Qodir Band Bawakan Ulang Lagu Bangun Tidur Mendiang Mbah Surip

Qodir Band Bawakan Ulang Lagu Bangun Tidur Mendiang Mbah Surip

JawaPos.com – Lagu Bangun Tidur sangat populer di tangan Mbah Surip pada momen-momen terakhir sebelum meninggal. Lagu itu bisa dibilang termasuk yang paling populer dari musisi Mbah Surip selain lagu Tak Gendong.

Menariknya, lagu Bangun Tidur dinyanyikan ulang oleh grup musik yang digawangi Abdul Qodir Jaelani bersama teman-temannya, Qodir Band. Lagu tersebut dibawakan sebagai bentuk apresiasi kepada Mbah Surip yang terus berkarya tanpa henti sepanjang hidupnya.

Lagu Bangun Tidur yang meledak di pasaran pada tahun 2003 silam tersebut dinyanyikan ulang oleh Qodir Band dalam kemasan baru memiliki nuansa rock kekinian.

“Asal muasal ide lagu ini muncul dari Dul Jaelani. Dul yang punya ide, dia suka banget lagu itu karena katanya dia kaum rebahan, hahaha,” ujar Axel CB, salah satu personel Qodir Band dalam keterangannya, Selasa (17/1).

Axel CB yang masih keponakan penyanyi legendaris Atiek CB mengungkap, aransemen musik dalam kemasan baru ini untuk memberikan semangat pada lagunya. “Karena kami ingin memperjuangan musik rock agar kembali ke skena komersial, tentu bersama band rock gen Z lainnya,” lanjutnya.

Ide untuk membawakan ulang lagu Bangun Tidur tentu saja tidak terjadi secara mendadak. Sebelumya, Qodir Band sudah sering membawakan lagu itu dalam pertunjukan panggung. Tertarik pada lagu itu, mereka pun kembali membawakannya dalam bentuk cover.

Dul Jaelani mengatakan, dirinya dan teman-temannya sejatinya sering mendengarkan lagu milik mendiang Mbah Surip. “Jadi kami ingin membuat versi audionya saja sebagai bentuk portofolio meng-cover lagu orang tapi tentu dengan warna kami ,” kata Dul Jaelani.

Proses rekaman lagu Bangun Tidur digarap secara live recording di sebuah studio rekaman.Hal itu sengaja dilakukan dengan tujuan agar Dul Jaelani dkk dapat merasakan perjuangan para musisi zaman dulu yang jika melakukan rekaman harus one take.

“Kami sangat salut dengan perjuangan musisi zaman dulu. Mungkin latihan seratus kali untuk satu take. Bukan latihan satu kali untuk seratus take. Beruntungnya karena kita sering membawakan secara live, kita take dua kali. Dan akhirnya yang terpakai yang pertama karena lebih jujur,” tutur Dul Jaelani.

Membawakan ulang lagu Bangun Tidur Mbah Surip, dipastikan Qodir Band sudah meminta izin kepada pihak-pihak terkait sejak awal.

“Saya orang yang sangat mengapresiasi pencipta lagu dan segala bentuk administrasinya. Saya pribadi sudah berbincang via WhatsApp dengan Mas Varid putra dari Alm. Mbah Surip sebagai bentuk kulonuwun. Tentu juga sudah berbicara kepada pihak publishing Falcon, dan mendapatkan izin resmi dari mereka ,” tandas Dul Jaelani.


Artikel ini bersumber dari www.jawapos.com.

error: Content is protected !!