Dosis Vaksinasi Booster Kedua untuk Nakes di Sumsel Masih Tersimpan di Gudang

Dosis Vaksinasi Booster Kedua untuk Nakes di Sumsel Masih Tersimpan di Gudang

Palembang: Pelaksanaa vaksinasi booster kedua untuk tenaga kesehatan di Sumatra Selatan belum dimulai. Dosis vaksin masih tersimpan di gudang milik Dinas Kesehatan Sumsel, dan akan didistribusikan kembali ke17 kabupaten dan kota.
 
“Kita sudah mendapatkan instruksi dari pusat, vaksinasi dosis keempat sudah boleh dilakukan di Sumsel, namun pelaksananya adalah kabupaten dan kota,” jelas Pelaksana Harian Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sumsel, Trisnawarman, Selasa, 2 Agustus 2022.
 
Ia menyebutkan, vaksinasi dosis keempat sementara ini hanya diberikan kepada tenaga kesehatan. Hal itu sesuai dengan instruksi dari pemerintah pusat.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


“Untuk pelaksanaan vaksinasi dosis keempat atau booster kedua bagi nakes ini diatur Dinkes Kabupaten/kota masing-masing. Jadi nakes bisa vaksin booster kedua di tempat yang telah disediakan,” jelasnya.
 

Sementara itu, Kepala Seksi Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Dinkes Palembang Yudhi Setiawan menambahkan, untuk di Kota Palembang pelaksanaan vaksinasi booster kedua untuk nakes belum berlangsung.
 
“Kita masih menunggu vaksin usulan untuk Nakes yang akan dilakukan vaksinasi booster kedua ini,” kata Yudhi Setiawan.
 
Menurutnya, Kota Palembang sudah mengajukan vaksin covid-19 untuk booster Nakes sebanyak 2680 vial terdiri dari Pfizer 1.280 vial, dan Moderna sebanyak 1.400 vial.
 
“Moderna 1400 vial x 20 dosis artinya 28.000 dosis dan Pfizer 1.280 vial x 12 artinya 15.360 dosis, jadi total 43.360 dosis. Sedangkan untuk total Nakes di Palembang ada 14.493,” katanya
 
“Jika vaksin sudah datang nantinya baru akan dilaksanakan vaksinasi booster kedua untuk Nakes di Palembang,” jelasnya.
 
Sementara itu berdasarkan data yang ada capaian booster atau dosis ketiga di Sumsel baru mencapai 19,23 persen atau sebanyak 1.049.405 orang. Sedangkan capaian vaksinasi dosis satu 84,23 persen atau 6.067.087 orang dari target 7,2 juta dan dosis kedua 67,37 persen atau 4.852.636 orang.
 
Lalu untuk stok vaksin di Sumsel untuk jenis Astra Zaneca, Sinovac, Moderna, dan Pfizer dengan total stok seluruh Kabupaten/Kota 268.024 dosis.
 

(WHS)

Artikel ini bersumber dari www.medcom.id.

error: Content is protected !!
Exit mobile version