Hari Sumpah Pemuda, HIPMI Surakarta Tandatangani Pakta Integritas Bareng Forkopimda dan Komunitas

Hari Sumpah Pemuda, HIPMI Surakarta Tandatangani Pakta Integritas Bareng Forkopimda dan Komunitas

Mereka berkomitmen membawa Solo Bangkit untuk Indonesia Maju.

SOLO, JITUNEWS.COM – Penyelenggaraan “Solo Bangkit Kuliner dan UMKM” telah memasuki hari ke-5 pada Jumat, 28 Oktober 2022.

Bertepatan dengan peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-94, HIPMI Surakarta menggelar ikrar dan penandatangan pakta integritas komitmen organisasi kepemudaan, komunitas, dan Forkopimda sebagai Putra-Putri Kota Surakarta di Atrium Solo Square.

Ikrar dipimpin oleh Ketua Umum BPC HIPMI Surakarta, Guruh Adi Novianto dan diikuti oleh segenap pihak yang hadir. Adapun Pakta integritas yang diteken di Surakarta pada 28 Oktober 2022 itu berbunyi:

Satu Tahun Kepemimpinan Gibran-Teguh, Pemulihan Ekonomi Kota Solo Merangkak Naik di Angka 4,01

1. Kami putra-putri Kota Surakarta berkomitmen menjaga, merawat, dang mengamankan kota beserta isinya

2. Kami putra-putri Kota Surakarta berkomitmen untuk berperan serta mendorong pertumbuhan dan pembangunan ekonomi, sosial, budaya, dan pariwisata

3. Kami putra-putri Kota Surakarta berkomitmen membawa Solo Bangkit untuk Indonesia Maju

Setelah ikrar, seluruh elemen yang terlibat turut membubuhkan tanda tangan di papan besar yang memuat pakta integritas di atas.

Lewat ikrar Pakta integritas ini, Guruh mengajak semua pihak untuk berkomitmen bersama membangun Kota Solo bangkit untuk Indonesia Maju. Menurut dia, tantangan ke depannya tidak mudah, namun bukan berarti tidak bisa dihadapi.

“Saya berharap ini nanti kita juga berkomitmen dalam pakta integritas, tapi tidak dengan ucapan atau tulisan, tapi mampu tertancap, terpatri dalam hati, jiwa, sanubari dan harus kita laksanakan,” kata Guruh dalam sambutannya.

“Tantangan kita ke depan semakin besar, dan kita harus optimis untuk melihat masa depan. Dengan semangat Sumpah Pemuda, mari bersatu kita bangun bangsa,” lanjutnya menggebu.

Sementara itu, Ketua Penyelenggara Solo Bangkit menilai pakta integritas ini sebagai langkah awal untuk merekatkan antarkomunitas pemuda, sehingga arah yang dituju nantinya bisa tercapai, yakni memajukan Kota Solo.

“Harapan kita (dengan adanya pakta integritas –red) agar pemuda Solo bisa lebih maju, lebih solid,” jelasnya.

Soal organisasi dan komunitas yang dilibatkan dalam kesempatan ini, antara lain: BPD HIPMI Jateng, BPC HIPMI Solo Raya, IMA Chapter Solo, Kadin, PHRI, Apindo, Asita Solo Raya, KNPI, FKPPI, Iespa Jateng, Pemuda Pancasila, GP Ansor, Pemuda Muhammadiyah.

Lalu ada Senkom, Ika Artistika, Lions Club Solo Bengawan, JCI Solo, TDA Solo Raya, Ikapi, Solo Youth Club, Ini Kota Surakarta, Paguyuban Developer Solo Raya, FIM Solo Raya, IAI Surakarta, Solo Creative Network, REI, SAM, YRP, FOSR, HOG, IMBI, HDCI.

Selain ikrar dan penandatanganan pakta integritas, HIPMI Surakarta juga merilis kartu HIPMI Privilege Card. Inovasi ini merupakan wujud nyata HIPMI dalam meningkatkan pergerakan ekonomi di Solo.

Seluruh anggota HIPMI Surakarta berhak atas kartu tersebut. Adapun keunggulan dari kartu ini bisa dipakai untuk berbelanja di retail Alfamart dan Indomaret, dan pembayaran tol, serta banyak lainnya.

Tak ketinggalan HIPMI Surakarta dan segenap hadirin melantangkan Sumpah Pemuda. Sekretaris Umum HIPMI Surakarta, Tito Adrianto memimpin ikrar ini.

Pada hari yang sama, Solo Bangkit Kuliner dan UMKM juga menghelat sejumlah talkshow, salah satunya dimateri oleh Indonesia Marketing Association (IMA) Chapter Solo. Setelah itu, tercetus secara resmi kerja sama antara HIPMI Surakarta dan IMA melalui penandatanganan dari kedua belah pihak.

Presiden IMA Chapter Solo, Rosanto Adi mengungkapkan pihaknya fokus pada aktivitas pengembangan pemasaran. Oleh karenanya, sinergi dengan HIPMI sebagai wadah UMKM dinilai sangat tepat.

“Kita ini adalah pemasar di Kota Solo. Di situ kita sama-sama belajar, (misalnya) produk apa yang layak dipakai, produk yang anggota miliki kekurangan dan kelebihannya apa,” kata Rosanto.

Dengan kolaborasi ini, menurut dia, IMA siap menjadi teman diskusi bagi UMKM, misalnya dalam hal menentukan target pasar yang jelas.

“Bagaimana membuat tools marketing yang tepat agar produknya dapat diterima dan bersaing,” pungkas pria yang juga Bendahara Umum HIPMI Surakarta itu.

Diketahui, gelaran Solo Bangkit Kuliner dan UMKM berlangsung sejak Senin, 24 Oktober hingga Minggu, 30 Oktober 2022. Artinya, masih ada dua hari bagi pengunjung Solo Square untuk menjadi saksi dari serangkaian acara HIPMI Surakarta tersebut.

Sebanyak 20 pelaku UMKM bidang kuliner dan 15 nonkuliner digandeng dalam kegiatan ini. Produk nonkuliner yang ditawarkan mencakup pariwisata, perdagangan dan kerajinan; pertanian, perkebunan dan hasil hutan;perhubungan dan transportasi; serta pelayanan jasa publik.

Bukan sekadar mengenalkan produk UMKM, HIPMI Surakarta juga menginisiasi beragam talkshow terbuka.  Adapun talkshow itu membahas banyak hal, dari seputar perizinan atau legalitas BPOM hingga strategi pemasaran digital.

Untuk menambah kemeriahan, diselenggarakan pula berbagai kontes seperti lomba fashion show dan mewarnai untuk anak, serta hiburan pertunjukan tari dan musik.

Medal Bareng di Sawahan, Tumbuh Bersama dan Eratkan Persaudaraan Pasca Pandemi


Artikel ini bersumber dari www.jitunews.com.