News  

Pejabat Jerman: G20 akan berjuang untuk menyepakati komunike di KTT

Pejabat Jerman: G20 akan berjuang untuk menyepakati komunike di KTT

Berlin (ANTARA) – G20 akan berjuang untuk mencapai kesepakatan tentang komunike terakhir pada pertemuan puncak para pemimpinnya minggu depan di Indonesia, dengan para sherpa masih memperdebatkan banyak, hal termasuk kata-kata tentang perang Ukraina, kata seorang pejabat pemerintah Jerman, Rabu (9/11/2022).

Presidensi Indonesia untuk G20 tahun ini dan persiapannya untuk KTT 15-16 November di Pulau Bali telah dibayangi oleh invasi Rusia ke Ukraina dan mengakibatkan krisis pangan dan energi global.

Kelompok 20 ekonomi paling kuat di dunia, termasuk Rusia, tetapi juga negara-negara seperti Jerman dan Amerika Serikat yang telah memberlakukan sanksi berat terhadap Moskow atas perang tersebut.

Dengan kelompok yang terpecah karena perang Ukraina serta masalah lainnya, pekerjaan di G20 terbukti sangat rumit tahun ini, kata pejabat Jerman yang berbicara dengan syarat anonim.

Ini digarisbawahi oleh kurangnya pernyataan yang belum pernah terjadi sebelumnya pada pertemuan tingkat menteri di bawah Presidensi Indonesia, kata pejabat itu. Seringkali, G20 bahkan tidak mampu mencapai keputusan mayoritas tentang topik.

Baca juga: UI soroti 3 isu prioritas dalam Policy Brief Presidensi G20

Gesekan sedemikian rupa sehingga beberapa negara dapat mencoba membuka topik dimana mereka telah menyetujui kompromi tahun lalu.

Namun G20 – yang menyumbang lebih dari 80 persen dari Produk Domestik Bruto (PDB) dunia dan 60 persen dari populasinya – tetap menjadi forum yang relevan dan akan membahas topik-topik mulai dari ketahanan pangan dan kesehatan hingga transformasi digital, kata pejabat itu.

Perselisihan perdagangan dengan Amerika Serikat mengenai apa yang dilihat banyak negara sebagai proteksionisme yang berkembang juga bisa menjadi agenda, kata pejabat itu.

Berlin ingin menghindari pembentukan faksi di KTT dan akan mengukur keberhasilan acara dengan pembicaraan bilateral sebanyak mungkin dengan komunike, pejabat itu menambahkan.

Pemerintah Jerman tidak memiliki tanggapan khusus yang disiapkan untuk kemungkinan kehadiran langsung Presiden Rusia Vladimir Putin, kata pejabat itu.

Baca juga: Rusia belum dapat pastikan kehadiran Putin di KTT G20

Ditanya apakah pembicaraan damai Ukraina dapat berlangsung di KTT G20, pejabat itu mengatakan itu bukan forum yang tepat dan bagaimanapun juga, kemungkinan itu masih jauh, dengan Rusia belum siap untuk mengambil langkah pertama yang diperlukan.

Kanselir Jerman Olaf Scholz akan menuju Bali untuk menghadiri KTT setelah kunjungan ke Vietnam dan Singapura dalam perjalanan keduanya ke Asia bulan ini.

Jerman akan berusaha untuk lebih mendiversifikasi perdagangannya di kawasan itu dengan perjalanan ke dua ekonomi yang tumbuh cepat, kata pejabat itu, dan menunjukkan keterlibatannya yang semakin kuat di kawasan Indo-Pasifik.

Kunjungan tersebut mengikuti perjalanan kontroversial Scholz ke China, mitra dagang utama Jerman, yang menimbulkan kekhawatiran atas ketergantungan ekonomi terbesar Eropa pada negara adidaya yang sedang naik daun di Asia setelah ketergantungannya pada gas Rusia.

Di Vietnam, pasokan komoditas akan menjadi agenda, di antara topik lainnya, sementara di Singapura, Pemerintah Jerman akan membahas bagaimana dana kekayaan negara dapat berinvestasi dalam transisi energi hijau, kata pejabat itu.

Baca juga: Sektor investasi hasilkan Bali Compendium pada G20 TIIMM

 

Penerjemah: Apep Suhendar
Editor: Risbiani Fardaniah
COPYRIGHT © ANTARA 2022

Artikel ini bersumber dari www.antaranews.com.

error: Content is protected !!