News  

Bacaan Sholat Sunnah Jumat dari Niat hingga Tata Cara Sholat Qobliyah dan Badiyah

Bacaan Sholat Sunnah Jumat dari Niat hingga Tata Cara Sholat Qobliyah dan Badiyah

Suara.com – Sholat sunnah Jumat merupakan sholat sunnah yang dilakukan oleh laki-laki sebelum maupun sesudah melaksanakan sholat Jumat. Lantas, bagaimana bunyi bacaan sholat sunnah Jumat? Untuk selengkapnya, berikut ini ulasannya.

Diketahui, sholat sunnah Jumat ini terbagi menjadi dua jenis yaitu sholat sunnah yang dilaksanakan sebelum sholat Jumat atau disebut sholat qolbiyah dan sholat sunnah yang dilakasanakan usai sholat Jumat atau sholat ba’diyah.

Untuk pelaksanaan sholat qolbiyah Jumat ini sebaiknya dikerjakankan sebelum khatib membacakan khutbah Jumat. Tujuan melaksanakan sholat qolbiyah Jumat ini sebagai pengganti sholat qolbiyahd zuhur sebagaimana tertuang dalam sebuah hadis yang diriwayatkan Ibnu Hibban berikut ini.

“Tidaklah shalat fardlu kecuali sebelumnya terdapat dua rakaat sunnah qabliyah,” (HR Ibnu Hibban)

Baca Juga:Bacaan Sholat Lengkap dari Awal Sampai Akhir, Niat Salat Wajib 5 Waktu hingga Salam

Sedangkan pelaksanaan sholat ba’diyah Jumat ini dilaksanakan usai sholat Jumat dengan tujuan menyempurnakan sholat Jumat. Ini tercantum dalam sebuah hadis yang diriwayatkan oleh Imam Bukhori dan Imam Muslim berikut ini.

“Nabi shalat dua rakaat setelah shalat Jumat,” (HR Imam Bukhari dan Imam Muslim).

Nah bagi yang akan akan melaksanakan sholat sunnah Jumat (sholat qobliyah dan sholat ba’diyah), maka harus mengetahui bacaan niat holat sunnah Jumat. Adapun bacaan niatnya sebagai berikut.

Bacaan Niat Sholat Qobliyah Jumat 2 Rakaat

Ushalli sunnatal Jumu‘ati rak‘ataini qabliyyatan lillahi ta‘ala.

Baca Juga:Bacaan Sholat Sunnah Sesudah Dzuhur Lengkap, Mulai Niat Sampai Salam

Artinya: “Aku berniat sholat sunnah qobliyah Jumat dua rakaat dengan menghadap kiblat, karena Allah Ta’ala.”

Bacaan Niat Sholat Qobliyah Jumat 4 Rakaat

Ushalli sunnatal Jumu’ati arba’a rak’ataini qabliyyatan lillahi ta‘ala.

Artinya: “Saya niat sholat sunnah qobliyah Jumat empat rakaat dengan menghadap kiblat, karena Allah Ta’ala.”

Bacaan Niat Sholat Ba’diyah Jumat

Usholli sunnatal jumu’ati rak’ataini ba’diyatan lillahi ta’ala.

Artinya: “Aku niat sholat sunah setelah Jumat dua rakaat karena Allah Ta’ala.”

Tata Cara dan Bacaan Sholat Sunnah Jumat Lengkap

Setelah mengetahui bacaan niatnya, penting juga untuk mengetahui bacaan sholat. Bacaan sholat sunnah qobliyah Jumat dan dan sholat sunnah ba’diyah Jumat sama seperti bacaan sholat sunnah lainnya, yang membedakan hanya bacaan niatnya. Adapun bacaannya sebagai berikut.

1. Membaca niat

2. Membaca Takbiratul Ikhram 

Allahu akbar 

Artinya: “Allah Maha Besar.” (HR Muslim & Ibnu Majah) 

3. Membaca Doa Iftitah 

Kabiraa walhamdulillaahi katsiiraa, wa subhaanallaahi bukratan wa’ashiilaa. Innii wajjahtu wajhiya lilladzii fatharas samaawaati wal ardha haniifan musliman wa maa anaa minal musyrikiin. Inna shalaatii wa nusukii wa mahyaaya wa mamaatii lillaahi rabbil ‘aalamiin. Laa syariikalahu wa bidzaalika umirtu wa ana minal muslimiin 

Artinya, “Segala puji bagi Allah dengan pujian yang banyak. Maha Suci Allah pada waktu pagi dan petang. Sesungguhnya aku hadapkan wajahku kepada Allah yang telah menciptakan langit dan bumi dengan segenap kepatuhan atau dalam keadaan tunduk, dan aku bukanlah dari golongan orang-orang yang menyekutukan-Nya. Sesungguhnya salatku, ibadahku, hidup dan matiku hanyalah untuk Allah Tuhan Semesta Alam, yang tidak ada sekutu bagi-Nya. Dengan yang demikian itulah aku diperintahkan. Dan aku adalah termasuk orang-orang muslim.” 

4. Membaca Al-Fatihah 

Bismillaahir rahmaanir rahiim. Alhamdu lillaahi rabbil ‘aalamiin. Arrahmaanir rahiim. Maaliki yaumid diin. Iyyaaka na’budu wa iyyaaka nasta’iin. Ihdinash shiraathal mustaqiim. Shiraathal ladziina anamta ‘alaihim ghairil maghdhuubi ‘alaihim waladh dhaalliin. 

Artinya: Dengan nama Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang. Segala puji bagi Allah, Tuhan semesta alam Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang, Pemilik hari Pembalasan. Hanya kepada Engkaulah kami menyembah dan hanya kepada Engkaulah kami memohon pertolongan. Bimbinglah kami ke jalan yang lurus, (yaitu) jalan orang-orang yang telah Engkau beri nikmat, bukan (jalan) mereka yang dimurkai dan bukan (pula jalan) orang-orang yang sesat. 

5. Membaca Surat Pendek 

Untuk bacaan surat pendek ini bisa baca surat Al Kafirun atau bisa juga surat pendek lainnya

6. Ruku’ 

Subhaana robbiyal ‘adziimi wabihamdih (baca 3X) 

Artinya: Maha suci Tuhanku yang Maha Agung dan dengan memuji-Nya. 

7. I’tidal 

Sami’allaahu liman hamidah  

Artinya: “Allah maha mendengar terhadap orang yang memujinya.”  

Rabbanaa lakal hamdu mil us samawaati wamil ul ardhi wamil u maa syi’ta min syain ba’du.  

Artinya: “Ya Allah tuhan kami, bagimu segala puji sepenuh langit dan bumi, dan sepenuh sesuatu yang engkau kehendaki sesudah itu.” 

8. Sujud 

Subhaana rabbiyal a’la wabihamdih (baca sebanyak 3x). 

Artinya: Maha Suci Tuhanku Yang Maha Luhur dan dengan memuji-Nya. 

9. Duduk antara dua sujud 

Robbighfirlii warhamnii wajburnii warfa’nii warzuqnii wahdinii wa’aafinii wa’fu ‘annii.  

Artinya: “Ya Allah ampunilah dosaku, belas kasihanilah aku, cukupkanlah segala kekurangan dan angkatlah derajatku, berilah rizki kepadaku, berilah aku petunjuk, berilah kesehatan kepadaku dan berilah ampunan kepadaku.” 

10. Melaksanakan rakaat kedua sama seperti pada rakaat pertama 

11. Duduk Tahiyat Akhir 

Attahiyyatul mubaarakaatush sholawatuth thayyibaatus lillaahi asalaamu ‘alaika ayyuhan nabiyyu wa rahmatullahi wabarakaatuhu, Assalaamu ‘alainaa wa ‘alaa ‘ibaadillaahish shaalihiin, asyhadu an laa ilaaha illa Allah wa asyhadu anna muhammadan ‘abduhu wa rasuuluhu 

Artinya: “Segala penghormatan, keberkahan, shalawat dan kebaikan-kebaikan diperuntukkan hanya kepada Allah semata. Semoga salam sejahtera, rahmat Allah dan keberkahan-Nya senantiasa terlimpahkan kepadamu wahai Sang Nabi. Semoga salam sejahtera terlimpahkan kepada kami dan hamba-hamba Allah yang baik. Aku bersaksi bahwa tiada Tuhan selain Allah yang Maha Esa dan tiada sekutu bagi-Nya. Sedangkan aku bersaksi bahwa Muhammad adalah seorang hamba dan utusan-Nya.” (HR Bukhari, Muslim, Abu Dawud, Tirmidzi, Nasa’i, Ibnu Majah, Ahmad, Thabrani & Baihaqi) 

Allaahumma shalli ‘alaa muhammadin wa ‘alaa aali muhammad, kamaa shallaita ‘alaa ibraahiima wa aali ibrahiim, wa baarik ‘alaa muhammadin wa ‘alaa aali muhammad, kamaa baarakta ‘alaa ibraahiima wa aali ibraahiim, innaka hamiidum majiid 

Artinya: “Ya Allah, limpahkanlah shalawat kepada Muhammad dan kelu- arganya, sebagaimana Engkau telah limpahkan kepada Ibrahim dan keluarganya. Berkahilah Muhammad dan keluarganya, sebagaimana Engkau telah berkahi Ibrahim dan keluarganya. Sesungguhnya Engkau Maha Terpuji lagi Mahamulia.” (HR Muslim & Ahmad) 

12. Salam

Assalaamu ‘alaikum warahma-tullaahi  

Artinya: “Keselamatan, rahmat Allah, semoga tetap menyertai kamu sekalian.” 

Demikian ulasan mengenai bacaan sholat sunnah Jumat lengkap dengan bacaan niat, dalil dan waktu pelaksanaannya yang perlu diketahui. Semoga bermanfaat!

Kontributor : Ulil Azmi

Artikel ini bersumber dari www.suara.com.

error: Content is protected !!