News  

5 Amalan Sunnah Hari Jumat, Membaca Al Kahfi Hingga Sholawat

5 Amalan Sunnah Hari Jumat, Membaca Al Kahfi Hingga Sholawat

Suara.com – Hari Jumat menjadi hari yang istimewa bagi umat muslim. Untuk itu, amalan sunnah hari Jumat dilakukan untuk menambah keberkahan dari Allah Swt. Jumat juga merupakan hari raya umat muslim. Sebutan hari raya pada Jumat ini sesuai dengan sabda Nabi Muhammad Saw, “Sesungguhnya hari Jumat adalah ‘ied (hari raya), maka jangan jadikan hari raya kalian untuk berpuasa kecuali bila kalian puasa sebelum dan sesudahnya.” (HR Ahmad). 

Hadis tersebut menyuratkan bahwa sebenarnya hari raya umat muslim bukan hanya Idul Fitri dan Idul Adha. Umat Islam juga memiliki hari raya setiap pekan yang dirayakan setiap Jumat. Karena merupakan hari spesial, banyak amalan sunnah hari Jumat yang bisa dilakukan untuk meraih keberkahan, berikut lima di antaranya. 

1. Membaca Surat Al Kahfi

Ketika membaca surat Al Kahfi di hari Jumat maka dia akan diterangi dengan cahaya di antara dua Jumat. Demikianlah keutamaan membaca Al Kahfi di hari Jumat. Anjuran membaca Al Kahfi dilakukan secara lengkap dalam 110 ayat. Namun, jika tidak sempat, bisa juga dilakukan hanya untuk sepuluh ayat pertama. Agar menjadi lebih ringan, surat Al Kahfi bisa dibaca dengan cara dicicil misal per 2o ayat dimulai Kamis malam. Batas membaca surat Al Kahfi di hari Jumat adalah sore hari sebelum Magrib. 

Baca Juga:
6 Kegiatan yang Biasa Dilakukan di Hari Jumat, Apa Saja?

2. Bersedekah

Salah satu amalan yang akan dilipatgandakan pahalanya di hari Jumat adalah bersedekah. Para ulama meyakini bahwa bersedekah di hari Jumat lebih mulia dibanding dengan hari-hari lainnya. Untuk itu, jika sedekah bisa dilakukan setiap hari, sedekah di hari Jumat harus ditingkatkan jumlahnya. 

3. Sholawat Kepada Nabi

Pada hari Jumat juga disunahkan memperbanyak membaca sholawat. Pada hari tersebut, Rasulullah Saw berpesan pada umatnya agar memperbanyak bersholawat. Di samping itu, sholawat juga bisa dibarengi dengan dzikir. Namun bukan berarti sholawat dan dzikir tidak bisa dilakukan setiap hari.

4. Perbanyak Doa

Baca Juga:
Teks Khutbah Jumat 7 Juli 2023: Cermin Akhlak Mulia, Hindari Banyak Bicara

Doa bisa dipanjatkan secara khusus di hari Jumat selain hari-hari lainnya. Isi doanya pun tidak hanya yang berorientasi pada dunia, seperti permohonan mencapai cita-cita, namun juga doa untuk keselamatan seluruh umat muslim. Baik di dunia maupun di akhirat. 

5. Ziarah Kubur

Ziarah kubur bukan hal yang dilarang dalam agama Islam. Sebaliknya, aktivitas ziarah kubur justru dianjurkan untuk mengingat kematian asal tidak menjurus ke hal-hal yang bersifat syirik atau menyekutukan Allah. Ziarah kubur bisa dilaksanakan di hari Jumat bertepatan dengan hari rayanya umat muslim. 

Kontributor : Nadia Lutfiana Mawarni


Artikel ini bersumber dari www.suara.com.

error: Content is protected !!
Exit mobile version