News  

13 Larangan saat Imlek 2023, Jangan Dilanggar Kalau Tak Mau Sial!

13 Larangan saat Imlek 2023, Jangan Dilanggar Kalau Tak Mau Sial!

Suara.com – Tahun baru Imlek jatuh pada hari Minggu, 22 Januari 2023 mendatang. Imlek merupakan waktu umat Tionghoa untuk memanjatkan doa kepada para dewa dan leluhur, demi meraih kehidupan yang lebih makmur dan penuh suka cita. Simak larangan saat Imlek 2023. 

Sejarah Tahun Baru Imlek bermula pada masa Dinasti Shang (tahun1600–1046 SM). Kala itu masyarakat Tionghoa mengadakan sebuah upacara pengorbanan untuk menghormati para dewa dan leluhur di awal atau akhir tahun. Upacara ini diadakan setiap tahun. 

Selain itu, pada masa Dinasti Wei dan Jin (220–420), tal hanya menyembah dewa dan leluhur, orang-orang Tionghoa juga merayakan Imlek dengan cara menghibur diri. Mereka biasanya merayakan momen spesial tersebut dengan berkumpul bersama keluarga, baik itu untuk membersihkan rumah, makan malam bersama, hingga begadang di malam tahun baru Imlek. 

Tak sampai disitu, Imlek juga dipenuhi dengan berbahai ornamen dan simbol-simbol unik serta mitos mengenai apa saja yang harus dilakukan dan apa saja yang dilarang. Pada saat perayaan Imlek, masyarakat Tionghoa meyakini bahwa mereka harus menghindari sejumlah hal. 

Baca Juga:
Imlek 2023, Ini Lirik Lagu ‘Gong Xi Fa Cai’ Oleh Helen Huang, Ada Terjemahan Indonesia

Larangan Saat Imlek 2023 

Berikut ini beberapa larangan saat perayaan Tahun Baru Imlek: 

1. Mengucapkan kata-kata negatif 

Hal pertama yang harus di perhatikan saat perayaan Imlek adalah kata-kata atau ucapan. Kata-kata yang negatif harus dihindari dalam percakapan sehari-hari, seperti putus, hantu, kesialan, kehabisan, kematian,  penyakit, pembunuhan, kesakitan, kehilangan, kemiskinan dan lain sebagainya. Semua kata negatif tersebut harus dihindari selama festival Imlek. 

2. Mengonsumsi obat 

Baca Juga:
Peruntungan Shio Kelinci di Tahun Kelinci Air 2023, Banyak Hoki Menanti tapi Harus Lebih Hati-Hati

Mengkonsumsi obat pada saat perayaan tahun baru Imlek sangat tidak dianjurkan. Berdasarkan kepercayaan etnis Tionghoa, siapa saja yang meminum obat di hari Imlek, maka ia justru akan merasakan sakit di sepanjang tahun.  

3. Menyeduh jamu 

Selain larangan unruk mengonsumsi obat, menyeduh jamu juga menjadi larangan dan harus dihindari saat tahun baru Imlek. Alasannya juga sama seperti larangan meminum obat, masyarakat Tionghoa percaya bahwa mereka yang menyeduh jamu ketika tahun baru Imlek, mereka akan merasakan sakit di sepanjang tahun. 

4. Mencuci Pakaian 

Dua hari pertama Tahun Baru Imlek dipercayai sebagai hari dimana Dewa Air lahir. Jadi, jika Anda mencuci pakaian selama dua hari tersebut, maka dewa akan merasa tersinggung. 

5. Menyapu dan Membuang Sampah 

Memasuki tanggal 1 bulan lunar 1, tetdapat larangan Tahun Baru Imlek. Masyarakat dilarang menyapu rumah dan membuang sampah. Jika tetap dilakukan, maka semua tabungan dan juga barang berharga akan hanyut. Apabila benar-benar harus melakukan hal tersebut, maka si pemilik rumah harus mulai menyapunya dari luar ke dalam rumah, yang memiliki arti mengumpulkan uang. 

6. Makan bubur untuk sarapan pagi 

Bagi sebagian orang Tionghoa, Bubur merupakan simbol makanan untuk kalangan orang miskin. Jika Anda tetap mengonsumsi bubur pada hari saat perayaan Imlek, maka Anda akan mengonsumsinya sepanjang tahun. 

7. Konsumsi daging untuk sarapan 

Selain bubur, mengonsumsi daging sewaktu sarapan ketika Tahun Baru Imlek juga tidak dialarang. Hal ini lantaran, daging dipercaya sebagai simbol atau tanda penghormatan kepada pata dewa Buddha saat mereka berkumpul di hari ini untuk bersuka cita. 

8. Mencuci dan memotong rambut 

Larangan saat Imlek selanjutnya adalah keramas dan memotong rambut. Mencuci rambut oleh etnis Tionghoa diartikan menghilangkan rejeki. Sedangkan memotong rambut di Tahun Baru Imlek dipercaya dapat membawa kesialan yang tak terduga. 

9. Menangis 

Maayrakat Tionghoa percaya jika tangisan anak-anak menandakan adanya  penyakit dan kemalangan, yang bisa membawa nasib buruk bagi seluruh keluarga. Oleh karena itu, untuk menghindari adanya tangisan anak selama festival Imlek, orang tua dianjurkan untuk tidak menghukum anak-anak mereka, bahkan jika mereka telah melakukan kesalahan atau nakal. 

10. Menjahit 

Dalam beberapa takhayul perayaan Tahun Baru Imlek, wanita dialarang melakukan pekerjaan menjahit selama. Hal ini jika dilakukan dapat menimbulkan pertengkaran yang tidak penting dengan anggota keluarga atau tetangga. Membuat sepatu juga merupakan larangan saat Imlek, karena dapat membawa kejahatan ke rumah. 

11. Menggunakan gunting 

Sama seperti menjahit, menggunakan gunting saat Imlek juga merupakan pertanda adanya kemungkinan pertengkaran dengan orang lain. Jika Anda ingin melewati tahun baru Imlek dengan damai jangan pernaj menggunakan gunting selama bulan lunar pertama. 

12. Tidur siang 

Seseorang yang tidur siang pada hari pertama Festival Musim dipercaya akan menjadi malas sepanjang tahun. Selain itu, jika kedatangan pengunjung pada hari itu, maka tidak sopan jika tuan rumah sedang tidur. 

13. Mengenakan pakaian sembarangan 

Mengenakan pakaian baru saat Imlek memiliki arti sebagai awal yang baru, jadi jika pakaian yang dikenakan compang-camping atau kotor akan melambangkan kemiskinan dan kemalangan, dan hal ini harus dihindari. 

Demikian tadi 13 larangan saat Imlek 2023, bagi masyarakat yang merayakannya maka harus menghindari hak tetsebut agar tidak terjadi sesuatu yang tidak diinginkan. 

Kontributor : Putri Ayu Nanda Sari


Artikel ini bersumber dari www.suara.com.

error: Content is protected !!