News  

BREAKING NEWS! Aldi Taher Gagal Maju Caleg DPRD DKI Jakarta!

BREAKING NEWS! Aldi Taher Gagal Maju Caleg DPRD DKI Jakarta!

Suara.com – Artis Aldi Taher dipastikan tak akan maju sebagai Calon Legislatif (Caleg) Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) DKI 2024 mendatang. Sebab, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi DKI Jakarta telah mencoret namanya sebagai Bakal Caleg DPRD DKI.

Aldi Taher diketahui terdaftar sebagai Bacaleg DPRD DKI dari Partai Bulan Bintang (PBB). Namun, ia malah bikin heboh lantaran juga ikut mendaftar sebagai Bacaleg DPR RI dari Partai Perindo.

Anggota KPU DKI Jakarta Dody Wijaya mengatakan, pencoretan terhadap nama Aldi Taher dilakukan setelah pihaknya melakukan verifikasi. Kedua partai, yakni PBB dan Perindo sudah ditanya mengenai pendaftaran Aldi Taher.

“Ketika ada kegandaan pencalonan, ini partai harus klarifikasi ke yang bersangkutan, jadinya milih maju dari partai mana dan dapil mana. Ternyata, di PBB tidak ada surat pernyataan tersebut, yang ada di partai perindo di DPR RI,” ujar Dody saat dikonfirmasi, Jumat (7/8/2023).

Baca Juga:Breaking News! Berjarak 112 KM, Gempa Dangkal Guncang Garut Siang Ini Dirasakan hingga Sukabumi

Hingga akhir batas waktu verifikasi, Dody menyebut PBB tak kunjung memberikan batas waktu. Karena itu, KPU memutuskan untuk mencoret nama Aldi Taher.

“Jadi, di PBB sebagai bakal calon DPRD DKI Jakarta statusnya menjadi tidak memenuhi syarat,” jelasnya.

Saat ini, tahapan pemilu masuk dalam masa pencermatan daftar calon sementara (DCS) sampai 11 Agustus 2023. Pada tahapan ini, KPU juga memberikan kesempatan partai-partai politik memperbaiki berkas pencalonan bacalegnya.

Berdasarkan hasil verifikasi, KPU DKI meloloskan 25 bakal calon Anggota DPD RI daerah pemilihan (dapil) DKI Jakarta dan 1.720 bakal calon Anggota DPRD DKI Jakarta yang dinyatakan memenuhi syarat (MS).

“Sementara, 139 bakal calon Anggota DPRD DKI Jakarta tidak memenuhi syarat (TMS),” ucapnya.

Baca Juga:Breaking News! Emak-emak Lagi Gendong Anak di Duren Jaya Jadi Korban Jambret, Pelaku Berakhir Seperti Ini

Lebih lanjut, Dody menyebut terdapat lima partai politik (parpol) peserta Pemilu Legislatif 2024 di Jakarta yang telah memenuhi 100 persen persyaratan pencalonan, yakni Partai Gerindra, Golkar, Gelora, PKS, dan PSI.

Sedangkan, 13 parpol lainnya belum sepenuhnya memenuhi syarat lantaran sejumlah Bacaleg DPRD DKI masih dinyatakan TMS.

“Partai-partai lain di luar 5 partai itu masih ada satu-dua orang bakal calon yang tidak memenuhi syarat. Minor, sih rata-rata. Tapi, lima partai orang yang sudah masuk benar benar sudah memenuhi syarat semua bacalegnya,” tutur Dody.

Pada masa ini, Dody menyebut PBB bisa memperbaiki berkas dengan mengganti posisi Aldi Taher dengan kadernya yang lain sebagai bacaleg DPRD DKI Jakarta.

“Di ruang pencermatan DCS ini kita akan bisa tahu apakah diganti calon yang baru atau seperti apa. Harusnya sih diganti dengan calon baru kalau memang mau memasukkan bacalon yang baru, karena statusnya (Aldi Taher) sudah tidak memenuhi syarat di DKI Jakarta,” pungkasnya.

Artikel ini bersumber dari www.suara.com.

error: Content is protected !!