Biaya Tambal Gigi Gratis dengan BPJS dan Prosedurnya

Biaya Tambal Gigi Gratis dengan BPJS dan Prosedurnya

Asuransi Gigi Cover 100% Tagihan! Premi Mulai Rp50 Ribu/ Bln!

Jenis-jenis tambal gigi

Terdapat dua jenis tambalan gigi yang digunakan untuk menambal gigi terdapat dua jenis yaitu, tambalan langsung dan tambalan tidak langsung.

1. Tambalan langsung

Tambalan langsung biasanya dilakukan saat kerusakan gigi belum terlalu besar. Namun, ia bersifat permanen meskipun tidak bertahan selamanya di dalam mulut.

Ketahanannya berbeda-beda, mulai dari 5 – 20 tahun. Ada tiga jenis tambalan langsung, yaitu:

  • Amalgam
  • Resin komposit
  • Glass Ionomer Cement (GIC)

Amalgam

Amalgam adalah tambalan gigi berwarna silver atau abu-abu yang memiliki daya lekat yang kuat dan tahan lama. Sayangnya, ia mengandung merkuri yang dapat membahayakan tubuh. Oleh karena itu, amalgam tidak boleh lagi digunakan sejak tahun 2019. 

Resin komposit

Tambalan yang satu ini biasanya mengeras dengan cara disinar. Karena itu, ia disebut juga sebagai tambal sinar atau tambal laser. Resin komposit memiliki sifat yang kuat dan mudah dibentuk.

Selain itu, tambalan yang satu ini memiliki daya estetik karena bisa disesuaikan dengan warga asli gigi. Ia pun sering digunakan untuk tambalan gigi depan. 

Glass Ionomer Cement (GIC)

Berwarna putih, glass ionomer cement (GIC) tidak sepenuhnya bisa sama dengan warna gigi. Namun, ia memiliki kemampuan untuk melepaskan fluoride yang dapat mencegah gigi berlubang lagi setelahnya.

Sayangnya, tambalan yang satu ini ketahanannya tidak lebih baik dibandingkan dua tambalan lainnya. Ia hanya tahan selama 5 tahun. Sementara amalgam bisa bertahan sampai dengan 20 tahun dan resin komposit sampai 10 tahun. 

2. Tambalan tidak langsung

Untuk tambalan tidak langsung, biasanya dilakukan jika kerusakan gigi sudah parah dan meluas sehingga tambal secara langsung tidak lagi memungkinkan.

Tambalan tidak langsung bisa menutupi seluruh atau sebagian permukaan. Biasanya ia terbuat dari logam, porselen atau kombinasi dari keduanya. 

Tambalan tidak langsung umumnya baru bisa dilakukan setelah melakukan konsultasi dengan dokter gigi sebab tambalan harus disesuaikan dengan kondisi yang dialami pasien.

Ini pun mempengaruhi jenis dan bahan yang akan digunakan. Terlebih, tambalan tidak langsung biasanya dibuat di laboratorium. 

Jika memang kamu belum sempat datang ke dokter gigi karena sibuk dengan pekerjaan, kamu bisa minum obat alami sakit gigi untuk meredakan sakit akibat gigi berlubang.

Prosedur tambal gigi

Tidak cuma untuk menangani gigi berlubang, kamu perlu mendapatkan prosedur penambalan gigi jika mengalami kondisi-kondisi berikut. 

  • Mengalami gigi patah.
  • Mengalami kerusakan jaringan keras gigi seperti atrisi dan abfraksi. 
  • Menjalani perawatan saluran akar. 
  • Memiliki risiko gigi berlubang yang besar. Penambalan dianjurkan untuk menutupi ceruk gigi pada gigi geraham (pit fissure sealant). 

Nah, mari kita perhatikan apa saja langkah prosedur tambal gigi berikut ini.

1. Pembersihan gigi berlubang 

Pertama-tama, dokter akan membersihkan area gigi yang berlubang sampai bersih. Pasalnya, ciri-ciri gigi berlubang akan timbul bercak berwarna kecoklatan karena mengandung banyak bakteri. 

Cara membersihkannya adalah dengan melakukan proses bur. Tahap ini umumnya membuat orang merasa takut karena menimbulkan suara bising dan rasa ngilu.

Namun, tentunya kamu akan dibius terlebih dahulu sehingga gak akan terasa sakit. 

2. Penempatan bahan perekat tambal

Setelah itu, gigi yang sudah dibersihkan akan dipasang bahan perekat tambal dengan proses bonding. Fungsinya, supaya bahan tambal menempel dengan baik ke gigi kamu. 

3. Penempelan bahan tambal

Jika perekat sudah tertempel, dokter akan menempelkan bahan tambal untuk gigi kamu. Bahan tambal bakal dibentuk sesuai dengan bidang kunyah.

4. Tes gigit

Dokter akan menyuruhmu merekatkan gigi atas dan gigi bawah seperti sedang menggigit. Tujuannya untuk memastikan apakah tambalan sudah pas dan nyaman ketika dipakai menggigit. 

5. Finishing

Proses ini diperlukan untuk memperhalus tambalan supaya menghindari bakteri masuk lagi ke dalam gigi.

Pada dasarnya, tujuan melakukan penambalan gigi adalah untuk mendapatkan beberapa manfaat berikut. 

  • Mengembalikan bentuk dan fungsi gigi yang mengalami kerusakan. 
  • Mengurangi jumlah bakteri aktif di mulut. 
  • Mempertahankan struktur gigi dan memperpanjang usia gigi. 
  • Mempertahankan bentuk tulang rahan dan kontur wajah. 
  • Memperbaiki gigi yang retak, patah atau terkikis karena kebiasaan tertentu, seperti menggigit kuku atau menggertakkan gigi. 

Untuk mendapatkan pertanggungan biaya tambal gigi, manfaatkan asuransi kesehatan dengan manfaat tambahan perawatan gigi dari Lifepal.

Lihat promo asuransi gigi terbaik, cover 100% biaya dokter gigi di rumah sakit terbaik. Yuk, cek promonya sekarang

Asuransi Gigi Cover 100% Tagihan! Premi Mulai Rp50 Ribu/ Bln!

Apakah tambal gigi sakit?

Tambal gigi tidak akan menimbulkan rasa sakit, kok. Beberapa klinik gigi dan rumah sakit sudah menggunakan alat yang canggih dan nyaman, sehingga membuat kamu tidak merasakan sakit.

Hal yang kamu rasakan mungkin lebih ke tidak nyaman karena harus membuka mulut terus selama tindakan tambal gigi dilakukan.

Tips mencegah gigi berlubang

Mengingat biaya untuk tambal gigi berlubang tidak murah, ada baiknya kamu mulai menjaga kesehatan gigi kamu agar tidak berlubang, ya. Berikut ini beberapa tips mencegah gigi berlubang yang bisa kamu ikuti.

1. Rutin menggosok gigi

Cara pertama yang bisa kamu lakukan tentu saja dengan rutin menggosok gigi minimal dua kali sehari. Kamu bisa menggosok gigi setelah makan dan sebelum tidur, ya.

Setelah sarapan pagi, tunggu selama 30-60 menit sebelum kamu menggosok gigi. Hal ini dilakukan agar enamel gigi kamu tidak terkikis, apalagi ketika kamu mengonsumsi makanan atau minuman yang mengandung asam seperti jeruk, kopi, atau roti panggang.

2. Rutin menggunakan obat kumur

Tips kedua untuk mencegah gigi berlubang yakni rutin menggunakan obat kumur.

Menyikat gigi saja tentu tidaklah cukup, lebih baik lagi jika kamu menggunakan obat kumur agar bagian gigi dan mulut kamu semakin bersih dan terbebas dari bakteri.

Obat kumur mengandung antiseptik, sehingga bisa menjangkau pembersihan di sela-sela gigi. Selain membuat gigi bebas dari bakteri juga bisa mencegah terbentuknya plak dan masalah pada gusi.

3. Pilih pasta gigi yang mengandung fluoride

Memang ada banyak sekali pilihan pasta gigi, namun pastikan kamu memilih pasta gigi yang mengandung fluoride, ya.

Pasalnya, kandungan fluoride bisa mencegah bakteri yang menyebabkan gigi berlubang. Selain itu, fluoride juga bisa membantu memperkuat enamel gigi kamu dan tidak mudah terkikis.

4. Hindari makan manis

Tahukah kamu kalau sering mengonsumsi makanan manis bisa merusak enamel pada gigi, lho! Hal ini karena makanan atau minuman manis bisa memproduksi asam yang tentu saja merusak enamel pada gigi.

Jika kamu makan atau minum manis dan lupa menyikat gigi maka bisa sisa-sisa makanan tersebut akan menempel dan membuat gigi jadi lebih cepat rusak.

Jika ingin mengonsumsi makanan manis, kamu bisa mengonsumsi buah dan sayuran yang bagus untuk kesehatan gigi.

5. Periksa gigi ke dokter secara teratur

Terpenting adalah rutin memeriksakan kesehatan gigi secara teratur ke dokter gigi, ya. Kamu bisa melakukan pemeriksaan ini minimal 6 bulan sekali.

Pemeriksaan gigi ini dilakukan agar gigi kamu tetap sehat dan tidak bermasalah.

Pentingnya memiliki asuransi untuk menanggung biaya tambal gigi

Asuransi gigi adalah pertanggungan dari asuransi kesehatan yang dirancang khusus untuk menanggung biaya perawatan gigi secara rutin.

Manfaat yang bisa kamu nikmati jika memiliki asuransi gigi adalah biaya penambalan gigi akan ditanggung asuransi.

Begitu juga untuk proses membersihkan karang gigi, mencabut gigi, atau perawatan lain yang lebih kompleks akibat kecelakaan dan lain sebagainya.

Karena umumnya asuransi gigi adalah bagian dari asuransi kesehatan, kamu perlu memiliki asuransi kesehatan terlebih dahulu agar dapat menikmati manfaatnya.

Asuransi gigi pun biasanya menjadi manfaat tambahan atau rider dari asuransi kesehatan sehingga kamu akan dikenakan biaya premi tambahan untuknya.

Meski begitu, ada juga asuransi gigi yang bisa kamu miliki secara mandiri tanpa perlu membeli asuransi kesehatan lebih dulu. 

Kalau kamu punya pertanyaan terkait dengan manfaat dan cara mendapatkan asuransi gigi, konsultasikan saja dan dapatkan solusi pilihan yang cocok dengan kebutuhanmu di Tanya Lifepal.

Manfaat asuransi gigi selengkapnya

Memiliki asuransi gigi menjadi penting untukmu karena manfaatnya yang lengkap.

  • Perawatan dasar (basic care) yang mencakup tanggungan untuk penambalan gigi, perawatan pembengkakan, pembersihan karang gigi, perbaikan akar gigi, dan pencabutan gigi.
  • Perawatan kompleks (major care) yang terdiri dari pembedahan gigi, implantasi gigi, dan perawatan gigi lainnya akibat kecelakaan. 
  • Manfaat pembuatan gigi palsu karena mengalami kecelakaan atau bukan kecelakaan.

Dengan memiliki asuransi gigi, kamu tidak perlu khawatir akan biaya administrasi dan obat-obatan selama perawatan karena semuanya juga ditanggung pihak asuransi.

Tapi, kamu tetap harus jeli memilih asuransi gigi terbaik, ya. Pastikan asuransi yang kamu pilih terpercaya dan memiliki prosedur klaim yang mudah.

Selain asuransi gigi, kamu juga perlu menyiapkan dana darurat agar gak keteteran kalau ada kebutuhan mendadak seperti tambal gigi.

Untuk membantu kamu mengetahui berapa dana darurat yang dibutuhkan, silakan gunakan Kalkulator Dana Darurat berikut ini.

Cara klaim tambal gigi dengan asuransi kesehatan

Terdapat dua metode pengajuan klaim asuransi kesehatan untuk menjamin biaya atau harga tambal gigi, yaitu cashless dan reimbursement.

Cashless

Asuransi kesehatan cashless sebaiknya menjadi pilihan utama saat kita memilih produk perlindungan kesehatan. Berikut cara mengajukan klaim asuransi kesehatan cashless.

  • Datang ke rumah sakit rekanan asuransi dengan membawa identitas serta kartu peserta asuransi. 
  • Mendaftar di meja administrasi dan mengisi formulir klaim.
  • Pihak asuransi akan memverifikasi klaim kamu.
  • Pasien bisa langsung mendapatkan perawatan medis tanpa membayar biaya tambal gigi.

Reimbursement

Asuransi kesehatan dengan sistem klaim reimbursement menghasruskan kamu melunasi tagihan dengan uang sendiri dulu, kemudian mengajukan ganti rugi kepada perusahaan asuransi setelahnya. Ini prosedur klaimnya.

  • Melaporkan klaim ke perusahaan asuransi.
  • Datang ke rumah sakit atau klinik dan mendapatkan perawatan tambal gigi.
  • Membayar tagihan rumah sakit sendiri dan jangan lupa simpan kuitansinya.
  • Melengkapi dokumen persyaratan klaim dan mengirimkannya ke perusahaan asuransi.
  • Jika klaim diterima, perusahaan asuransi akan mengirimkan penggantian biaya rumah sakit ke rekening nasabah.

Bagaimana memilih asuransi gigi yang tepat?

Memilih asuransi gigi yang tepat tidak hanya mengandalkan harga premi yang murah saja. Namun, juga beberapa kriteria yang menjadikan asuransi tersebut baik dan tentunya menguntungkan untuk kamu.

Sementara menurut Chief Distribution Officer Cigna Indonesia, Herlin Susanto, biaya perawatan gigi selalu mengalami kenaikan sebesar 7-10 persen setiap tahunnya.

Oleh karena itu, kamu perlu memilih asuransi gigi yang tepat dengan kriteria berikut ini.

  • Plafon dan biaya premi
  • Metode klaim cashless
  • Kebijakan renewal guarantee 
  • Masa tunggu

1. Plafon dan biaya premi

Sebelum memilih asuransi gigi, kalkulasikan terlebih dahulu biaya premi yang harus dibayarkan dengan plafon atau manfaat yang akan didapatkan nantinya untuk menanggung biaya tambal gigi.

Rata-rata premi asuransi gigi adalah sekitar Rp140.000 – Rp300.000. Jika skema asuransi yang ditawarkan terlalu rendah, tidak mustahil saat melaksanakan perawatan gigi kamu perlu mengeluarkan biaya tambahan karena kurangnya plafon yang diberikan. 

2. Metode klaim cashless 

Metode klaim yang satu ini adalah yang paling favorit dibandingkan yang lainnya. Selain memudahkan, kamu pun tidak perlu mengeluarkan anggaran besar untuk mendapatkan perawatan gigi di rumah sakit rekanan.

Hanya dengan membawa kartu peserta asuransi kesehatan yang kamu miliki, kamu pun bisa mendapatkan perawatan gigi sesuai dengan keluhan yang dimiliki. 

3. Kebijakan renewal guarantee 

Sebuah kebijakan yang mana perusahaan asuransi menjamin perpanjangan polis sehingga kamu tidak perlu khawatir jika masa akhir polis semakin dekat. 

4. Masa tunggu

Asuransi yang baik ialah yang memberlakukan masa tunggu tidak lebih dari satu bulan apabila terjadi keluhan yang sama di waktu lain.

FAQ seputar biaya dan harga tambal gigi

Biaya yang dikenakan untuk melakukan tambal gigi bervariasi kepada jenis prosedur yang dilakukan dan rumah sakit. Kisaran biaya tambal gigi dimulai dari Rp50 ribu hingga Rp6 jutaan.

Biaya yang dikenakan untuk melakukan tambal gigi bervariasi kepada jenis prosedur yang dilakukan dan rumah sakit. Kisaran biaya tambal gigi dimulai dari Rp50 ribu hingga Rp6 jutaan.

Ada dua jenis tambal gigi, yaitu tambalan langsung dan tambalan tidak langsung. Tambalan langsung bersifat permanen namun tidak bertahan selamanya di dalam mulut. Prosedur ini dilakukan saat kerusakan gigi belum terlalu parah. Ketahanannya bervariasi dimulai dari 5 tahun hingga 20 tahun. Khusus prosedur tambalan tidak langsung dilakukan untuk menutupi seluruh atau sebagian permukaan yang biasanya dilakukan jika kerusakan gigi sudah parah dan meluas. Biasanya terbuat dari logam, porselen, atau kombinasi dari keduanya.

Biaya yang dikenakan untuk melakukan tambal gigi bervariasi kepada jenis prosedur yang dilakukan dan rumah sakit. Kisaran biaya tambal gigi dimulai dari Rp50 ribu hingga Rp6 jutaan.

Asuransi gigi adalah produk perlindungan yang cocok untuk menanggung biaya tambal gigi. Umumnya untuk mendapatkan asuransi gigi, kamu perlu menjadi nasabah kesehatan terlebih dahulu. Manfaat yang bisa kamu dapatkan dari asuransi gigi adalah biaya penambalan gigi akan ditanggung asuransi. Begitu juga prosedur pembersihan karang gigi, mencabut gigi atau perawatan lain yang lebih kompleks akibat kecelakaan dan lain sebagainya.

Biaya tambal gigi laser mulai dari Rp350 ribu, tergantung besarnya lubang.

Efek positif dari tambal gigi adalah tentu saja untuk mengobati gigi berlubang. Setelah ditambal, pastikan kebersihan gigi dijaga dengan menyikat gigi dua kali sehari supaya tambalan awet.

Tambalan gigi bisa bertahan mulai dari 5, 10, sampai 20 tahun tergantung jenis bahan tambalan.

 

Artikel ini bersumber dari lifepal.co.id.