News  

Khutbah Jumat Setelah Idul Adha 2023: Oleh-oleh Terbaik Sepulang Haji

Khutbah Jumat Setelah Idul Adha 2023: Oleh-oleh Terbaik Sepulang Haji

Suara.com – Hari raya Idul Adha2023  sekaligus hari tasyrik yang mengiringinya telah berakhir. Jemaah haji pun berangsung-angsur tiba di Indonesia setelah purna beribadah di tanah suci. Namun, semangat bulan zulhijjah tetap bisa disampaikan dalam khutbah Jumat setelah Idul Adha untuk menjaga konsistensi beribadah. Salah satunya adalah tema tentang oleh-oleh sepulang haji.

Berikut ini contoh khutbah Jumat setelah Idul Adha yang bisa menjadi inspirasi bagi Anda seperti dilansir dari NU Online.

Hadirin Rakhimakumullah, 

Jemaah haji yang baru saja kembali dari tanah suci tentu saja tidak pulang dengan tangan kosong. Mereka membawa buah tangan untuk dibagikan kepada tetangga, kerabat, dan sanak-saudara. Alih-alih kita memandangnya sebagai perbuatan riya atau pamer karena telah memperoleh status haji, oleh-oleh tersebut ternyata bisa membantu dalam pelaksanaan ibadah. Dengan demikian, meskipun kita belum sampai ke tanah suci, namun peluang untuk memperoleh ampunan dari Allah Swt. tetap terbuka lebar. 

Baca Juga:
Ditemukan Jatuh di Dalam Kamar Mandi Hotel, 1 Jemaah Haji Asal Bontang Meninggal Dunia

Di sisi lain banyak juga dari masyarakat yang belum memahami jika oleh-oleh haji memiliki banyak manfaat. Berikut akan dijelaskan beberapa di antaranya. 

1. Siwak

Jauh sebelum zaman modern dan akrab dengan odol, masyarakat muslim membersihkan gigi dengan siwak. Siwak merupakan ranting dari pohon arak yang banyak ditemui di timur tengah. 

Bersiwak disunnahkan untuk dilakukan antara lain ketika ketika hendak melaksanakan sholat dan membaca Al-Quran. Mengenai keutamaan siwak, Nabi Muhammad bersabda, “Siwak adalah alat yang membersihkan mulut dan sebab untuk mendapatkan ridha Allah” (HR al-Bukhari). 

Dalam sabda yang lain, Rasulullah Saw juga menekankan bahwa, “Dua rakaat yang disertai dengan siwak itu lebih utama dari 70 rakaat tanpa disertai dengan siwak” (HR Ibnu Majah).”

Baca Juga:
Mulai Hari Ini Jemaah Haji Asal Lampung Tiba di Asrama Haji Rajabasa

2. Air Zamzam

Jika hajat umat muslim ingin dikabulkan, maka hendaklah membaca doa berikut sebelum meminum air zamzam. “Ya Allah, sungguh telah sampai kepadaku berita bahwa Nabi Muhammad bersabda: “Air zamzam bermanfaat untuk tercapainya tujuan sesuai dengan niat orang yang meminumnya,” Ya Allah sungguh aku meminumnya untuk memohon ilmu yang  bermanfaat, rezeki yang lapang dan kesembuhan dari segala macam penyakit.”

3. Kurma 

Oleh-oleh lain yang jamak ditemui adalah kurma yang dipetik langsung dari jazirah Arab. Sebuah hadis menyebutkan, “Barangsiapa makan setiap pagi hari 7 buah kurma ‘Ajwah, maka di hari itu ia tidak akan terkena bahaya oleh racun maupun sihir (HR Bukhari).”

4. Buku-Buku Gratis

Memberi oleh-oleh buku sepulang haji berarti pula mengamalkan semangat membaca bagi umat muslim. Seperti wahyu pertama yang turun bagi Rasulullah yang menyatakan Iqra, artinya bacalah. Namun, yang perlu ditekankan adalah buku-buku tersebut tak boleh bertentangan dengan ajaran Allah Swt. 

Itulah contoh khutbah Jumat setelah Idul Adha 2023 yang bisa dijadikan inspirasi untuk Anda.

Kontributor : Nadia Lutfiana Mawarni


Artikel ini bersumber dari www.suara.com.

error: Content is protected !!
Exit mobile version