta berhasil membukukan transaksi sebesar 13,2 juta dolar AS (sekitar Rp 206,6 miliar) dari 16 negara termasuk Malaysia, Spanyol, Yaman, Portugal, dan Nigeria.

Ke depan, Didi berharap para pemangku kepentingan baik dari swasta, desainer, komunitas, dan industri terkait, serta media, dapat semakin solid dalam berkolaborasi memperkuat ekosistem industri fesyen muslim Indonesia.

“Kami menyadari target deklarasi Indonesia sebagai pusat fesyen muslim dunia pada tahun 2024 hanya dapat dicapai dengan upaya bersama dari seluruh pihak,” kata Didi.

Baca juga: Deswita Maharani jadi duta merek fesyen muslim lokal

Baca juga: Evermos & RiaMiranda kerja sama angkat “modest fashion” buatan lokal

Baca juga: Kami. dan Bamed menuju New York Fashion Week

Pewarta: Suci Nurhaliza
Editor: Ida Nurcahyani
COPYRIGHT © ANTARA 2023

Artikel ini bersumber dari www.antaranews.com.

error: Content is protected !!