News  

Jadwal dan Cara Cek Pengumuman PPDB Jatim 2023 Jalur Zonasi, Dibuka Hari Ini!

Jadwal dan Cara Cek Pengumuman PPDB Jatim 2023 Jalur Zonasi, Dibuka Hari Ini!

Suara.com – Mulai bisa diakses pada Senin ini, 3 Juli 2023, link pengumuman PPDB Jatim 2023 Jalur Zonasi tingkat Sekolah Menengah Atas dapat.

Tentu saja, untuk melihatnya ada sederet syarat yang harus dipenuhi. Karena link pengumuman PPDB Jatim 2023 jalur zonasi ini idealnya ditujukan untuk peserta calon siswa yang telah mendaftarkan diri dan mengikuti proses administrasi sebelumnya.

Pengumuman ini sendiri disampaikan lewat penyelenggara PPDB Jawa Timur, melalui ppdbjatim.net. Pendaftarannya dibuka sejak hari Sabtu, 1 Juli 2023 lalu, kini peserta dan calon siswa sudah dapat melihat hasilnya.

Jalur Zonasi untuk PPDB Jawa Timur

Baca Juga:
Cara Daftar Ulang PPDB Jatim 2022 untuk SMA dan SMK Semua Jalur

Jalur Zonasi sendiri merupakan jalur khusus calon peserta didik baru untuk jenjang SMA yang berdomisili di dalam zona atau luar zona yang berbatasan. Jadi, penerimaan ini kuotanya diprioritaskan berdasarkan acuan letak geografis calon siswa.

Setiap sekolah kemudian akan memberlakukan jalur ini untuk dapat menyerap calon siswa di area sekitar sekolah tersebut, sehingga dapat menjadi opsi untuk masyarakat sekitar mendapatkan pendidikan berkualitas tanpa harus berpindah lokasi tempat tinggal.

Jadwal PPDB Tahap IV

Untuk PPDB yang pengumumannya dilakukan hari ini merupakan PPDB Tahap IV untuk Jalur Zonasi. Adapun jadwal dari PPDB Tahap IV ini adalah sebagai berikut.

  • Pendaftaran, pada 1 sampai 2 Juli 2023, pukul 01.00 WIB – 23.59 WIB
  • Penutupan, pada 2 Juli 2023, pukul 23.59 WIB
  • Pengumuman, pada 3 Juli 2023, pukul 08.00 WIB
  • Cetak Bukti Penerimaan oleh Calon Peserta Didik Baru, pada 3 Juli 2023, pukul 08.00 – 23.59 WIB
  • Daftar Ulang di SMA tujuan, pada 3 sampai 4 Juli 2023, pukul 09.00 – 16.00 WIB

Untuk Anda yang turut serta dalam kloter penerimaan peserta didik baru jalur ini, maka harus diperhatikan benar tanggal dan periode cetak, serta daftar ulang yang harus dilakukan. Hal ini agar tidak ada proses yang terlewat atau kegagalan registrasi karena tidak menepati jadwal yang diberikan.

Baca Juga:
PPDB SMA Jalur Zonasi di Kota Makassar Ricuh, Orang Tua Mengamuk di SMAN 1 Makassar

Cara Cek Pengumuman PPDB Jatim 2023 Jalur Zonasi

  • Klik situs resminya pada https://ppdbjatim.net/ 
  • Klik Pengumuman
  • Klik Pemeringkatan Tahap 4
  • Pengumuman Hasil Seleksi PPDB Jatim 2023 jenjang SMA Tahap 4 akan muncul pada layar yang Anda gunakan

Cukup mudah bukan?

Setelah pengumuman PPDB Jatim 2023 Jalur Zonasi dilakukan, masih ada kloter PPDB selanjutnya. PPDB Tahap V sendiri akan mulai dilaksanakan pada 4 Juli 2023 mendatang, untuk Jalur Prestasi Nilai Akademik SMK.

Jadi untuk Anda yang memerlukan informasi pengumuman PPDB Jatim 2023 jalur zonasi, segera kunjungi situs resmi dan pastikan tidak ada kesalahan jadwal yang terjadi.

Kontributor : I Made Rendika Ardian


Artikel ini bersumber dari www.suara.com.

error: Content is protected !!