News  

Bukan Desain, Ini Peran Buro Happold dalam Hiruk Pikuk Pembangunan JIS

Bukan Desain, Ini Peran Buro Happold dalam Hiruk Pikuk Pembangunan JIS

Suara.com – Perusahaan konsultan desain arsitektur Inggris ternama, Buro Happold kini mendapat sorotan khusus dari publik dalam polemik pembangunan Jakarta International Stadium (JIS).

Perusahaan rinitsan Ted Happold tersebut dituding sebagai pihak yang mendesain JIS. Adapun kini pembangunan JIS dikritik habis-habisan gegara dinilai urung laik pakai untuk mewadahi ajang FIFA U-17 alias Piala Dunia U-17.

Buro Happold juga membuat publik terheran-heran lantaran diketahui menghapus JIS dari daftar proyek terdahulu mereka. 

JIS yang semula terpampang di situs resmi Buro Happold kini lenyap tanpa kabar di tengah polemik ini. Kekinian, Buro Happold akhirnya angkat suara terkait peran mereka dalam pembangunan JIS.

Baca Juga:
Bukan Buro Happold, Siapa Desainer JIS yang Sebenarnya?

Perusahaan yang berbasis di Bath, Inggris ini mengaku bahwa mereka bukan pendesain rancangan JIS.

Lantas, apa peran Buro Happold sebenarnya?

Peran Buro Happold: Hanya memberikan pedoman desain stadion

Buro Happold akhirnya merilis pernyataan resmi pada Minggu (9/7/2023) yang merespon terkait pertanyaan-pertanyaan di tengah publik.

Surat terbuka tersebut menyatakan bahwa PT Jakarta Konsultindo (Jakkon) meminta Buro Happold untuk membuat panduan desain (design guidelines) serta memberikan jasa konsultasi mulai Desember 2018 hingga Maret 2019.

Baca Juga:
CEK FAKTA: Erick Thohir Gandeng Kapolri, Bongkar Kejanggalan Pembangunan Stadion JIS oleh Anies Baswedan!

Perusahaan asal Inggris ini juga tak terlibat langsung dalam merancang atau menggambar desain secara langsung alias hanya memberikan beberapa saran dan masukan.

“Buro Happold tidak diminta untuk mendesain stadion JIS dan tidak pernah pula mendesain stadion ini. Lebih lanjut, perusahaan juga tidak terlibat dalam pekerjaan konstruksi apapun yang dilakukan kemudian,” tulis surat terbuka Buro Happold.

Berikut ruang lingkup jasa yang diminta oleh PT Jakkon terhadap Buro Happold sebagaimana yang tertuang dalam surat tersebut.

  1. Persiapan untuk pembuatan panduan desain (preparation of concept design guide),
  2. Penilaian soal teknis dan komersial (technical and commercial assessment),
  3. Konsep rencana induk untuk area di sekitar stadion (concept masterplan for the surrounding area)
  4. Peta jalan implementasi proyek (implementation roadmap).

Usut punya usut, implementasi pembangunan JIS terdapat beberapa ketidaksesuaian. Arsitektur JIS ternyata tak sesuai dengan panduan pembangunan yang telah dirumuskan oleh Buro Happold.

Buro Happold juga telah menyurati pihak terkait tentang ketidaksesuaian tersebut.

Adapun sepanjang proses konsultasi berjalan, Buro Happold juga memastikan penuh bahwa seluruh pedoman yang diberikan sesuai dengan standar FIFA.

“Selama masa pembuatan panduan itu, perusahaan memastikan agar desain seluruh aspek yang berkaitan dengan standar FIFA terpenuhi,” pungkas surat terbuka Buro Happold. 

Kontributor : Armand Ilham


Artikel ini bersumber dari www.suara.com.

error: Content is protected !!
Exit mobile version