News  

5 Fakta Mobil Tertabrak KA Dhoho di Jombang: Lintasan Tanpa Palang Pintu, 6 Korban Tewas

5 Fakta Mobil Tertabrak KA Dhoho di Jombang: Lintasan Tanpa Palang Pintu, 6 Korban Tewas

Kecelakaan mobil vs kereta api (KA) terjadi di Jombang, Jawa Timur. Tragedi tersebut terjadi di sebuah perlintasan kereta api tanpa palang pintu dan tanpa adanya penjaga. Akibatnya, 6 penumpang mobil minibus dinyatakan tewas sementara dua orang lainnya luka-luka.

Kecelakaan maut tersebut terjadi di palang pintu Dusun Gondekan, Desa Jabon, Jombang pada Sabtu (29/7/2023) pada pukul 23.15 WIB. Mobil yang tertabrak KA tersebut melaju dari arah utara ke selatan atau dari arah Jombang ke Kediri.

Lantas, seperti apakah fakta-fakta mobil tertabrak KA di Jombang tersebut? Simak informasi lengkapnya berikut ini.

1. Kronologi Kejadian

Baca Juga:Bantu Seorang Pria Lewati Palang Pintu Kereta, Aksi Gadis Ini Dibanjiri Pujian Netizen

Kejadian tersebut berawal saat mobil dengan nomor polisi L-1009-XD yang dikemudikan oleh Wahyu Kuswoyo (45), warga asal Sidoarjo menyeberangi perlintasan tanpa palang pintu di Dusun Gondekan. Pada saat yang bersamaan, KA Dhoho melaju kencang dari arah timur ke barat atau dari arah Mojokerto ke Kertosono.

Minibus yang berisikan 7 orang penumpang tersebut pun tertabrak KA Dhoho dengan nomor lokomotif CC 2017707. Sebelum tertabrak, mobil tersebut diketahui sempat diteriaki oleh warga yang memberitahukan bahwa ada kereta.

Namun, Wahyu atau pengemudi mobil tersebut tidak menghiraukan teriakan dari warga. Mobil tersebut pun hancur tertabrak oleh KA Dhoho hingga terseret sekitar 100 meter dari perlintasan.

2. Jumlah Korban: 6 Tewas dan 2 Luka

Diketahui, korban yang berada dalam mobil merek Luxio warna silver tersebut berjumlah 8 orang, 7 penumpang dan 1 sopir. Sehingga ada 8 orang di dalam mobil yang dikemudikan Wahyu tersebut.

Baca Juga:Diperiksa KPK hingga 10 Jam, Menhub Budi dan Sekjen Kemenhub Dicecar Soal Mekanis Pembangunan Jalur Kereta

Berdasarkan keterangan kepolisian, delapan orang dalam mobil tersebut menjadi korban dalam kecelakaan. Sebanyak 6 penumpang dinyatakan tewas, dan dua korban lainnya mengalami luka-luka. Seluruh korban sudah dievakuasi ke RSUD Jombang.

3. Identitas Korban

Polisi juga turut mengungkap identitas para korban, untuk korban yang meninggal dunia di antaranya:

1. Wahyu Kuspoyo (45), sopir mobil

2. Sumiyowati (6), warga Dusun Ciro Wetan, Desa Bakung Temenggungan, Balengbendo, Sidoarjo

3. Alinsya Mareta Mingkana (16), warga Dusun Ciro Wetan, Desa Bakung Temenggungan, Balengbendo, Sidoarjo

4. Sutria Ningsih (38), warga Dusun Ciro Wetan, Desa Bakung Temenggungan, Balengbendo, Sidoarjo

5. Adelia (19), warga Desa Kedungpadang, Rejoso, Nganjuk

6. Az Zahra Rohima Khoirunnisa (13), warga Dusun Ciro Wetan, Desa Bakung Temenggungan, Balengbendo, Sidoarjo

Identitas korban luka:

1. Fikry (22), warga Dusun Bangi, Desa Woromarto, Purwoasri, Kediri

2. Arimbi (11), warga Dusun Ciro Wetan, Desa Bakung Temenggungan, Balengbendo, Sidoarjo

4. Korban Selamat Alami Fraktur-Gegar Otak

Setelah dilakukan pemeriksaan, dua orang korban yang dinyatakan selamat dalam kecelakaan KA Dhoho vs mobil tersebut mengalami cedera otak sedang dan fraktur atau patah tulang. Kini keduanya tengah mendapatkan perawatan intensif di RSUD Jombang.

Direktur RSUD Jombang dr Ma’murotus Sa’diyah menjelaskan bahwa Fikry dan Arimbi masih belum sadar sepenuhnya karena gegar otak sedang yang dialami. Sehingga para korban luka tersebut kini dalam proses observasi dan stabilisasi.

5. Rombongan Sekeluarga

Para korban ternyata merupakan rombongan satu keluarga yang sedang melakukan perjalanan ke Kediri untuk berlibur dan berkunjung ke rumah keluarga besar.

Nesi Neneng Rahayu (43) yang merupakan keluarga korban langsung mendatangi RSUD Jombang setelah mendapatkan kabar dari pihak kepolisian.

Berdasarkan keterangan dari Nesi, 8 orang di dalam mobil tersebut merupakan keluarga dari suaminya, Sutriantono (41). Salah satunya yaitu Az Zahra Rohima Khoirunnisa (13) yang menjadi korban meninggal dunia merupakan anak tirinya. Sedangkan, dua anak lainnya tinggal bersama Nesi di Kabuh, Jombang.

Kontributor : Syifa Khoerunnisa

Artikel ini bersumber dari www.suara.com.

error: Content is protected !!
Exit mobile version