News  

7 Cara Meredakan Nyeri Haid dengan Aman, Dijamin Ampuh!

7 Cara Meredakan Nyeri Haid dengan Aman, Dijamin Ampuh!

Suara.com – Haid atau menstruasi merupakan proses keluarnya darah melalui sel telur yang tidak dibuahi dari vagina. Hal ini adalah sebuah proses yang biasa terjadi terhadap setiap wanita dalam tiap bulan. Meski begitu, tak sedikit wanita yang mengeluhkan nyeri dan kram pada perut saat datang bulan. Untuk mengatasinya, simak cara meredakan nyeri haid berikut. 

Nyeri haid, di dalam dunia medis kerap dikenal dengan istilah dismenore. Kondisi tersebut dapat terjadi kepada wanita sebelum haid (PMS) atau saat haid. Nyeri yang ditimbulkan saat haid ini pada umumnya terjadi selama beberapa hari dan umumnya menghilang sendiri tanpa minum obat. 

Meski demikian, terkadang keluhan terhadap nyeri haid yang dirasakan beberapa orang cukup parah. Bahkan tak sedikit wanita yang tengah mengalaminya merasa sangat terganggu dan ingin meredakannya sesegera mungkin.  

Cara Meredakan Nyeri Haid 

Baca Juga:
Gak Bikin Mumet! Simak Tips Menjaga Area Kewanitaan Saat Menstruasi

Diketahui, nyeri haid dapat disebabkan karena banyak faktor. Mulai dari kontraksi otot di rahim sehingga dapat meningkatkan zat prostaglandin di dalam tubuh. Wanita yang mengidap penyakit tertentu, seperti fibroid, radang panggul, dan endometriosis, nyeri yang dirasakan saat haid biasanya lebih parah. 

Untuk meredakannya, Anda dapat melakukan beberapa cara berikut ini: 

1. Kompres Perut dengan Air Hangat 

Cara pertama, saat haid begitu menyakitkan Anda dapat mengompres perut yang terasa nyeri dengan menggunakn air hangat. Kompres bagian perut hingga punggung selama 15 sampai 20 menit, minimal 3 kali sehari. Cara ini terbukti sama efektifnya dengan beberapa jenis obat pereda nyeri. 

2. Lakukan Pijatan 

Baca Juga:
Hari Ciuman Sedunia, 10 Manfaat Kesehatan Mencium Orang Terkasih

Perut yang terasa nyeri saat haid, membuat aktivitas yang kita lakukan akan terganggu. Untuk meredakannya, Anda dapat memijat lembut area perut yang terasa kram. Lakukan pijatan melingkat selama kurang lebih 5 menit. Cara ini dapat dilakukan sembari pemberian kompres air hangat. 

3. Cukupi Kebutuhan Cairan Tubuh 

Kram saat haid bisa terjadi karena Anda dehidrasi atau kekurangan cairan. Oleh sebab itu, Anda sangat dianjurkan untuk mencukupi kebutuhan cairan di dalam tubuh dengan banyakbminum air putih minimal 2 liter per harinya. 

4. Hindari Makanan dan Minuman Tertentu  

Saat sedang haid, sebaiknya Anda menghindari atau membatasi asupan tubuh beberapa makanan yang dapat menyebabkan perut trrada kembung dan kelebihan cairan tubuh. Adapun makanan yang sebaiknya dihindari adalah makanan berlemak, asin dan berkolesterol tinggi. Sementara, Anda sebaiknya menghindari minuman berkafein dan berlkohol, bersoda. 

5. Lakukan Teknik Relaksasi 

Rutin melakukan teknik relaksasi, seperti pilates, meditasi, dan yoga, bisa membantu menghilangkan perhatian Anda terhadap rasa nyeri dan ketidaknyamanan saat haid. Bahkan, beberapa pose relaksasi juga dapat meredakan nyeri punggung, lho. 

6. Lakukan Olahraga 

Haid bukan merupakan kendala untuk Anda tidak berolahraga. Malahan Anda dianjurkan untuk tetap aktif secara fisik karena dapat membantu mengurangi rasa sakit dan kram di perut saat haid. Bahkan sebuah penelitian telah membuktikan jika wanita yang rutin berolahraga kurang lebih 30 menit selama 3 hari dalam satu minggu dapat mengalami perbaikan gejala terhadap nyeri haid. 

7. Konsumsi Obat Pereda Nyeri Haid

Jika beberapa cara di atas telah Anda lakukan, namun nyeri haid yang dialami tak kunjung reda, cobalah konsumsi obat pereda nyeri. Adapun obat yang dianjurkan yaitu ibuprofen atau paracetamol, yang dijual bebas di pasaran. Obat dengan kandungan hyoscine butylbromide juga biasa digunakan sebagai pereda nyeri haid. Akan tetapi, obat ini hanya bisa didapatkan melalui resep dokter. 

Nah itulah tadi beberapa cara meredakan nyeri haid yang bisa Anda lakukan. Semoga bermanfaat! 

Kontributor : Putri Ayu Nanda Sari


Artikel ini bersumber dari www.suara.com.

error: Content is protected !!
Exit mobile version