Antisipasi Ancaman El Nino, PDIP Minta Pemerintah Perkuat Cadangan Pangan Strategis

Antisipasi Ancaman El Nino, PDIP Minta Pemerintah Perkuat Cadangan Pangan Strategis

JAKARTA, JITUNEWS.COM– El Nino menjadi ancaman serius untuk masyarakat, khususnya pada sektor pertanian karena akan berdampak pada pasokan dan kenaikan harga bahan pangan.

Anggota Komisi VI DPR RI, Adisatrya Suryo Sulisto mengatakan dampak kekeringan akibat El Nino ini juga bisa meluas ke sektor rumah tangga apabila tidak diantisipasi dengan matang.

Oleh karena itu, Pemerintah harus siap dan melakukan percepatan program antisipasi dampak El Nino.

Arif Wibowo Resmi Pimpin Garuda Indonesia

“Dukungan Pemerintah kepada petani sangat penting agar dapat meningkatkan ketahanan mereka dan menjaga produktivitas sektor pertanian, terutama tanaman pangan yang sangat mengandalkan air ” ujar Adisatrya Suryo Sulisto saat dihubungi wartawan, Sabtu (28/7/2023).

Dalam hal ini, Adisatrya Suryo Sulisto mengatakan gula merupakan salah satu komoditas strategis nasional yang rawan terdampak El Nino.

“El Nino sangat berpengaruh terhadap produktivitas lahan tebu sebagai bahan baku utama produksi gula. Belum lagi, kelangkaan gula ini sangat memicu inflasi yang tidak terkendali, seperti kelangkaan minyak goreng tahun lalu,” tuturnya.

Melihat perkiraan dampak El Nino pada Agustus-September mendatang, Politisi PDI Perjuangan ini mendorong pemerintah untuk segera melakukan langkah antisipatif dengan menghitung produksi gula konsumsi.

Selain itu, Pemerintah juga perlu memastikan stok gula dapat tercukupi agar tidak memicu kelangkaan di masyarakat.

“Kalau ternyata tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan, perlu segera dilakukan penambahan kuota impor gula mentah ” tambah dia.

“Pemerintah juga perlu menetapkan harga acuan penjualan (HAP) agar industri mau melakukan impor serta untuk menjaga keseimbangan pasokan akibat mekanisme pasar dengan adanya penyesuaian harga,” imbuhnya.

Anggota DPR dapil Jawa Tengah VIII yang meliputi Banyumas-Cilacap ini juga mendorong Pemerintah melalui Kementerian Perdagangan, Badan Pangan Nasional, dan BUMN Pangan untuk memperkuat cadangan pangan strategis/pokok di tingkat pusat dan daerah dalam menghadapi ancaman El Nino.

“Fraksi PDI Perjuangan juga mendukung instruksi Presiden Joko Widodo kepada seluruh kepala daerah untuk memperbanyak pasar-pasar murah
bagi rakyat dan menjaga ketahanan pangan, agar tidak terjadi gangguan ketersediaan pangan,” pungkasnya.

Wahh, Usai RUPS 6 Direksi Garuda Dicopot


Artikel ini bersumber dari www.jitunews.com.

error: Content is protected !!