Lacak Minat dan Bakat Mahasiswa Baru, IPB Gelar Talent Mapping

Lacak Minat dan Bakat Mahasiswa Baru, IPB Gelar Talent Mapping

Jakarta: IPB University bekerja sama dengan 3CV menggelar Talent Mapping Mahasiswa Baru (TMMB). Kegiatan ini merupakan salah satu rangkaian dalam Penyambutan Mahasiswa Baru Angkatan 59.
 
Talent mapping berusaha melacak bakat dan minat mahasiswa baru IPB yang mencakup mindset, kompetensi, behavior, dan minat karier. Sebelum Pelaksanaan Talent Mapping Test, IPB menggelar Technical Briefing Talent Mapping Mahasiswa Baru 2022 secara daring.
 
Sedikitnya 3.000 mahasiswa baru Angkatan 59 IPB University yang mencakup mahasiswa Sarjana dan Sekolah Vokasi ikut kegiatan itu. Pelaksanaan Talent Mapping Test turut didampingi 150 co-fasilitator dan pihak 3CV.





Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Direktur Kemahasiswaan dan Pengembangan Karier IPB University, Alim Setiawan Slamet, mengatakan minat, bakat, dan karier mahasiswa baru harus diketahui secepat dan sedini mungkin. Ketika mahasiswa masuk kampus, diharapkan dapat mengikuti kegiatan pengembangan diri di kampus sesuai minatnya.
 
Sementara itu, psikolog Metta Paramita mengatakan talent mapping test tidak susah dan tidak ada hitungannya. Dia menjelaskan pengerjaan mesti  jujur dan bersungguh-sungguh supaya hasil yang didapatkan sesuai dengan pribadi setiap mahasiswa.
 
“Pengerjaannya hanya ada lima sub tes yakni satu sub tes berbentuk jawaban tertulis yang berupa cerita, tiga sub tes berbentuk pilihan, dan satu sub tes menggambar,” kata dia.
 
Metta menjelaskan talent mapping merupakan serangkaian tes yang digunakan untuk mengetahui kecenderungan bakat dan minat terkuat yang dimiliki seseorang. Hasil Talent Mapping terbagi menjadi empat pathways, yakni profesional, entrepreneur, birokrat, dan peneliti/pendidikan.
 
Hasil yang didapatkan ini diharapkan mampu mengarahkan pemikiran, kemampuan, perilaku mahasiswa IPB University. Terutama, melancarkan proses dalam pembelajaran dan mendukung berkembangnya bakat untuk mencapai karier yang sesuai dengan bakat minat yang dimiliki mahasiswa.
 
Kegiatan Talent Mapping tahap 1 dilaksanakan pada 25-27 Juli 2022 dan diikuti 3.921 mahasiswa baru IPB University. Mahasiswa tersebut masuk IPB University melalui jalur penerimaan Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), jalur Ketua OSIS, jalur Prestasi Internasional dan Nasional (PIN), jalur Kelas Internasional untuk Warga Negara Indonesia (WNI) dan jalur Undangan Seleksi Masuk IPB (USMI) Vokasi.
 

 

(REN)

Artikel ini bersumber dari www.medcom.id.

error: Content is protected !!
Exit mobile version