Punya Fitur Baru, Posting di Instagram Bisa Diatur Jadwalnya

Punya Fitur Baru, Posting di Instagram Bisa Diatur Jadwalnya

JawaPos.com – Pengguna Instagram harus mengunggah konten secara manual jika ingin posting-an mereka tampil di Feed. Bagi pengguna selebritis, pengusaha atau yang menggunakan platform ini untuk keperluan bisnis, hal ini bisa jadi merepotkan.

Pasalnya, untuk beberapa unggahan yang memerlukan jadwal tayang, order khusus dari klien atau timing yang pas, hal ini akan membuat admin menyesuaikan jam tayang dan mengupload-nya secara manual.

Namun kini, melalui fitur terbaru, sedikit kerepotan tersebut telah bisa diminimalisir. Instagram telah meluncurkan fitur penjadwalan posting dalam aplikasi mereka.

Head of Instagram Adam Mosseri mengumumkan fitur penjadwalan posting dalam aplikasi di akun Twitter-nya. Dia menjulukinya sebagai ‘fitur akhirnya’ dan bahwa platform milik Meta seharusnya sudah memperkenalkannya sejak lama.

Kemampuan untuk menjadwalkan posting-an telah tersedia di platform media sosial lainnya seperti Meta, Twitter, TikTok, dan YouTube. Selain menjadwalkan posting-an di Instagram melalui alat pihak ketiga, pengguna juga dapat melakukannya dari Meta’s Creator Studio.

Seperti yang disebutkan sebelumnya, penjadwalan posting dalam aplikasi di Instagram hanya tersedia untuk pengguna profesional yang mencakup kreator dan akun bisnis. Ini akan memungkinkan pengguna untuk menjadwalkan foto, Reels, dan posting Stories hingga 75 hari sebelumnya.

Untuk menjadwalkan posting-an, pengguna harus melalui langkah-langkah biasa untuk membuat hingga mengunggah konten. Di akhir alur sebelum penerbitan, ada opsi untuk mengakses ‘Pengaturan Lanjutan ‘ di bagian bawah layar.

Kemudian, ada opsi sakelar untuk ‘Jadwalkan posting ini’. Setelah diaktifkan, pengguna dapat memilih waktu dan tanggal yang mereka inginkan untuk melihat postingan mereka ditayangkan di Instagram.

Pengguna profesional dapat melihat posting terjadwal di bagian ‘Konten Terjadwal’ menu profil mereka yang dapat diakses melalui menu dengan simbol tiga garis. Selain itu, mereka juga dapat menjadwal ulang konten jika diperlukan.

Seperti sudah dijelaskan di atas, penjadwalan posting dalam aplikasi di Instagram adalah pembaruan baru yang cukup berguna. Pengelola dan pembuat media sosial tidak lagi harus bergantung pada alat pihak ketiga untuk penjadwalan yang sepertinya merepotkan.

Fitur ini tersedia di Android dan akan diluncurkan di iOS dalam beberapa hari mendatang. Masih harus dilihat apakah alat penjadwalan akan dirilis ke semua akun Instagram atau tidak.

Selain penjadwalan posting, Instagram juga mendesain ulang antarmuka webnya untuk memanfaatkan layar yang lebih besar. Desain yang diperbarui memindahkan menu dan ikon seperti home, search, dan explore ke sisi kiri.


Artikel ini bersumber dari www.jawapos.com.