[Cek Fakta] Vaksin Covid-19 Cairan Beracun Memberikan Banyak Penyakit? Ini Faktanya

[Cek Fakta] Vaksin Covid-19 Cairan Beracun Memberikan Banyak Penyakit? Ini Faktanya

Beredar sebuah video dengan narasi bahwa vaksin Covid-19 berisi cairan beracun yang akan memberikan banyak penyakit. Video ini beredar di media sosial.
 
Adalah akun twitter @dinagustavsson yang turut mengunggah video dengan narasi tersebut, 11 Juli 2022. Berikut narasi selengkapnya:


“Orang-orang yang telah mengambil Vaksin Covid-19 segeralah cari penawarnya, Vaksin adalah cairan beracun yang akan memberikan banyak penyakit.”

[Cek Fakta] Vaksin Covid-19 Cairan Beracun Memberikan Banyak Penyakit? Ini Faktanya
 

Benarkah demikian?


Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


 

Penelusuran:

Dari penelusuran kami, klaim bahwa vaksin Covid-19 berisi cairan beracun yang akan memberikan banyak penyakit, adalah salah. Faktanya, ini hoaks lama yang sering beredar di tengah masyarakat.
Kami beberapa kali menemukan narasi senada. Selengkapnya dapat dibaca di sini:
 

1. [Cek Fakta] Vaksin Covid-19 Berbahaya dan tidak Aman Digunakan Manusia? Ini Faktanya
 

2. [Cek Fakta] Vaksin Covid-19 Dibuat untuk Melenyapkan Penduduk Dunia karena sudah Terlalu Banyak? Ini Faktanya
 

3. [Cek Fakta] Beredar Daftar Bahan Kimia Berbahaya di Dalam Vaksin Covid-19? Ini Faktanya
 

Di sisi lain, hingga Senin 11 Juli 2022, 66,68 persen atau 12,1 miliar populasi dunia telah menerima setidaknya satu dosis vaksin Covid-19. Sementara di Indonesia sudah 61,6 persen yang sudah divaksinasi lengkap atau 169 juta orang. Dari miliaran dosis itu tidak berbanding lurus dengan kasus fatal akibat vaksin.
 

[Cek Fakta] Vaksin Covid-19 Cairan Beracun Memberikan Banyak Penyakit? Ini Faktanya
 

Kesimpulan:

Klaim bahwa vaksin Covid-19 berisi cairan beracun yang akan memberikan banyak penyakit, adalah salah. Faktanya, ini hoaks lama yang sering beredar di tengah masyarakat.
 

Informasi ini masuk kategori hoaks jenis misleading content (konten menyesatkan). Misleading terjadi akibat sebuah konten dibentuk dengan nuansa pelintiran untuk menjelekkan seseorang maupun kelompok. Konten jenis ini dibuat secara sengaja dan diharap mampu menggiring opini sesuai dengan kehendak pembuat informasi.
 

Misleading content dibentuk dengan cara memanfaatkan informasi asli, seperti gambar, pernyataan resmi, atau statistik, akan tetapi diedit sedemikian rupa sehingga tidak memiliki hubungan dengan konteks aslinya.
 

[Cek Fakta] Vaksin Covid-19 Cairan Beracun Memberikan Banyak Penyakit? Ini Faktanya
 

Referensi:

https://www.medcom.id/telusur/cek-fakta/JKR37LQN-cek-fakta-vaksinasi-covid-19-berbahaya-dan-tidak-aman-digunakan-manusia-ini-faktanya

https://www.medcom.id/telusur/cek-fakta/nN9XwyGK-cek-fakta-vaksin-covid-19-dibuat-untuk-melenyapkan-penduduk-dunia-karena-sudah-terlalu-banyak-ini-faktanya

https://ourworldindata.org/covid-vaccinations?country=OWID_WRL

https://www.medcom.id/telusur/cek-fakta/GNG7xLQN-cek-fakta-beredar-daftar-bahan-kimia-berbahaya-di-dalam-vaksin-covid-19-ini-faktanya

https://archive.ph/tsR97

https://twitter.com/dinagustavsson/status/1546271617885433862
 

*Kami sangat senang dan berterima kasih jika Anda menemukan informasi terindikasi hoaks atau memiliki sanggahan terhadap hasil pemeriksaan fakta, kemudian melaporkannya melalui surel [email protected] atau WA/SMS ke nomor 082113322016
 

 

(DHI)


Artikel ini bersumber dari www.medcom.id.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!