Ini Gejala Ball Joint Mobil Rusak dan Cara Memeriksanya

Ini Gejala Ball Joint Mobil Rusak dan Cara Memeriksanya

Biasanya, gejala ball joint mobil rusak bisa kamu rasakan saat melintasi medan jalan yang bergelombang atau tidak rata. Sebab, saat itu roda mobil akan bergoyang, menimbulkan bunyi dan setir kemudi jadi terasa tidak nyaman untuk dikendalikan.

Ball joint berperan sebagai pengontrol kestabilan mobil saat menghadapi guncangan atau sedang berbelok. Hal ini dapat dimungkinkan karena ball joint memiliki steering knuckle yang berperan untuk mempertahankan kestabilan mobil.

Kamu perlu mengetahui gejala ball joint rusak dan penyebabnya supaya bisa segera teratasi. Karena, selain membuat tidak nyaman, dampak paling parahnya adalah berpotensi terjadinya kecelakaan. 

Oleh karena itu, artikel ini akan memberikan informasi mengenai gejala ball joint mobil rusak, penyebab ball joint mobil rusak, hingga cara memeriksanya.

Gejala atau ciri-ciri ball joint mobil rusak

Apabila pemilik mobil kurang memperhatikan perawatan ball joint maka bukan tidak mungkin komponen tersebut akan rusak. 

Berikut ini gejala ball joint mobil rusak.

1. Mobil sulit dikendalikan

Ciri ciri ball joint rusak yang pertama adalah kesulitan mengendalikan mobil saat melintasi jalanan bergelombang, tidak rata, berbelok maupun jalanan lurus. 

Guncangan yang timbul nantinya akan membuat penumpang kurang nyaman di dalam kabin.

2. Terdengar suara berisik dari kaki-kaki mobil

Mengingat ball joint terletak di bagian kaki-kaki mobil, sehingga saat komponen ini rusak maka gejalanya bisa ditandai dengan terdengar suara berisik yang kurang nyaman di telinga.

Misalnya saja suara berdecit pada mobil yang terdengar saat kamu akan berbelok atau seperti suara bergemuruh saat kamu melintasi medan jalan bergelombang dan tidak rata.

3. Ban mobil lebih cepat aus

Gejala ball joint mobil rusak selanjutnya adalah salah satu ban mobil jadi lebih cepat aus dibandingkan ketiga ban lainnya. 

Biasanya, bagian luar ban mobil jadi cepat aus dan tidak merata serta terasa bergelombang.

4. Boot cepat robek

Boot atau karet yang berfungsi untuk menutup debu yang rusak merupakan ciri ciri ball joint rusak.

Penyebab ball joint rusak 

Setelah mengetahui gejala ball joint rusak, maka pertanyaan selanjutnya yang menyelimuti isi kepala adalah apa penyebab ball joint rusak? 

Setidaknya ada empat penyebab ball joint mobil rusak, yakni sebagai berikut;

  • pengemudi sering melintas jalanan rusak dan banjir, 
  • karet suspensi yang tidak diganti secara rutin,
  • penyetelan spooring yang keliru dan 
  • grease yang tidak pernah diganti.

Berikut penjelasan lengkapnya. 

Melintas medan jalan rusak dan banjir

Penyebab ball joint rusak yang paling utama adalah seringnya kita melintasi medan jalan yang tidak rata cenderung rusak atau menerobos banjir dan genangan air. 

Dua hal ini merupakan kebiasaan yang kurang baik dan bisa memperparah kondisi komponen mobil lain selain ball joint.

Sebab, saat melintasi dua kondisi tersebut, komponen-komponen mobil akan kehilangan pelumasan sehingga gesekan yang terjadi antar komponen dapat menjadi pemicu rusaknya komponen mobil, termasuk ball joint.

Sekalipun kamu menggunakan spare part dengan kualitas terbaik, namun bila kamu tetap mempertahankan kebiasaan tersebut maka spare part tersebut tidak akan mampu menahan tekanan atau benturan saat melintasi medan jalan tersebut.

Bushing yang rusak tidak segera diganti

Bushing atau karet suspensi yang telah rusak sebaiknya segera diganti supaya kinerjanya untuk meredam getaran yang berasal dari roda kendaraan dan suspensi dapat bekerja dengan optimal. 

Bila bushing yang rusak tidak segera diganti, maka sudut kemudinya berpotensi mengalami perubahan.

Penyetelan spooring yang keliru

Sejalan dengan kondisi di atas, di mana telah terjadi pergeseran sudut sehingga beban yang dihasilkan jadi lebih besar dan berisiko memperkecil ruang gerak. 

Selain karena kamu jarang mengganti bushing, salah penyetelan spooring juga faktor lainnya.

Grease tidak pernah diganti

Grease berperan sebagai pelumas komponen ball joint. Umumnya, penambahan pelumas setiap 10.000 kilometer sekali perlu dilakukan supaya ball joint tidak mudah keras dan aus dan menciptakan kerusakan komponen.

Cara memeriksa ball joint pada kendaraan 

Setelah mendapati gejala ball joint mobil rusak, maka kamu bisa melakukan pemeriksaan secara mandiri di rumah dengan beberapa langkah, di antaranya sebagai berikut:

  • Dongkrak bagian depan mobil.
  • Tentukan roda mobil bagian mana yang akan kamu periksa. Pilihlah roda mobil yang terdengar mengeluarkan suara kurang nyaman, terasa tidak nyaman saat mobil dibawa melaju atau ban mobil terlihat aus.
  • Pegang bagian atas dan bawah roda tersebut.
  • Selanjutnya, kamu bisa menggoyangkan roda tersebut ke arah dalam dan luar untuk merasakan apakah ada roda yang kocak atau tidak.
  • Bila ternyata kamu menemukan roda mobil yang kocak, maka panggil seseorang untuk memintanya menekan pedal rem.
  • Saat orang tersebut menekan pedal rem, maka kamu bisa menggoyangkan roda kembali ke arah dalam dan luar.
  • Jika tidak ada lagi roda mobil yang kocak setelah pedal rem diinjak maka mungkin saja kerusakan terletak di bagian komponen lain seperti bearing roda.
  • Akan tetapi, bila ternyata setelah diinjak pedal rem dan masih terasa kocak maka ball joint mobil kamu rusak.
  • Lakukan cara tersebut pada ketiga roda mobil lainnya untuk mendeteksi apakah roda mobil yang lain mengalami hal yang serupa.

Fungsi ball joint 

Bagi kaki-kaki mobil, ball joint memiliki fungsi yang cukup krusial, khususnya bagi sistem suspensi. Sebab, ball joint memiliki sifat seperti sendi putar di mana komponen ini mampu berputar dengan bebas menyesuaikan gerakan roda mobil saat melaju, termasuk saat roda mobil berbelok.

Jadi, saat suspensi menerima beban baik beban secara vertikal maupun lateral saat mobil berbelok, maka pengemudi akan merasa ringan saat membelokkan setir kemudi. 

Termasuk apabila kamu melaju di kondisi jalan yang bergelombang dan tidak rata, maka ball joint bisa menyesuaikannya dan terhindar dari potensi knuckle patah.

Komponen ball joint 

Ada beberapa bagian pada ball joint yang membantu kinerjanya supaya menghasilkan performa yang maksimal, beberapa di antaranya ada stud, boot, housing, seats, dan springs.

1. Stud

Komponen pendukung ball joint yang pertama adalah stud. Stud memiliki fungsi sebagai penahan serat mengikat yang timbul di antara arm dan poros roda. Ulir di bagian stud ini berperan untuk memasang baut agar poros pada roda dan komponennya jadi lebih kuat.

2. Boot

Fungsi boot pada komponen ball joint adalah sebagai penutup. Dengan begitu, kotoran tidak akan bisa masuk k dalam ball joint. Sebab, saat kotoran masuk ke dalam ball joint maka risiko yang akan terjadi adalah rusaknya pergerakkan komponen di dalamnya.

3. Housing

Fungsi housing pada ball joint sebagai rumah ball joint di antaranya menahan kotoran yang masuk dan penahan stud saat menggerakkan mekanisme gerak putarnya.

4. Seats

Seats merupakan komponen yang bertugas sebagai dudukan stud dan penopang saat komponen tersebut bergerak. Gerakan stud yang cukup besar sehingga diperlukan pelumas di bagian komponen ini.

5. Springs

Komponen ball joint yang terakhir adalah springs. Fungsi springs adalah menahan stud dan seat supaya tetap pada posisinya sehingga tidak mempengaruhi kinerja ball joint.

Itulah gejala ball joint mobil rusak, penyebab dan cara memeriksa kondisi ball joint. Sekalipun kamu bisa memeriksa kondisi ball joint sendiri di rumah, namun ternyata ball joint harus segera diganti maka sebaiknya ganti ball joint di bengkel mobil.

Tips dari Lifepal! Untuk memilih bengkel mobil terbaik yang mampu memperbaiki dan mengganti komponen mobil dengan benar sehingga meminimalisir kerusakan komponen lainnya adalah dengan memperhatikan kemampuan teknisi dan peralatan bengkel yang dimiliki bengkel tersebut.

Akan tetapi, kamu perlu juga mencari tahu ketersediaan suku cadang original untuk mobil kamu supaya kamu tidak kesulitan apabila diharuskan untuk mengganti komponen mobil.

Sebaiknya, manfaatkan bengkel mobil rekanan asuransi mobil kamu untuk meringankan biaya servis mobil.

Lindungi mobil kesayanganmu dengan asuransi mobil terbaik 

Selain rutin melakukan servis agar kendaraan tetap prima, penting juga buat kamu untuk memberikan proteksi asuransi mobil terbaik. Asuransi mobil memberikan perlindungan finansial dari risiko kecelakaan maupun bencana alam yang membuat mobil kamu rusak dan harus dibawa ke bengkel. 

Kalau punya asuransi,  kamu tidak perlu lagi khawatir soal biaya perbaikan di bengkel yang mahal karena akan ditanggung oleh perusahaan asuransi. 

Sudah paham mengenai manfaat asuransi mobil namun bingung harus memilih asuransi mobil yang mana? Kuis Asuransi Mobil dari Lifepal ini bisa membantu kamu menemukan jenis asuransi mobil yang sesuai dengan kebutuhan. Cobain, yuk! 

Setelah mendapatkan rekomendasi jenis asuransi mobil yang cocok, lanjutkan dengan menghitung perkiraan biaya premi asuransi mobil yang mesti kamu bayarkan menggunakan Kalkulator Premi Asuransi Mobil berikut ini. 

Pertanyaan seputar gejala ball joint mobil rusak 

Artikel ini bersumber dari lifepal.co.id.