Dubes RI Cerita Kondisi di Irak, Ada Peluru Nyasar ke KBRI Baghdad

Dubes RI Cerita Kondisi di Irak, Ada Peluru Nyasar ke KBRI Baghdad

Baghdad: Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh Republik Indonesia untuk Irak, Elmar Iwan Lubis memberikan keterangan kepada Medcom.id terkait situasi yang terjadi di Irak saat ini. Dubes Elmar juga menjelaskan langkah apa yang akan diambil kepada WNI yang berada di Irak.
 
Ketegangan hingga peluru nyasar yang menimpa ke gedung KBRI Baghdad turut diceritakan oleh Dubes Elmar. Berikut selengkapnya wawancara khusus Medcom.id dengan Dubes Elmar Iwan Lubis:

1. Bisa ceritakan kondisi di Baghdad saat ini.

Agak genting karena dari kemarin beberapa kali terjadi demo, lalu sekarang sudah ada mulai konflik bersenjata, tembak-tembakan di jalan. Cuma secara terbatas di wilayah Green Zone yang dekat gedung parlemen dan gedung pemerintah di Baghdad.
 
Konflik tembak menembaknya, hanya di daerah itu saja. Hari ini mulai mengalami penurunan (ketegangan). Kita juga dengar suara tembakan-tembakan itu.

2. Konsentrasi massa masih banyak?

Konsentrasi massa sudah mengalami pengurangan. Cuma tembak-menembakan masih terdengar sporadis.

3. Keamanan di KBRI Baghdad bagaimana?

Keamanan di KBRI Baghdad ini relatif aman karena kami tidak berada di Green Zone. yang berada di Green Zone itu rata-rata kedutaan-kedutaan negara Barat, seperti Amerika, Inggris dan lain-lain.





Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Tapi konflik ini tidak ditujukan ke perwakilan asing. Ini hanya dua faksi Syiah yang bertikai ini saja. Orang-orang embassy semua hunker down atau diam di tempat saja.

4. Bagaimana kondisi WNI saat ini?

Kondisi WNI bukan hanya di Baghdad tetapi seluruh Irak, terutama di kota-kota lain juga dalam kondisi aman. Hanya kami melakukan komunikasi dengan secara intensif dengan kontak-kontak kami untuk tetap tinggal di tempat, jangan keluar karena ada curfew (jam malam). 
 
Juga (kondisi) masih bahaya, jadi daripada risiko semua orang kedutaan juga begitu. (Meminta warganya) untuk tetap di tempat, jangan keluar.
 
Tetapi secara keseluruhan masih aman, kami terus melakukan kontak dengan mereka (WNI).

5. Apakah ada rencana kontejensi untuk para WNI?

Untuk sejauh ini tidak ada (kontijensi). Karena saya juga melihat kondisi saat ini belum mengarah kebutuhan lebih jauh dari (pengamanan).
 
Baca: Irak Memanas, Dubes RI: WNI Diminta untuk Tidak Keluar Rumah
 

 

Halaman Selanjutnya

6. Sebenarnya pengaruh Moqtada Al-Sadr…

Artikel ini bersumber dari www.medcom.id.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!