News  

1 Muharram 1445 Hijriah Jatuh pada Tanggal Berapa? Ini Jadwal Terbarunya

1 Muharram 1445 Hijriah Jatuh pada Tanggal Berapa? Ini Jadwal Terbarunya

Suara.com – Perayaan Tahun Baru Islam 2023 menjadi salah satu hari yang paling dinantikan di bulan Juli ini. Selain karena terletak di tengah pekan, momen ini juga diartikan banyak makna oleh masyarakat. Tapi sebenarnya 1 Muharram 1445 Hijriah jatuh pada tanggal berapa?

Pertanyaan ini masih banyak ditemui di media sosial atau di kolom komentar berbagai konten. Mungkin saja, masih belum banyak yang membaca mengenai artikel terkait. Maka semoga dengan artikel ini, pertanyaan tersebut akan menemukan jawabannya.

Tahun Baru 1445 H

Seperti tahun yang sudah-sudah, Tahun Baru Islam akan dirayakan setiap tanggal 1 Muharram berdasarkan penanggalan kalender Hijriah. Maka untuk mengetahuinya, harus merujuk pada kalender Hijriah yang digunakan.

Baca Juga:
20 Ucapan Selamat Tahun Baru Islam 1 Muharram, Cocok untuk Media Sosial

Tahun 2023 Masehi sendiri kemudian akan bertepatan dengan datangnya Tahun Baru Hijriah 1445. hal ini telah diumumkan oleh Kementerian Agama, dan diterbitkan pada situs resmi kementerian tersebut.

Lalu Tanggal Berapa?

Jika mengacu pada kalender tersebut, maka 1 Muharram 1445 Hijriah akan datang pada tanggal 19 Juli 2023, yakni di hari Rabu. Meski berdasarkan kalender Hijriah sudah terhitung sejak tanggal 18 Juli 2023 malam, namun pemerintah menetapkan perayaannya di hari berikutnya.

Hal ini juga bisa dilihat pada SKB 3 Menteri yang beredar, karena di tanggal 19 Juli 2023 merupakan hari libur nasional yang diagendakan dalam SKB tersebut. Jadi dapat dipastikan tibanyak 1 Muharram 1445 H adalah pada tanggal 19 Juli 2023 mendatang.

Keputusan ini dituangkan pemerintah dalam SKB 3 Menteri Nomor 624 Tahun 2023, Nomor 2 Tahun 2023, dan nomor 2 Tahun 2023 tentang Perubahan Kedua atas Keputusan Bersama tentang hari Libur Nasional dan Cuti Bersama Tahun 2023.

Baca Juga:
30 Link Twibbon Tahun Baru Islam 2023 Terbaru dan Gratis, Siap Diposting di IG, Twitter dan FB

Tentu saja masih banyak yang juga menanyakan mengenai apakah akan ada cuti bersama atau tidak pada tanggal merah dalam rangka Tahun Baru islam 2023 ini. Namun hingga saat artikel ini ditulis, belum ada pengumuman lebih lanjut yang dapat dijadikan acuan libur panjang.

Kemungkinan Cuti Bersama

Memang tidak menutup kemungkinan pada keputusan cepat yang dilakukan pemerintah, serupa dengan apa yang terjadi pada momen Idul Adha 2023 lalu. Cuti bersama masih mungkin diberlakukan, namun kembali lagi semua akan tergantung pada keputusan pemerintah pusat.

Itu tadi sekilas pembahasan mengenai 1 Muharram jatuh pada tanggal berapa, dan penjelasan lain yang terkait dengan Tahun Baru Islam 2023. Semoga menjadi artikel yang bermanfaat, dan selamat melanjutkan kegiatan Anda berikutnya!

Kontributor : I Made Rendika Ardian


Artikel ini bersumber dari www.suara.com.

error: Content is protected !!