News  

Bocoran Materi CPNS 2023 Lengkap Soal dan Kunci Jawaban

Bocoran Materi CPNS 2023 Lengkap Soal dan Kunci Jawaban

Suara.com – Baru-baru ini, jadwal pelaksanaan proses seleksi calon aparatur sipil negara (CASN) 2023 beredar di media sosial. Namun, Plt. Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN) Haryomo Dwi Putranto menyatakan bahwa surat mengenai CASN masih diusulkan kepada KemenPAN RB.

Jadwal proses seleksi itu termuat dalam Surat Plt. Kepala Badan Kepegawaian Negara Nomor 7948/B-KS.04.01/SD/K/2023 tertanggal 10 Agustus 2023. 

Proses pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tahun 2023 akan melibatkan sejumlah formasi jalur khusus yang mendapatkan prioritas dalam seleksi. Terdapat empat kategori formasi yang akan dibuka dalam proses pendaftaran CPNS tahun ini.

Formasi yang akan tersedia dalam pendaftaran CPNS 2023 mencakup Formasi Lulusan Terbaik (Cumlaude), Formasi Disabilitas, Formasi Putra/Putri Papua, dan Formasi Diaspora.

Baca Juga:Formasi CPNS 2023 Lulusan S1, Cek Informasinya di Sini!

Untuk mempersiapkan diri menghadapi pendaftaran CPNS tahun ini, sangat penting bagi calon peserta untuk memahami prediksi soal CPNS 2023. Prediksi soal kali ini akan mencakup kategori Tes Intelegensi Umum (TIU), Tes Karakteristik Pribadi (TKP), dan Tes Wawasan Kebangsaan (TWK).

Berikut ini beberapa contoh bocoran materi CPNS 2023 yang dapat kamu ketahui.

– Tes Intelegensia Umum (TIU) merupakan bagian dari ujian CPNS yang melibatkan pertanyaan seputar logika matematika, pemikiran analitis, kemampuan berbicara dan memahami kata-kata, serta kemampuan berpikir secara rasional. Ujian ini dirancang untuk mengukur keterampilan numerik dan kemampuan peserta dalam menyelesaikan berbagai jenis masalah.

Jika a=5 dan b=2 maka nilai dari a^3 – 3a62b + 3ab^2 – b^3 = … 

A. -81 

Baca Juga:Trik Lolos Seleksi Administrasi CPNS 2023, Persiapkan Sebaik Mungkin

B. -27 

C. 27 

D. 81

Jawaban: C. 27

Pembahasan: Soal ini sangat mudah untuk dikerjakan karena kamu cukup mengganti a menjadi 5 dan b menjadi 2. Namun, yang perlu kamu tahu adalah bahwa bentuk soal di atas memiliki bentuk lain yang lebih mudah untuk dikerjakan, yaitu (a – b)^3

Dengan begitu, cara mengerjakannya lebih sederhana, yaitu:

(a – b)^3 = (5-2)^3 = 3^3 = 27

– Tes Karakteristik Pribadi (TKP) adalah bagian ujian CPNS yang bertujuan untuk mengidentifikasi karakteristik dan pola pikir peserta tes. Lewat sejumlah pertanyaan, akan dianalisis bagaimana peserta berpikir dan apakah kepribadian mereka sesuai dengan lingkungan kerja dalam pelayanan publik dan administrasi ASN.

Dalam setiap pekerjaan pasti memiliki job description masing-masing, dan saya telah melakukan sesuai dengan job description tersebut. 

A. Di tengah-tengah kesibukan pekerjaan, saya tetap mau membantu teman menyelesaikan pekerjaannya yang tertunda (skor 5) 

B. Meski begitu saya cemas kalau-kalau ternyata besok presentasi saya kurang lancar (skor 1) 

C. Saya pasrah jika ada kendala (skor 3) 

D. Tak mungkin presentasi saya tidak lancar (skor 2) 

E. Tapi mungkin saja presentasi saya terganggu hal lain (skor 4)

Pembahasan: Soal adalah tentang teamwork dan kerendahan hati dalam bersikap. Maka dari itu, penilaian dengan bobot skor paling tinggi adalah pada opsi jawaban di mana kamu tetap bersedia dalam membantu rekan kerja yang sedang kesulitan dalam menyelesaikan pekerjaannya. Dalam bekerja juga akan selalu ada kendala, meskipun persiapan sudah begitu matang sehingga harus bersiap untuk memiliki plan b, c, d, dan seterusnya.

– Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) atau ujian pengetahuan tentang Indonesia merupakan bagian dari tes CPNS yang melibatkan berbagai pertanyaan tentang sejarah Republik Indonesia. Ujian ini bertujuan untuk mengukur sejauh mana pengetahuan kandidat tentang wawasan kebangsaan Indonesia.

Kongres pemuda 2 diselenggarakan pada tanggal… 

a. 26 Mei 1926 

B. 28 Agustus 1926 

C. 26 Mei 1927 

D. 28 Okotober 1928

Jawaban: D. 28 Oktober 1928

Pembahasan: Kongres Pemuda dilaksanakan 2 kali, yaitu yang pertama pada 30 April-2 Mei 1926 dan kedua pada 27–28 Oktober 1928. Untuk lebih mudah mengingat tentang Kongres Pemuda II, kamu bisa menandainya sebagai awal mula Sumpah Pemuda.

Demikian ulasan singkat mengenai bocoran materi CPNS 2023 yang dapat kamu ketahui. Semoga bermanfaat!

Kontributor : Muhammad Zuhdi Hidayat

Artikel ini bersumber dari www.suara.com.

error: Content is protected !!