News  

Hutama Karya optimis Tol Akses IKN Seksi 3A selesai pada tahun 2024

Hutama Karya optimis Tol Akses IKN Seksi 3A selesai pada tahun 2024

Jakarta (ANTARA) – PT Hutama Karya (Persero) optimis Proyek Pembangunan Jalan Tol Akses Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara Seksi 3A dapat selesai pada tahun depan.

“Kami masih optimis pada tahun depan jalan tol itu bisa diharapkan selesai,” ujar Direktur Utama Budi Harto di Jakarta, Kamis.

Budi Harto mengatakan Hutama Karya dipercaya untuk melaksanakan konstruksi Jalan Tol Akses IKN itu yang lokasinya berada di Karangjoang – KKT Kariangau.

“Kalau kita bicara progres per Juli konstruksi fisik pembangunan tol tersebut mencapai 10 persen,” katanya.

Total panjang Proyek Jalan Tol Akses IKN Seksi 3A yang ditangani oleh Hutama Karya sekitar 13,4 km.

Pembangunan jalan tol tersebut terus mengalami progres sembari dilakukan penyelesaian proses pembebasan lahan.

Baca juga: Kementerian PUPR: Tol di IKN dapat difungsikan sebagai runway pesawat

Harapannya dengan hadirnya jalan tol IKN yang digarap oleh Hutama Karya dapat memberikan kemudahan akses transportasi, merepresentasikan bangsa yang unggul dengan mewujudkan smart city atau kota pintar, membuka lapangan pekerjaan baru, menjadi destinasi pariwisata dan meningkatkan perekonomian daerah sekitar.

Sebagaimana diketahui, Pemerintah melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) terus meningkatkan konektivitas ke kawasan IKN Nusantara, salah satunya dengan melakukan percepatan pembangunan Jalan Tol menuju ke Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) IKN.

Pembangunan Jalan Tol IKN yang saat ini sudah berjalan terdapat pada tiga seksi, yakni Seksi 3A Karangjoang-KKT Kariangau sepanjang 13,4 km, Seksi 3B KKT Kariangau-Simpang Tempadung sepanjang 7,32 km, dan Seksi 5A Simpang Tempadung-Jembatan Pulau Balang sepanjang 6,67 km.

Jalan tol yang akan terhubung dengan Jalan Tol Balikpapan-Samarinda (Balsam) ini akan mempersingkat jarak tempuh dari Balikpapan menuju Kawasan Inti IKN, yang sebelumnya dari sekitar dua jam menjadi hanya sekitar 30 menit.

Baca juga: Kementerian PUPR percepat pembangunan jalan tol menuju IKN Nusantara

Pewarta: Aji Cakti
Editor: Adi Lazuardi
COPYRIGHT © ANTARA 2023

Artikel ini bersumber dari www.antaranews.com.

error: Content is protected !!