News  

China dan Singapura berkomitmen dorong Sabuk dan Jalur Sutra

China dan Singapura berkomitmen dorong Sabuk dan Jalur Sutra

Singapura (ANTARA) – Menteri Luar Negeri (Menlu) China Wang Yi, Kamis (10/8), bertemu dengan Menlu Singapura Vivian Balakrishnan di Singapura dan berkomitmen untuk terus mendorong pembangunan Sabuk dan Jalur Sutra.

Dalam pertemuan tersebut, kedua belah pihak memuji momentum perkembangan hubungan baik antara China dan Singapura saat ini.

Sesuai dengan pedoman strategis dari para pemimpin kedua negara, mereka akan memanfaatkan peluang untuk meningkatkan hubungan China-Singapura menjadi kemitraan yang berorientasi masa depan dan berkualitas tinggi secara menyeluruh guna terus mendorong pembangunan bersama Sabuk dan Jalur Sutra.

Keduanya juga akan mendorong tercapainya konektivitas dan kerja sama saling menguntungkan secara berkelanjutan, sehingga lebih bermanfaat bagi masyarakat kedua negara dan kawasan itu.

Kedua belah pihak akan melakukan persiapan matang untuk pertemuan mekanisme kerja sama bilateral di tingkat wakil perdana menteri yang akan diadakan tahun ini, merencanakan tahap kerja sama berikutnya, serta memperluas bidang-bidang kerja sama baru.

Pihak Singapura sangat mengapresiasi langkah-langkah yang belum lama ini diambil oleh China untuk memfasilitasi pertukaran antarmasyarakat.

Kedua belah pihak akan mempercepat dimulainya kembali penerbangan langsung antara kedua negara serta pertukaran dan kerja sama yang lebih erat di bidang ekonomi, perdagangan, pertukaran antarmasyarakat, pariwisata, dan lain sebagainya.

Kedua belah pihak juga bertukar pandangan tentang berbagai isu regional dan internasional.

Mereka akan memperkuat komunikasi dan koordinasi, bersama-sama mempromosikan pencapaian positif dari pertemuan para pemimpin tentang kerja sama Asia Timur, dan bersama-sama menjaga perdamaian, stabilitas, pembangunan serta kemakmuran kawasan tersebut.

Pewarta: Xinhua
Editor: Fransiska Ninditya
COPYRIGHT © ANTARA 2023

Artikel ini bersumber dari www.antaranews.com.

error: Content is protected !!