Cara Kerja Mesin Hybrid Toyota Standar dan Full Hybrid

Cara Kerja Mesin Hybrid Toyota Standar dan Full Hybrid

Mobil hybrid dikenal sebagai mobil yang irit bahan bakar. Toyota pun juga telah mengeluarkan sejumlah mobil mesin hybrid. Lalu, seperti apa sih cara kerja mesin hybrid Toyota dan apa yang membedakannya dengan mobil lain?

Beberapa mobil hybrid yang telah dikeluarkan oleh Toyota adalah Corolla Cross, Corolla Altis Hybrid, C-HR 1.8 Hybrid, dan Camry HV.

Sebagai mobil bermesin hybrid, mobil-mobil tersebut terkenal irit bahan bakar dan menggunakan teknologi yang ramah lingkungan.

Cara kerja mobil hybrid standar

Mobil hybrid standar adalah mobil hybrid yang menggunakan mesin konvensional berkecepatan 60 km/jam sampai dengan 80 km/ jam. 

Pada mobil hybrid, terdapat dua mesin, yaitu mesin konvensional dan mesin bertenaga listrik. Kedua mesin ini tidak akan selalu digunakan di saat bersamaan, melainkan disesuaikan dengan kebutuhan mobil.

Berikut ini cara kerja mobil hybrid standar Toyota yang tak jauh berbeda dengan cara kerja mobil hybrid standar pada umumnya.

1. Proses menyalakan mesin

Ketika mesin dihidupkan, mesin akan perlahan memanas dan mengubah energi dari mesin konvensional menjadi energi listrik. Energi listrik ini akan dipakai untuk mengisi baterai mobil listrik apabila baterai perlu diisi.

2. Cara kerja dalam kecepatan rendah

Saat mobil digunakan dalam kecepatan rendah, mobil hybrid menggunakan tenaga dari mesin konvensional. Kecepatannya sekitar 60 km/jam sampai dengan 80 km/jam.

Seluruh tenaga akan dihasilkan oleh mesin konvensional ketika mobil dibawa untuk berkendara di kecepatan rendah. Tenaga inilah yang dipakai sebagai penggerak mesin mobil.

3. Saat menyalip kendaraan lain

Cara kerja mesin hybrid Toyota juga terlihat berbeda dari cara menyalip kendaraan lain. Ketika menyalip, mobil akan mengambil tenaga dari mesin konvensional dan juga mesin listrik hybrid yang dipasang pada mobil hybrid.

Hanya saja, kedua mesin ini akan bekerja menghasilkan tenaga secara bergiliran, menyesuaikan dengan kebutuhan mobil.

4. Kecepatan pengereman

Mobil hybrid standar menggunakan sistem rem regenerasi yang bekerja dengan memanfaatkan putaran roda ketika pengemudi melakukan pengereman. 

Putaran roda akan dimanfaatkan sebagai generator yang akan mengubah energi gerak menjadi energi listrik sesuai kebutuhan mobil.

5. Cara kerja saat mobil berhenti sementara

Dua mesin bertenaga listrik pada mobil hybrid akan mati ketika mobil berhenti sementara. Selama mesin mati, sistem kelistrikan mobil akan disalurkan lewat daya yang masih tersisa pada baterai mobil.

Cara kerja mobil full hybrid 

Tidak seperti mobil hybrid standar, mobil full hybrid memiliki ukuran baterai yang lebih besar. Dengan baterai yang lebih besar, mesinnya bisa memberikan daya ekstra ketika mobil digunakan untuk berkendara dalam jarak dekat.

Secara umum, fungsi dan cara kerja mobil full hybrid tak jauh berbeda dengan mobil hybrid standar. Berikut ini penjelasan cara kerja mesin full hybrid Toyota.

1. Proses menyalakan mesin

Pada mobil full hybrid, sistem kelistrikan mobil baru bisa menyala apabila sudah mendapatkan keseluruhan daya dari baterai mobil.

Jadi, saat mobil baru menyala, daya listrik yang digunakan untuk menggerakkan mesin adalah daya dari baterai. 

Untuk sementara, daya dari mesin belum akan digunakan. Daya dari mesin baru akan dipakai apabila daya baterai sudah berkurang dan memerlukan tambahan daya.

2. Cara kerja dalam kecepatan rendah

Dalam kecepatan 60 km/jam sampai 80 km/jam, mobil hybrid standar akan menggunakan daya dari mesin konvensional. Tapi hal ini tidak berlaku pada mobil full hybrid.

Pada Toyota full hybrid car, daya yang digunakan pada kecepatan tersebut adalah daya dari mesin konvensional dan juga mesin bertenaga listrik yang ada pada mobil.

3. Saat menyalip kendaraan lain

Ketika mobil akan digunakan untuk menyalip kendaraan lain, mesin yang aktif digunakan adalah mesin konvensional dan juga mesin listrik. Keduanya akan bekerja di saat bersamaan untuk mendukung kinerja mesin.

Selain cara-cara di atas, cara kerja mesin hybrid Toyota versi full hybrid tak jauh berbeda dengan varian hybrid standar. 

Dari kecepatan pengereman dan saat mobil berhenti sementara, keduanya sama-sama bisa mematikan mesin secara otomatis.

Kelebihan mobil hybrid Toyota

Toyota bukanlah satu-satunya pabrikan mobil yang memproduksi mobil hybrid. Lantas, apa yang membuat Toyota hybrid cars unggul dibanding mobil hybrid lainnya? 

Ada beberapa kelebihan mobil listrik Toyota atau mobil hybrid Toyota . Berikut ini beberapa kelebihan tersebut.

1. Emisi lebih rendah

Mobil hybrid Toyota dikenal lebih ramah lingkungan karena menghasilkan emisi yang lebih rendah. Ini bisa terjadi karena mesin pada mobil hybrid Toyota mampu mengurangi zat beracun dalam emisi gas buang.

Bahkan, ketika mobil berhenti sementara, mesin mobil akan mati secara otomatis, sehingga membuat emisi yang dihasilkan juga berkurang.

2. Lebih nyaman digunakan berkendara

Kalau kamu memprioritaskan kenyamanan dalam berkendara, maka mobil hybrid cocok jadi pilihan. Sebab, gerakan mobil hybrid cenderung lebih halus dan minim getaran.

3. Suara mobil lebih halus

Bukan hanya getaran yang lebih halus, suara mesin pada mobil hybrid Toyota pun juga lebih halus. Sebab, mesin yang digunakan adalah mesin listrik yang bekerja dalam kecepatan rendah sehingga tidak menimbulkan bunyi bising.

4. Menempuh jarah tempuh yang sama dengan bahan bakar lebih sedikit

Apabila dibandingkan, mobil hybrid mampu menempuh jarak tempuh yang sama dengan mobil berbahan bakar biasa. Bedanya dengan total jarak yang sama, mobil hybrid mampu menarik bahan bakar yang lebih sedikit.

5. Memprioritaskan kenyamanan dan juga penghematan bahan bakar

Mobil hybrid Toyota mengedepankan kenyamanan saat berkendara dan juga memprioritaskan penghematan bahan bakar. Ini menjadi keunggulan utama yang jarang ditemukan pada kendaraan lain.

Tips dari Lifepal! Mobil hybrid sering disebut-sebut sebagai mobil modern atau mobil masa depan, sebab lebih ramah lingkungan dan menggunakan teknologi yang lebih modern.

Supaya mobil hybrid yang kamu miliki bisa terlindungi dari risiko kerugian, sebaiknya gunakan asuransi mobil yang akan menanggung sebagian besar biaya perbaikan jika mobilmu mengalami kerusakan parah atau kecelakaan.

Lindungi mobil kesayanganmu dengan asuransi mobil terbaik 

Selain rutin melakukan servis agar kendaraan tetap prima, penting juga buat kamu untuk memberikan proteksi asuransi mobil terbaik. Asuransi mobil memberikan perlindungan finansial dari risiko kecelakaan maupun bencana alam yang membuat mobil kamu rusak dan harus dibawa ke bengkel. 

Kalau punya asuransi,  kamu tidak perlu lagi khawatir soal biaya perbaikan di bengkel yang mahal karena akan ditanggung oleh perusahaan asuransi. 

Sudah paham mengenai manfaat asuransi mobil namun bingung harus memilih asuransi mobil yang mana? Kuis Asuransi Mobil dari Lifepal ini bisa membantu kamu menemukan jenis asuransi mobil yang sesuai dengan kebutuhan. Cobain, yuk! 

Setelah mendapatkan rekomendasi jenis asuransi mobil yang cocok, lanjutkan dengan menghitung perkiraan biaya premi asuransi mobil yang mesti kamu bayarkan menggunakan Kalkulator Premi Asuransi Mobil berikut ini. 

Pertanyaan seputar cara kerja mesin hybrid Toyota 

Artikel ini bersumber dari lifepal.co.id.