News  

Benarkah PDIP Resmi Usung Megawati Sebagai Capres, Bikin Ganjar Nangis di Pojokan?

Benarkah PDIP Resmi Usung Megawati Sebagai Capres, Bikin Ganjar Nangis di Pojokan?

Suara.com – Beredar kabar bahwa PDI Perjuangan telah sepakat untuk mengusung ketua umum mereka, Megawati Soekarnoputri sebagai calon presiden (capres) di Pemilu 2024. Keputusan itu disebut diambil demi bisa bertarung melawan Anies Baswedan yang lebih dulu diusung oleh Partai NasDem sebagai capres 2024.

Kabar pengusungan Megawati sebagai capres sendiri dibagikan oleh akun YouTube bernama KABAR PENA. Dalam unggahannya pada 9 Januari 2023, akun ini menyebut bahwa Megawati bukan lawan sepadan untuk Anies di Pilpres 2024.

Selain itu, akun YouTube ini juga tampak menuliskan narasi yang menyentil Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. Menurut akun ini, Ganjar sampai menangis di pojokan akibat keputusan PDIP mendeklarasikan Megawati sebagai capres 2024, alih-alih dirinya.

Adapun narasi yang dibagikan sebagai berikut:

Baca Juga:
Survei LSI: Ganjar Pranowo Unggul di Simulasi Pilpres 2024

Ganjar nangis dipojokan:bangbang:PDIP sepakat usung Megawati bukan lawan sepadan untuk Anies di Pilpres 2024

Lantas benarkah kabar yang menyebut PDIP telah mengusung Megawati sebagai capres 2024?

PENJELASAN

Berdasarkan penelusuran Turnbackhoax.id — jaringan Suara.com, narasi Ganjar menangis di pojokan gegara PDIP mengusung Megawati Soekarnoputri sebagai capres di Pilpres 2024 adalah tidak benar.

Faktanya, video yang dibagikan itu tidak ada konfirmasi yang mennyatakan bahwa PDIP sepakat mengusung Megawati sebagai capres untuk melawan Anies di pesta demokrasi mendatang.

Baca Juga:
CEK FAKTA: Pengacara Bharada E Beberkan Bukti CCTV Ferdy Sambo Suap Jaksa, Benarkah?

Sebaliknya, video tersebut justru berisi potongan video dan foto yang diulang-ulang, lengkap dengan diiringi narasi.

Narasi yang disampaikan oleh narator dalam video itu juga merupakan informasi yang sama dengan artikel milik media online wartaekonomi.co.id. Artikel yang dimaksud berjudul, “Jelang Pilpres 2024, Megawati Diminta Turun Gunung, Ternyata Alasannya…”

Selain itu, PDIP hingga sekarang juga belum mengumumkan secara resmi siapa capres yang akan diusung oleh partai mereka.

KESIMPULAN

Dari penjelasan di atas, maka narasi Ganjar menangis di pojokan karena PDIP mendeklarasikan Megawati Soekarnoputri sebagai capres di Pemilu 2024 adalah hoaks.

Narasi tersebut masuk ke dalam kategori misleading content atau konten yang menyesatkan.

Catatan Redaksi:
Artikel ini merupakan bagian dari konten Cek Fakta Suara.com. Dibuat seakurat mungkin dengan sumber sejelas mungkin, namun tidak mesti menjadi rujukan kebenaran yang sesungguhnya (karena masih ada potensi salah informasi). Lebih lengkap mengenai konten Cek Fakta bisa dibaca di laman ini. Pembaca (publik) juga dipersilakan memberi komentar/kritik, baik melalui kolom komentar di setiap konten terkait, mengontak Redaksi Suara.com, atau menyampaikan isu/klaim yang butuh diverifikasi atau diperiksa faktanya melalui email [email protected]


Artikel ini bersumber dari www.suara.com.

error: Content is protected !!