News  

2 Doa Malam Lailatul Qadar Berdasarkan Riwayat Hadis Shahih

2 Doa Malam Lailatul Qadar Berdasarkan Riwayat Hadis Shahih

Suara.com – Malam lailatul qadar merupakan sebuah malam istimewa yang dapat dijumpai di bulan Ramadhan. Umat Islam biasanya akan memanjatkan doa malam lailatul qadar, agar Allah SWT memberikan keutamaan malam istimewa tersebut. Sebab malam lailatul qadar disebut-sebut sebagai malam seribu bulan. 

Hal ini juga telah tercatat di dalam Al-Quran surat Al-Qadr ayat 1-5 Allah SWT berfirman yang artinya: 

Sesungguhnya Kami menurunkan Al-Qur’an pada malam lailatul qadar, tahukah engkau apakah malam lailatul qadar itu ? Malam lailatul qadar itu lebih baik dari seribu bulan, pada malam itu turunlah malaikat-malaikat dan Jibril dengan izin Allah Tuhan mereka (untuk membawa) segala urusan, selamatlah malam itu hingga terbit fajar.” (QS Al Qadr: 1-5) 

Meskipun hingga saat ini waktu terjadi malam lailatul qadar masih menjadi misteri dan hanya Allah SWT-lah yang tahu. Namun Nabi Muhammad pernah mengatakan bahwa lailatul qadar terjadi pada sepuluh hari terakhir bulan Ramadhan, tepatnya pada malam ganjil. Hal ini sesuai sabda Rasulullah SAW yang artinya: 

Baca Juga:
Bacaan Doa Malam ke 27 Ramadhan 2023 dan Lailatul Qadar yang Bisa Dibaca Malam Ini Agar Mendapat Ampunan

Carilah malam lailatul qadar di (malam ganjil) pada sepuluh hari terakhir bulan Ramadhan.” (HR Bukhari dan Muslim) 

Doa Malam Laitul Qadar 

Doa malam lailatul qadar sendiri berisi pujian-pujian kepada Allah SWT serta permohonan ampunan atau tobat atas dosa yang pernah dilakukan kepada Allah Allah SWT. Berikut ini adalah doa lailatul qadar tulisan latin lengkap dengan artinya yang dikutip dari laman NU Online. 

1. Doa malam lailatul qadar berdasarkan riwayat Imam At-Tirmidzi 

Doa malam lailatul qadar yang pertama diriwayatkan oleh Imam At-Tirmidzi. Adapun bunyi hadist Imam At-Tirmidzi adalah sebagai berikut: 

Baca Juga:
Malam ke 25 Ramadan, Warga Puri dan Grya di Garut Menjemput Lailatul Qadar dengan Melaksanakan Itikap dan Sahur Bersama

“Dari sayyidah Aisyah ra, ia bercerita, ia pernah bertanya, ‘Wahai Rasulullah, jika aku kedapatan menjumpai lailatul qadar, bagaimana doa yang harus kubaca?’ Rasulullah saw menjawab, ‘Bacalah, ‘Allhumma innaka afuwwun karmun tuhibbul ‘afwa fa’fu ‘ann,”” (HR At-Tirmidzi). 

Berikut ini adalah doa malam lailatul qadar berdasarkan riwayat Imam At-Tirmidzi: 

Allhumma innaka afuwwun karmun tuhibbul ‘afwa fa’fu ‘ann (‘ann jika dibaca berjamaah) 

Artinya: “Ya Allah, sungguh Engkau maha pemaaf yang pemurah. Engkau juga menyukai maaf. Oleh karena itu, maafkanlah aku (maafkanlah kami).” 

2. Doa malam lailatul qadar berdasarkan riwayat lima Imam hadist kecuali Imam Abu Dawud 

Lima Imam hadist kecuali Imam Abu Dawud menyebutkan do yang dapat dibaca ketika malam lailatul qadar. Adapun bunyi hadist riwayat lima imam hadis kecuali Imam Abu Dawud yakni sebagai berikut: 

Dari sayyidah Aisyah ra, ia bercerita, ia pernah bertanya, ‘Wahai Rasulullah, bagaimana pendapatmu jika aku mengerti sebuah malam itu adalah lailatul qadar. Bagaimana doa yang harus kubaca?’ Rasulullah saw menjawab, ‘Bacalah, ‘Allhumma innaka afuwwun tuhibbul ‘afwa fa’fu ‘ann'” (HR lima imam hadis kecuali Imam Abu Dawud. Hadis ini diakui shahih oleh Imam A-Tirmidzi dan Al-Hakim). 

Berikut adalah doa malam lailatul qadar berdasarkan riwayat lima imam hadis kecuali Imam Abu Dawud: 

Allhumma innaka afuwwun tuhibbul ‘afwa fa’fu ‘ann (‘ann jika dibaca berjamaah). 

Artinya: “Ya Allah, sungguh Engkau maha pemaaf. Engkau juga menyukai maaf. Oleh karena itu, maafkanlah aku (maafkanlah kami).” 

Demikian tadi bacaan doa malam lailatul qadar tulisan latin lengkap dengan artinya. Selamat menjalankan ibadah puasa Ramadhan. Semoga kita bisa mendapatkan keutamaan malam lailatul qadar. 

Kontributor : Putri Ayu Nanda Sari


Artikel ini bersumber dari www.suara.com.

error: Content is protected !!