Cara Cek Riwayat Servis Mobil Honda Lewat Honda e-Care

Cara Cek Riwayat Servis Mobil Honda Lewat Honda e-Care

Honda Indonesia meluncurkan aplikasi Honda e-Care untuk memudahkan layanan bagi pemilik mobil Honda. Salah satu fungsi aplikasi ini adalah melakukan cek riwayat servis mobil Honda.

Riwayat servis sendiri merupakan laporan yang isinya catatan perawatan mobil, seperti servis rutin atau komponen apa saja yang sudah diganti selama mobil Honda dimiliki seseorang. 

Catatan historical service atau riwayat service menjadi bukti bahwa mobil punya kualitas terbaik karena sudah pernah melakukan servis dan perawatannya komplit. Lalu bagaimana memeriksa riwayat servis Honda?

Cek riwayat servis mobil Honda lewat Honda e-Care

Honda e-Care adalah aplikasi multi-platform yang akan membuka akses informasi dan pelayanan mobil Honda secara cepat dan lebih mudah. Aplikasi ini diluncurkan pada 7 Januari 2022 lalu.

Salah satu fitur yang tersedia di Honda e-Care adalah fitur untuk mengecek riwayat servis. Berikut ini cara cek riwayat servis mobil Honda dengan aplikasi Honda e-Care.

  1. Unduh aplikasi Honda e-Care di Google PlayStore atau Apple AppStore
  2. Melakukan Single Sign On (SSO) menggunakan akses Google atau Apple id
  3. Verifikasi dengan kode OTP yang dikirimkan melalui SMS
  4. Pilih menu “My Honda” lalu daftarkan mobil Honda yang dimiliki
  5. Setelah terdaftar, kamu bisa mendapatkan detail informasi tentang mobilmu, termasuk riwayat servis

Karena sudah menggunakan sistem SMS OTP, Honda menjamin proses keamanan aplikasi ini. Jadi, pemakaian aplikasi ini terjamin aman.

Informasi di atas adalah cara memeriksa riwayat servis khusus untuk kendaraan Honda. Tapi, bagaimana kalau kamu memiliki mobil dengan merek lain, misalnya mobil Suzuki?

Tentunya, langkah untuk memeriksa riwayat servisnya akan berbeda. Cara cek riwayat servis mobil Suzuki tidak bisa melalui aplikasi, namun harus dengan mendatangi atau menghubungi pihak bengkel secara langsung.

Fitur lainnya di aplikasi Honda e-Care

Fitur cek riwayat servis mobil Honda bukanlah satu-satunya fitur yang ada pada aplikasi Honda e-Care. Berikut beberapa fitur lain yang sudah disiapkan untuk memudahkan aktivitas pemilik mobil Honda di Honda e-Care:

1. Booking service

Kamu bisa melakukan booking service dengan memilih menu ini. Cukup memilih kebutuhan service yang dibutuhkan. 

Fitur “Booking service” juga bisa menampilkan data kapasitas booking untuk melakukan servis mobil yang aktual di dealer Honda.

2. Servis 24 jam

Menurut pihak Honda Prospect Motor, layanan servis 24 jam akan membantu kamu kapanpun dan dimanapun, sehingga menghilangkan rasa khawatir.

3. Dealer locator

Melalui “Dealer locator”, kamu dapat menemukan dealer mobil Honda terdekat dari lokasimu. Kamu juga akan mendapatkan informasi detail, serta fitur “Tap to Call” untuk menghubungi dealer pilihanmu.

4. Product catalog

Dalam menu ini, kamu bisa mendapatkan informasi detail terkait seluruh produk mobil HONDA yang dijual secara resmi di Indonesia.

Melalui “Product catalog” ini kamu bisa menilik desain 3 dimensi mobil-mobil Honda dalam 360 derajat, baik dari bagian interior dan eksterior. 

Kamu juga bisa mendapatkan spesifikasi detail dan harga setiap mobil Honda yang dijual secara resmi di Indonesia, dan info lainnya

5. News and tips

Seperti namanya, menu ini akan memberikan informasi dan tips seputar mobil Honda untuk memaksimalkan kendaraan milikmu.

6. Event

Menu “Event” ini akan selalu memberikan update informasi terbaru tentang aktivitas yang sedang atau akan diadakan oleh Honda.

7. Voucher

Di menu ini, kamu akan mendapatkan penawaran-penawaran menarik dari Honda yang terbatas hanya diberikan untuk pelanggan yang sudah menggunakan aplikasi saja.

Jenis servis di bengkel resmi Honda

Ada beberapa jenis servis yang dilayani bengkel resmi Honda untuk pada konsumennya. Berikut beberapa jenis servis di bengkel resmi Honda:

1. Servis tune up

Servis tune up adalah jenis servis untuk merawat komponen-komponen mobil sehingga performa mobil tetap prima dan terasa baru.

Biaya servis mobil Honda jenis servis tune up beragam tergantung jenis mobilnya. Umumnya, biaya tune up mobil di bengkel resmi Honda berkisar mulai dari Rp3 juta.

2. Servis berkala

Servis berkala biasanya dilakukan dengan mengikuti petunjuk buku panduan servis yang mengatur jumlah jarak tempuh dimana mobil sebaiknya melakukan servis rutin. Adapun berikut jenis-jenis servis berkala, yakni:

Servis berkala 1.000 km

Pada jarak 1.000 km, servis yang dilakukan berupa cek oli, cek sistem kemudi, cek aki, cek tekanan angin ban, cek filter udara, cek baut pada roda, hingga cek idle mesin.

Servis berkala per 5.000 km

Setelah menempuh jarak 5.000 km, dilakukan servis berkala berupa ganti oli mesin, cek kampas rem, cek sistem kemudi, cek cairan pada mobil.

Servis berkala per 10.000 km

Ganti oli mesin dan oli transmisi, melakukan rotasi ban, melakukan spooring dan balancing. Biaya servis berkala mobil Honda di bengkel resmi Honda kira-kira mencapai Rp400.000 hingga Rp600.000.

Servis berkala per 15.000 km

Servis berkala yang dilakukan per 15.000 km akan menerapkan pengecekan cairan mobil, cek suspensi, memeriksa dan mengganti cairan radiator, pengecekan baut kolong mobil.

Servis berkala per 20.000 km

Untuk servis berkala per 20.000 km, akan dilakukan pemeriksaan dan pembersihan filter udara, kelp, filter AC, throttle body, kalibrasi idle, balancing, spooring, hingga rotasi ban menyilang.

Servis berkala 40.000 km

Pada jarak 40.000 km, jenis servis mobil yang dilakukan pun masih sama. Biaya servis mobil Honda yang sudah mencapai jarak tempuh 40.000 km kira-kira mencapai Rp1 juta hingga Rp1,2 juta.

Servis berkala 80.000 km

Untuk servis berkala untuk mobil Honda yang sudah mencapai jarak tempuh 80.000 km, kira-kira akan mencapai Rp2,6 juta hingga Rp3 juta. Biaya tersebut juga sudah termasuk biaya ganti oli mobil rutin.

Tips dari Lifepal! Honda e-Care adalah aplikasi multi-platform yang akan membuka akses informasi dan pelayanan mobil Honda secara cepat dan lebih mudah.

Karena sudah menggunakan sistem SMS OTP, Honda menjamin proses keamanan aplikasi ini. 

Kemudian kamu bisa nikmati kemudahan dan kenyamanan mengakses layanan serta informasi seputar mobil Honda lewat Honda e-Care apps, termasuk cek riwayat servis mobil Honda.

Ingat juga untuk selalu lindungi mobil kesayanganmu selama 24 jam dengan asuransi mobil terbaik. Pilihlah asuransi mobil yang sesuai dengan kebutuhanmu.

Alasan perlu punya asuransi mobil

Biaya servis mobil dan perawatan tentu tidak murah. Jangan sampai biaya servis mobil kesayanganmu justru membebani pengeluaranmu.

Manfaatkan asuransi mobil all risk supaya kamu gak perlu pusing lagi dengan tagihan bengkel karena kamu akan terjamin dari biaya perbaikan kerusakan ringan dan berat, bahkan dapat ganti rugi atas kehilangan akibat pencurian.

Selain asuransi all risk, masih ada lagi jenis asuransi mobil lain, yaitu asuransi mobil TLO atau Total Loss Only. Asuransi ini menanggung risiko kerugian yang nilainya besar, sampai lebih dari 75 persen harga kendaraan.

Lantas, di antara asuransi all risk dan asuransi TLO, manakah yang paling cocok untuk mobilmu? Coba cari tahu dengan mengikuti kuis asuransi mobil terbaik di bawah ini.

FAQ seputar cek riwayat servis mobil Honda

Artikel ini bersumber dari lifepal.co.id.