Gejala Throttle Body Mobil Rusak dan Solusinya

Gejala Throttle Body Mobil Rusak dan Solusinya

Sebelum bepergian menggunakan mobil, jangan lupa untuk melakukan pengecekan komponen mobil, terutama pada throttle body mobil. Dengan mengetahui gejala throttle body mobil rusak, kamu jadi bisa segera mencari solusi yang tepat untuk mengatasinya.

Sebagai informasi, throttle body mobil merupakan bagian dari sistem air intake yang memiliki fungsi untuk keluar-masuk udara ke dalam ruang bakar mesin mobil. 

Ketika kamu menginjak gas, maka udara yang masuk akan banyak sehingga membuat mobil kamu melaju dengan cepat. 

Apabila throttle body ini bermasalah, maka bisa menyebabkan udara tidak bisa masuk, sehingga proses pembakaran pun terhambat. Akibatnya, mobil kamu pun tidak bisa melaju dengan baik dan RPM pun jadi bermasalah.

Berikut ini beberapa ciri throttle body mobil rusak yang harus kamu ketahui serta solusi yang harus dilakukan.

Gejala throttle body mobil rusak

Dirangkum dari berbagai sumber, ini dia beberapa gejala throttle body mobil rusak. 

1. Kerja mesin menurun

Salah satu ciri throttle body mobil rusak adalah kinerja mesin yang mulai menurun. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, hal ini karena udara yang masuk ke dalam ruang mesin sedikit, sehingga proses pembakaran tidak maksimal.

Jika hal ini terus-terusan terjadi, otomatis kinerja mesin akan terus menurun dan menyebabkan komponen lainnya jadi ikut bermasalah.

Ketika di jalanan menanjak, mobil kamu pun akan terasa lemah dan tidak ada tenaganya. Malah bisa membahayakan kamu dan orang lain. 

Untuk mengatasinya, sebaiknya lakukan pengecekan secara rutin di bengkel, ya.

2. Lampu indikator pada speedometer menyala

Gejala yang paling sering muncul ketika throttle body mobil rusak adalah lampu indikator mobil yang terus menyala. Hal ini sebagai peringatan bahwa mesin mobil kamu bermasalah.

Jika lampu indikator terus berkedip, sebaiknya segera bawa ke bengkel untuk dilakukan pengecekan untuk memperbaiki throttle body yang rusak. 

3. Saat kondisi idle jadi tidak stabil

Tanda lain dari throttle body mobil rusak adalah mobil terasa seperti melompat saat keadaan idle atau bergerak pelan. 

Selain itu, biasanya juga mesin akan mengeluarkan bunyi yang tidak biasa. Jika kondisi gas mobil tidak stabil ini terjadi, bisa dipastikan jika throttle body mobil memang kotor dan harus segera dibersihkan.

4. Mesin sulit berakselerasi

Throttle body mobil rusak juga ditandai dengan mesin mobil yang sulit melakukan akselerasi. Hal ini karena udara yang masuk ke dalam mesin sangat sedikit.

Mobil kamu pun akan tersendat-sendat kemudian mati saat kondisi idle.

Saat akan menambah kecepatan pun terasa berat karena minimnya udara yang masuk ke dalam ruang mesin. Jadi, jika mengalami gejala tersebut, jangan ragu untuk segera membawanya ke bengkel.

Fungsi throttle body mobil

Ada tiga fungsi utama throttle body mobil yang perlu kamu ketahui berikut ini:

1. Membantu meningkatkan performa mesin mobil

Untuk mobil dengan mesin karburator, throttle body ini bisa membantu meningkatkan performa mesin mobil yang ditandai dengan laju mobil yang semakin cepat.

Hal ini terjadi ketika kamu menginjak pedal gas yang secara otomatis akan membuka katup dan mengalirkan udara masuk ke ruang bakar, sehingga kecepatan mobil pun bertambah. 

Sedangkan untuk mobil dengan mesin fuel injection, throttle body ini akan bertugas menerima udara yang sesuai dengan perintah airflow sensor dan throttle position sensor.

2. Mengontrol udara yang masuk ke ruang bakar

Throttle body juga memiliki fungsi utama dalam mengontrol berapa jumlah udara yang masuk ke ruang bakar. Dengan begini, mobil bisa melaju dengan stabil dan lancar. 

Penyebab throttle body rusak 

Penyebab utama throttle body mobil rusak adalah karena banyaknya kotoran yang menempel di bagian katup dan dinding throttle body. 

Kotoran ini tentu saja bisa masuk bersamaan dengan masuknya udara. Oleh sebab itu, sebaiknya kamu melakukan pembersihan throttle body secara berkala, termasuk pembersihan saringan udaranya. 

Jika dalam jangka panjang tidak dibersihkan, maka kotoran ini akan menyumbat bagian katup yang menyebabkan udara yang masuk jadi sedikit. Akibatnya mobil jadi tidak bisa melaju dengan cepat.

Selain itu, kotoran juga bisa mengganggu kinerja sensor bukaan katup, sehingga proses penghubungan dengan komputer mesin akan terganggu dan informasi yang diberikan tidak akurat. Performa mobil pun jadi tidak stabil. 

Cara mengatasinya throttle body mobil rusak

Untuk mengatasi hal ini, kamu harus melakukan pembersihan pada bagian throttle body dengan rutin. Kamu bisa kok membersihkan throttle body sendiri di rumah. Berikut ini beberapa langkah-langkahnya. 

  • Lepaskan dulu kabel listrik sensor yang terhubung dengan throttle body
  • Kemudian, lepas juga selang throttle body mobil yang sudah berhubungan dengan tabung PVC
  • Lepas pengait pada tabung PCV yang melekat di bagian air box filter dan throttle
  • Gunakan obeng untuk melepaskan juga semua baut pengunci throttle body
  • Lepas bagian throttle body dan bersihkan dengan menyemprotkan cairan khusus. 
  • Diamkan beberapa saat agar kotoran meluruh, lalu segera bersihkan dengan lap kain atau microfiber
  • Jika sudah bersih, segera pasang kembali throttle body mobil sesuai dengan urutannya

Jika kamu takut salah atau tidak ingin repot, kamu bisa membawanya ke bengkel terdekat, ya.

Tips dari Lifepal! Throttle body mobil merupakan bagian dari sistem air intake yang memiliki fungsi untuk keluar-masuk udara ke dalam ruang bakar mesin mobil.

Ketika kamu menginjak gas, maka udara yang masuk akan banyak sehingga membuat mobil kamu melaju dengan cepat. 

Apabila throttle body ini bermasalah, maka bisa menyebabkan udara tidak bisa masuk, sehingga proses pembakaran pun terhambat. Akibatnya, mobil kamu pun tidak bisa melaju dengan baik dan RPM mobil naik turun.

Simak pula ulasan mengenai penyebab mobil brebet saat di gas di artikel Lifepal lainnya!

Lindungi mobil kesayanganmu selama 24 jam dengan asuransi mobil terbaik. Pilihlah asuransi mobil yang sesuai dengan kebutuhanmu. Simak video di bawah ini untuk mendapatkan tips memilih asuransi mobil terbaik:

Apakah memiliki asuransi mobil penting?

Seperti yang sudah diketahui, biaya servis mobil yang bermasalah tidaklah murah. Jika kamu tidak memiliki proteksi finansial seperti asuransi mobil, maka keuangan kamu bisa boncos.

Untuk biaya servis mobil, kamu harus mengeluarkan uang ratusan hingga jutaan rupiah, loh.

Tapi, jika sudah memiliki asuransi mobil tentunya kamu akan merasa aman karena semuanya akan ditanggung oleh pihak asuransi. 

Kamu hanya perlu membayar premi asuransi mobil, kemudian mendapatkan manfaat untuk perbaikan mobil lecet, mobil terperosok, mobil rusak karena bencana alam, huru-hara, atau mobil hilang karena dicuri orang.

Hitung sendiri berapa kisaran preminya dengan kalkulator premi asuransi mobil Lifepal berikut ini.

Setelah menemukan besaran premi asuransi mobil, pilihlah asuransi mobil yang cocok dengan bantuan kuis asuransi mobil terbaik Lifepal di bawah ini.

Kalau perlu, tambahan proteksi lainnya seperti asuransi kesehatan untuk menjaga dari risiko biaya berobat di rumah sakit yang mahal di tengah maraknya virus saat ini juga sangat diperlukan. 

Beli juga polis asuransi jiwa yang akan melindungi kamu dan keluargamu dari beban finansial saat tertanggung meninggal dunia. Seluruh produk asuransi terbaik bisa kamu dapatkan di Lifepal lebih hemat hingga 25%!

Yuk, beli asuransi mobil sekarang. Cek produk lengkapnya di Lifepal!

Pertanyaan seputar gejala throttle body mobil rusak

Artikel ini bersumber dari lifepal.co.id.