Bikin Mobil Jadi Mewah, Segini Biaya Pemasangan Sunroof

Bikin Mobil Jadi Mewah, Segini Biaya Pemasangan Sunroof

Beberapa jenis mobil dilengkapi dengan sunroof sebagai fitur bawaan. Tapi, ada juga yang memasang sunroof sendiri sebagai modifikasi mobil. Untuk sunroof tambahan, tentu akan ada biaya pemasangan sunroof yang perlu dikeluarkan.

Sunroof merupakan fitur pada mobil berupa panel bergerak yang diletakkan di atap mobil. Tujuan pemasangan sunroof adalah untuk memberikan ruang supaya udara dan cahaya bisa masuk ke dalam mobil. 

Beberapa tipe mobil memiliki kelengkapan fitur ini. Namun bagi mobil yang tidak dilengkapi sunroof pun kini bisa memasang sunroof sendiri di bengkel.

Biaya pemasangan sunroof

Ingin punya mobil yang memiliki sunroof? Ternyata kamu tak harus membeli mobil baru, lho. Mobil yang kamu miliki sekarang pun bisa dipasangi sunroof jika kamu mau. 

Bengkel yang melayani pemasangan sunroof juga sudah banyak di Jabodetabek. Untuk tahu biaya pemasangan sunroof mobil, simak informasi berikut ini.

Biaya pasang sunroof Avanza

Sebagai mobil keluarga yang paling banyak ditemui di Indonesia, mobil Toyota Avanza belum dilengkapi dengan fitur sunroof, bahkan untuk tipe tertingginya sekalipun. 

Sehingga, jika kamu ingin memodifikasi untuk menambahkan sunroof, harga pasang sunroof mobil Avanza sebesar Rp10-15 juta.

Biaya pasang sunroof Innova

Biaya pasang sunroof Innova rupanya tak semahal mobil Avanza, yakni hanya berkisar antara Rp5-10 juta. Namun untuk memasang sunroof pada mobil Innova agak sulit untuk dilakukan. 

Banyak bengkel menemukan kesulitan saat memasang sunroof Innova karena adanya double blower. Oleh sebab itu pemasangan sunroof Innova pun tak banyak dilakukan.

Biaya pasang sunroof Brio

Sebagai mobil yang trendi dan banyak diminati anak muda, Honda Brio seringkali mengalami modifikasi termasuk di bagian atap. 

Harga pasang sunroof mobil Brio dipatok pada harga Rp10 juta. Untuk pengerjaanya sendiri tidak memakan waktu lama, kurang dari setengah hari saja sunroof bisa dipasang dengan rapi pada mobil Brio.

Harga pasang sunroof mobil sedan

Harga pasang sunroof mobil sedan bisa dibilang tidak mudah dan tidak murah pula. Untuk mobil sedan merk mercy dan BMW misalnya, harga sunroof resmi pabrikannya dibanderol dengan harga Rp25 juta. 

Selain harganya yang cenderung mahal, durasi pemasangannya pun cukup lama, bisa membutuhkan waktu sampai dengan 2 minggu.  

Fungsi sunroof pada mobil

Secara umum, fungsi sunroof pada mobil adalah memberikan jangkauan pandang yang lebih luas dari atap mobil. 

Selain itu, fitur sunroof yang bisa dibuka dan ditutup memberikan kesempatan bagi sinar matahari dan udara segar masuk ke dalam kabin. Sehingga, dapat meningkatkan sirkulasi udara dan pencahayaan dalam kabin mobil.

Bagi kamu yang suka menikmati keindahan langit, sunroof sangat cocok digunakan. Sebab, dengan sunroof kamu bisa mengamati cerahnya langit pada siang hari dan indahnya bintang pada malam hari.

Jadi, kalau kamu memakai mobil sunroof, kamu tidak perlu turun dari mobil hanya untuk melihat pemandangan langit. 

Perlu diketahui, selain sunroof sebenarnya ada juga jenis atap terbuka yang disebut moonroof. Tidak seperti sunroof yang dibuka seperti jendela biasa, kaca moonroof dibuka dengan cara digeser karena ada rel pada kacanya.

Kelebihan sunroof mobil

Sunroof pertama kali dikenalkan oleh Ford Thunderbird pada tahun 1960-an. Saat itu untuk pertama kalinya sunroof digunakan pada mobil modern dan mendapat antusias yang luar biasa. 

Karena popularitasnya, kemudian produsen mobil Eropa seperti Mercedes-Benz, BMW, hingga Volkswagen pun mulai memasang sunroof pada mobil mereka. Berikut ini beberapa kelebihannya.

1. Memberi kesan luas pada mobil

Beberapa orang memasang sunroof dengan tujuan untuk meningkatkan kenyamanan saat berkendara. Salah satunya juga agar bisa memiliki pandangan yang lebih luas saat berada di dalam mobil impian. 

2. Membuat mobil tampak mewah

Banyak orang menilai kehadiran sunroof memberikan kesan elegan. Tak heran fitur sunroof pun kebanyakan dimiliki oleh mobil model premium agar terkesan lebih mewah dan istimewa. 

3. Udara dan cahaya bisa masuk

Kelebihan pasang sunroof antara lain memberikan kesan lebih lapang pada mobil. Kamu juga bisa menikmati udara bebas dan cahaya masuk ke dalam kabin tanpa harus terganggu suara bising kendaraan di luar.

4. Bisa berdiri dan mengeluarkan kepala di bagian atas mobil

Kamu tentu sering melihat adegan ini di film-film. Saat santai atau ketika pawai misalnya, kamu bisa berdiri dan mengeluarkan kepala di bagian atas mobil. 

Namun ingat, berdiri di atas mobil sunroof tidak disarankan dilakukan saat kamu melaju di jalan raya dengan kecepatan tinggi karena terlalu berisiko.

Kekurangan sunroof mobil

Memasang sunroof pada mobil tentu bukan hanya sekedar keren-kerenan saja. Pemasangan sunroof bisa memiliki kekurangan juga. Apa saja kelebihan dan kekurangan pasang sunroof mobil?

1. Sunroof kurang menguntungkan di negara beriklim tropis

Di negara beriklim tropis dengan dua musim saja seperti di Indonesia, penggunaan sunroof sebenarnya tak terlalu memiliki dampak besar. 

Saat musim hujan sunroof seolah tidak berguna, karena kamu akan kebasahan jika membiarkan sunroof terbuka saat hujan. 

Sementara, ketika cuaca panas, membuka sunroof hanya akan membuat berkendara menjadi gerah, jadi lebih baik menghidupkan AC saja.

2. Debu dan asap bisa masuk ke mobil

Sunroof juga tampaknya kurang cocok jika kamu berkendara di jalanan kota yang macet dan penuh polusi. Membuka sunroof di jalanan seperti itu hanya akan membuat debu dan asap masuk ke dalam mobil. 

Belum lagi jika ada aroma tak sedap di luar, seperti misalnya dari truk sampah atau truk pembawa ayam. Bisa-bisa itu membuatmu terganggu karena baunya masuk dan menempel di dalam mobil.

3. Sunroof menambah beban mobil

Sunroof merupakan komponen mobil yang cukup berat. Bobot sunroof itu sendiri saja 35 kilogram. Untuk mobil sekelas SUV, bobot tersebut cukup membebani. 

Sehingga pemasangan sunroof pun akan menambah berat mobil secara keseluruhan. Itulah mengapa beberapa orang lebih memilih untuk memasang panoramic roof dibanding sunroof, karena bobotnya lebih ringan.

4. Bisa mempengaruhi konsumsi bahan bakar

Bobot mobil yang terlalu berat akan mempengaruhi konsumsi bahan bakar. Semakin berat mobil, mesin harus bekerja lebih keras untuk melaju dengan bobot tersebut sehingga bahan bakar pun bisa menjadi lebih boros. 

Apalagi jika mobil kamu juga sudah memiliki bobot yang lebih berat dibandingkan segmen lainnya. Inilah kelemahan lain dari pemasangan sunroof yang perlu dipertimbangkan.

Bengkel sunroof mobil di Jabodetabek

Kini sudah ada banyak bengkel sunroof mobil di Jabodetabek. Bengkel-bengkel ini melayani pemasangan sunroof untuk berbagai model dan jenis mobil

Mulai dari mobil keluaran Jepang, Korea, hingga Eropa.  Berikut ini daftar bengkel sunroof mobil di Jabodetabek.

Nama BengkelAlamatKontak
Garasi SunroofJl. Nangka IV No.43D, RT.1/RW.5, Cipete Utara, Kec. Kby. Baru, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 121500813-1100-0837
AutoPro/Wawan sunroofJl. Kayumanis III No.59, Pd. Cabe Udik, Kec. Pamulang, Kota Tangerang Selatan, Banten 154180856-7895-299
Cibubur auto CustomJl. Letda Nasir No.27, Nagrak, Kec. Gn. Putri, Kabupaten Bogor, Jawa Barat 169670812-8497-0177
Bravecuttop & King Shine Auto DetailingJl. Ciater Raya, Ciater, Kec. Serpong, Kota Tangerang Selatan, Banten 153100822-4567-8232
Bogor SunroofJl. Kp. Cicadas No.69, Cicadas, Kec. Gn. Putri, Kabupaten Bogor, Jawa Barat 169640896-8966-7173
Glow Auto Modif Jl. Gardu Asem No.10b, RT.11/RW.9, Kemayoran, Kec. Kemayoran, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 106200819-3000-0200
UfoJl. Panjang Arteri Klp. Dua Raya No.17, RW.2, Klp. Dua, Kec. Kb. Jeruk, Kota Jakarta Barat, Jawa Barat 115500816-1633-608
Fege Modifikasi Mobil, Body Repair Dan Custom BodyJl. Kramat Setu, RT.006/RW.001, Bintara Jaya, Kec. Bekasi Bar., Kota Bks, Jawa Barat 171360813-1119-7773
L.A Custom car body repair Jl. Raya Lenteng Agung No.16 H, RT.3/RW.8, Lenteng Agung, Kec. Jagakarsa, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 126100858-1331-2680
Base customJl. Lengkong Gudang Tim. I, Lengkong Gudang Tim., Kec. Serpong, Kota Tangerang Selatan, Banten 153100818-0610-0069

Alasan perlu punya asuransi mobil

Pemasangan sunroof pada mobil memang dapat membuat mobil terlihat elegan, mewah, dan lebih menonjol dibandingkan mobil lain dengan tipe yang sama. 

Namun perlu diperhatikan ternyata pemasangan sunroof ini juga bisa membuat mobil lebih berat dan boros bensin. Nah, bagi kamu yang suka memodifikasi mobil, maka harus siap juga dengan risikonya.

Maka dari itu, penting untuk kamu juga menyiapkan asuransi mobil untuk meminimalisir risiko modifikasi mobil tersebut. Jika kamu memiliki asuransi mobil, risiko ini bisa diantisipasi. Untuk lebih jelasnya, simak video berikut ini.

Asuransi mobil dapat memberikan pertanggungan saat terjadi kerusakan mulai dari yang kecil hingga besar. Bahkan asuransi juga dapat mengganti rugi apabila kamu mengalami kehilangan mobil akibat dicuri.

Selain itu, premi asuransi mobil yang dibayarkan setiap bulan juga akan terasa lebih ringan dibandingkan kamu harus mengeluarkan uang dalam jumlah besar sekali perbaikan. 

Inilah keuntungan memiliki asuransi mobil terutama bagi kamu yang memang frekuensi penggunaan mobilnya cukup tinggi.

Lantas, berapa premi yang harus dibayarkan saat membeli asuransi mobil? Coba perkirakan harga preminya dengan kalkulator premi asuransi mobil berikut ini.

FAQ seputar biaya pemasangan sunroof

Artikel ini bersumber dari lifepal.co.id.