News  

Niat, Hukum, Tata Cara dan Keutamaan

Niat, Hukum, Tata Cara dan Keutamaan

Suara.com – Umat Islam khususnya laki-laki, dianjurkan untuk mengerjakan sholat sunnah sebelum sholat Jumat. Berikut ini ulasan lengkap tentang sholat sunnah sebelum sholat Jumat mulai dari niat, hukum, tata cara dan keutamaannya.  

Sebenarnya, sholat sunnah ini baik dilakukan setiap hari, sebelum sholat mengerjakan sholat dzuhur. Khusus pada hari Jumat, pelaksanaan sholat dzuhur khususnya bagi laki-laki akan diganti dengan sholat Jumat. Namun dalam hal ini, pelaksanaan sholat sebelum sholat Jumat tetap dianjurkan untuk dilaksanakan, tepatnya menjadi sholat sunnah sebelum sholat Jumat. 

Dikutip dari NU Online, ada dua kemungkinan terkait pelaksanaan sholat sunnah sebelum sholat Jum’at. Pertama, sholat sunnah mutlak, yang hukumnya sunnah. Waktu pelaksanannya sendiri berakhir di saat imam mulai khutbah. Kedua, sholat sunnah qabliyyah Jum’at. 

Para ulama berbeda pandangan terkait sholat sunnah qabliyyah Jum’at. Pertama, shalat qabliyyah Jum’ah dianjurkan untuk dilaksanakan (sunnah). Pendapat ini di kemukakan oleh Imam Abu Hanifah, Syafi’iyyah (menurut pendapat yang dalilnya lebih tegas) dan pendapat Hanabilah dalam riwayat yang tidak masyhur. 

Baca Juga:
Tata Cara Mandi Wajib Pria Setelah Mimpi Basah Lengkap dengan Bacaan Niatnya

Kedua, sholat qabliyyah Jum’at tidak disunnahkan . Hal ini sebagaimana pendapat dari Imam Malik, sebagian Hanabilah di dalam riwayat yang masyhur. Adapun dalil yang menganjurkan sholat sunnah qabliyah Jum’at sesuai hadits Rasulullah SAW: 

Semua sholat fardlu itu pasti diikuti oleh shalat sunnat qabliyah dua rakaat”. (HR.Ibnu Hibban yang telah dianggap shahih dari hadist Abdullah bin Zubair).

Hadist di atas secara umum menjelaskan adanya pelaksanaan sholat sunnah qabliyah di setiap sholat fardhu tanpa terkecuali sholat Jum’at. 

Niat Sholat Sunnah Sebelum Sholat Jumat 

Sholat sunah sebelum sholat Jumat dapat dilakukan sebanyak 4 rakaat, akan terapi jika khatib sudah berkhutbah maka jamaah bisa meringkasnya menjadi 2 rakaat saja. Berikut adalah niat sholat sunnah sebelum sholat Jumat yang penting untuk diketahui: 

Baca Juga:
6 Kegiatan yang Biasa Dilakukan di Hari Jumat, Apa Saja?

1. Niat Sholat Qobliyah Jumat Dua Rakaat
 
Ushalli sunnatal Jumu‘ati rak‘ataini qabliyyatan lillhi ta‘l. 

Artinya: “Aku berniat sholat sunnah qobliyah Jumat dua rakaat dengan menghadap kiblat, karena Allah Ta’ala.” 

2. Niat Sholat Qobliyah Jumat Empat Rakaat 

Ushalli sunnatal Jumu’ati arba’a rak’ataini qabliyyatan lillhi ta‘l. 

Artinya: “Saya niat sholat sunnah qobliyah Jumat empat rakaat dengan menghadap kiblat, karena Allah Ta’ala.” 

Untuk menyempurnakan qolbiyah Jumat, maka umat Islam dianjurkan pula mengerjakan sholat ba’diyyah Jumat. Adapum pelaksanaannya juga sama, yakni 4 rakaat. Tetapi dalam mengerjakan sholat ba’diyyah Jumat ini sebaiknya dilakukan di rumah. 

Tata Cara Sunnah Sebelum Sholat Jumat 

Setelah mengetahui niat sholat sunnah sebelum sholat Jumat, berikut ini tata cara yang penting diketahui, terutama untuk laki-laki: 

1. Membaca niat sholat sunnah qolbiyah Jumat 

2. Membaca takbir ketika takbiratul ihram sambil berniat di dalam hati 

3. Membaca surat Al-Fatihah 

4. Membaca salah satu surat pendek yang ada di dalam Al-Quran 

5. I’tidal 

6. Sujud pertama 

7. Duduk di antara dua sujud 

8. Sujud kedua 

9. Melaksanakan rakaat sholat yang kedua dengan gerakan yang sama seperti rakaat sholat yang pertama 

10. Tahiyat, akhiri dengan salam. 

Keutamaan Sholat Sunnah Sebelum Sholat Jumat 

Meskipun hukumnya sunah, akan tetapi keutamaan menunaikan sholat rawatib sangatlah besar. Salah satunya bisa menjadi penyempurna kekurangan yang terjadi dalam sholat wajib. 

Karena,kerap kali tanpa kita sadari, ada banyak kesalahan atau kekurangan selama pelaksanaan sholat wajib sehari-hari. Seperti salah bacaan, bergerak lebih dari tiga kali,nterlupa jumlah rakaat, terlupa salah satu gerakan, atau yang lainnya. 

Terkait hal ini, sholat sunah rawatib yang dikerjakan dapat menutupi segala kekurangan yang terjadi selama pengerjaan sholat fardhu. Selain itu, sholat sunah rawatib juga akan memberikan karunia serta nikmat dari Allah SWT bagi siapapun yang mengerjakannya. 

Demikian tadi ulasan terkait sholat sunnah sebelum sholat Jumat mulai dari niat, hukum, tata cara dan keutamaannya. Semoga menambah keimanan kita! 

Kontributor : Putri Ayu Nanda Sari


Artikel ini bersumber dari www.suara.com.

error: Content is protected !!
Exit mobile version