Pertamina Ajak 800 UMK Naik Kelas, Begini Caranya

Pertamina Ajak 800 UMK Naik Kelas, Begini Caranya

Minggu, 9 Juli 2023 – 22:30 WIB

Jakarta – Pertamina punya cara mendorong Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) naik kelas secara intensif, sekaligus dengan mengembangkan konsep kolaborasi. Bersama Markplus, Pertamina memulai mendorong akselerasi 800 UMK dengan menggelar Kick Off UMK Academy dan Pertapreneur Aggregator 2023.

Baca Juga :

Pinjaman Lewat Pinjol Tembus Rp 51 Triliun pada Mei 2023

Lewat UMK Academy yang sudah diselenggarakan selama 4 kali ini, para pelaku UMK tidak dipaksa untuk naik kelas, namun mampu menguasai persaingan di posisinya saat ini. Sementara itu, Pertapreneur Agregator untuk tahun keduanya bertajuk ‘Sinergi Kreativitas UMK Dalam Mengelola Peluang’ menantang para pelaku UMK menggunakan kreativitasnya dalam melihat dan memanfaatkan peluang bisnis khususnya dari sisi kolaborasi antar UMK. Pertapreneur aggregator adalah UMK binaan yang diharapkan menjadi penggerak bagi UMK lainnya. 

Direktur Utama Pertamina, Nicke Widyawati mengatakan bahwa sejak program UMK Academy ini digulirkan pada 2020 lalu, telah mencetak lebih dari 1200 UMK yang kini sukses menjawab tantangan persaingan bisnis di tingkat lokal hingga global. 

Baca Juga :

Lepas IndiHome, Telkom Lahirkan Indibiz

Selain itu, pengusaha perempuan, dan pengusaha millenial pun ditegaskan punya peluang yang sama hingga nantinya akan melahirkan para Aggregator UMK yang dapat membangun jejaring kolaborasi antar pengusaha agar dapat maju bersama.

“Kami percaya kolaborasi seperti ini adalah kunci dalam membangun ekosistem yang kuat dan berkelanjutan bagi para pelaku UMK,” jelas Nicke dikutip dalam keterangan tertulis, Minggu, 9 Juli 2023.
 

Baca Juga :

KKJ-PKJB 2023, Ridwan Kamil: Jawa Barat Negeri UMKM

Ilustrasi produk UMKM.

Photo :

  • ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi

Pertamina, lanjutnya, juga berkolaborasi dengan Kemenparekraf sebagai upaya nyata dalam pembinaan UMK dengan dilaksanakannya pengembangan UMKM di daerah pariwisata atau Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP) sejak tahun 2022. Berbagai peningkatan kapasitas UMK dalam bentuk rangka temu bisnis dengan Hotel, Restaurant, dan Kafe (Horeka). 

Halaman Selanjutnya

“Secara tidak langsung majunya daerah pariwisata di DPSP akan berdampak positif terhadap UMK, tentu saja kolaborasi yang berjalan dengan baik ini sebagai strategi meningkatkan kapasitas umkm agar mempersiapkan diri menghadapi persaingan,” kata Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno dalam sambutannya.

img_title


Artikel ini bersumber dari www.viva.co.id.

error: Content is protected !!