Bagaimana Cara Pasang Fan Belt Toyota Altis dengan Benar?

Bagaimana Cara Pasang Fan Belt Toyota Altis dengan Benar?

Cara pasang fan belt toyota altis tentu menjadi hal yang penting diketahui oleh para pemilik mobil tersebut mengingat fungsinya yang cukup krusial di dalam mesin mobil. 

Sebab fan belt mobil merupakan komponen penting yang berbentuk tali kipas melingkar dari karet tahan panas dan memiliki fungsi untuk menghubungkan segala komponen yang ada di dalam mobil ketika mesin dinyalakan.

Jadi, tanpa adanya fan belt tentu mobil tidak akan bisa bergerak.

Namun dalam perjalanannya, seringkali fan belt putus dan menyebabkan mobil kehilangan tenaga untuk bisa bergerak karena tidak ada pengantar tenaga seta penghubung puller dari bagian depan dan belakang.

Oleh sebab itulah kamu perlu menggantinya dengan yang baru jika hal tersebut terjadi.

Apabila kamu sedang mengganti komponen tersebut dengan yang baru, simak penjelasan cara pasang fan belt toyota altis pada artikel berikut ini!

Cara pasang fan belt Toyota Altis

Ada banyak hal yang membuat fan belt harus segera diganti agar tidak mencelakakan pengendaranya selama mobil digunakan.

Apabila fan belt diganti, kamu perlu memasang komponen tersebut lainnya dalam keadaan baru di tempat yang semula.

Namun hal tersebut harus dilakukan dengan teliti dan seksama agar tidak merusak komponen lain yang ada disekitarnya.

Oleh sebab itulah, jika kamu sedang mengganti komponen tersebut secara mandiri, maka berikut adalah beberapa cara pasang fan belt toyota altis yang mudah untuk dilakukan, diantaranya adalah:

1. Memilih tipe fan belt yang sesuai

Setiap kendaraan tentu memiliki tipe dan jenis fan belt yang berbeda-beda. Jadi, cara pasang fan belt toyota altis yang paling utama adalah memilih yang sesuai dengan anjuran pabrik agar dapat cocok dan terpasang dengan sempurna.

Umumnya fan belt yang baru memiliki tampilan gerigi yang masih utuh dan kuat sehingga dapat mengisi komponen sebelumnya dengan lebih baik. 

Selain itu, belt yang lama mungkin akan terasa lengket di sela-sela gir saat hendak dilepaskan sehingga kamu perlu melepasnya dengan congkelan atau obeng saat hendak melepaskannya.

2. Pasang ke pulley kipas

Selanjutnya, kamu dapat memasang fan belt tersebut ke pulley kipas yang tersambung dengan alternator secara perlahan. Coba masukkan perhana hingga ke dalam kipas tanpa perlu melepasnya supaya pekerjaan yang dilakukan menjadi lebih mudah.

Simak pula ulasan mengenai cara cek alternator mobil di artikel Lifepal lainnya!

3. Masukkan beltnya pada gir yang ada

Cara pasang fan belt toyota altis yang selanjutnya adalah dengan memasukkannya pada gir yang telah ada. Hal ini dapat dilakukan tanpa tekanan sehingga belt akna dengan mudah masuk dan menyatu secara sempurna ke dalam gearnya.

4. Kencangkan dan pasang kembali bautnya

Selanjutnya, kamu sudah dapat mengencangkan fan belt yang sebelumnya sudah dipasang lalu kembalikan bautnya lagi di bagian alternator. Sebab baut butuh untuk dikencangkan agar fan belt dapat terpasang dengan baik dan tidak mudah lepas ke bagian bawah.

5. Sesuaikan fan belt di bagian bawah

Apabila fan belt bagian atas sudah dapat menempel dengan sempurna, maka kamu tidak boleh melupakan fan belt yang menjuntai pada bagian bawahnya. Sama seperti sebelumnya, masukkan fan belt ke dalam pulley.

Selanjutnya baut pulley kembali dipasangkan namun jangan dikencangkan terlebih dahulu.

Barulah setelah fan belt terpasang dengan sempurna, barulah baut setelan pulley kembali dipasang dengan menggunakan tang hingga setelannya terasa lebih pas.

Barulah setelah terasa cukup kencang pada bagian setelan, kamu dapat kembali mengencangkan baut pulley yang belum sempat diberikan perlakukan untuk mengunci segala aspek di dalamnya.

6. Pasang kap mesin bagian bawah 

Cara pasang fan belt toyota altis yang paling terakhir adalah memasang kap mesin bagian bawah saat seluruh komponen sudah terpasang dengan kencang.

Barulah kamu dapat mengeceknya dengan menghidupkan mesin mobil.

Fungsi fan belt Toyota Altis

Serupa dengan jenis mobil lainnya, fan belt Toyota Altis juga berfungsi untuk membantu mobil dapat bergerak dengan baik.

Sebab, komponen mesin ini dapat bekerja dengan cara memindahkan tenaga dari mesin ke arah pulley penggerak mulai dari alternator, AC, water pump hingga power steering.

Jadi apabila mesin dinyalakan, maka fan belt inilah yang akan berguna untuk menghubungkan  semua komponen tersebut sehingga dapat semakin bersinergi saat bergerak.

Selain itu, pasokan energi dari putaran fan belt ini akan bekerja untuk menghasilkan gerakan saat mobil berjalan.

Oleh sebab itulah fan belt memiliki fungsi krusial di dalam mobil sehingga harus rutin dilakukan pengecekan secara berkala.

Ditambah, hal ini menjadi sangat penting untuk dilakukan agar dapat menghindari resiko fan belt yang putus atau rusak saat mobil sedang digunakan.

Penyebab fan belt Toyota Altis harus ganti

Walaupun memiliki usia pakai yang lebih lama dibandingkan komponen mesin lainnya, seringkali fan belt mengalami gangguan sehingga harus segera diganti agar mobil dapat kembali dikendarai dengan optimal. 

Oleh sebab itulah agar hal tersebut dapat diminimalisir, ada beberapa penyebab mengapa fan belt mobil harus diganti, diantaranya adalah:

  • Beban atau bobot yang dibawa kendaraan terlalu berlebihan.
  • Gaya berkendara yang kasar seperti sering melakukan betot gas dapat membuat fan belt sering tersentak.
  • Pulley mengalami seret sehingga rawan menyebabkan putus.

Tips dari Lifepal! Cara pasang fan belt toyota altis tentu menjadi hal yang penting diketahui oleh para pemilik kendaraan tersebut mengingat fungsinya yang cukup krusial di dalam mesin mobil.

Oleh sebab itu, pastikan untuk memasangnya dengan hati-hati agar tidak merusak komponen yang ada disekitarnya.

Simak pula ulasan mengenai ukuran fan belt, tensioner fan belt, kapan fan belt mobil harus diganti, dan biaya ganti fan belt mobil di artikel Lifepal lainnya!

Lindungi mobil kesayanganmu selama 24 jam dengan asuransi mobil terbaik. Pilihlah asuransi mobil yang sesuai dengan kebutuhanmu. Simak video di bawah ini untuk mendapatkan tips memilih asuransi mobil terbaik:

Kenapa asuransi mobil itu penting?

Asuransi mobil merupakan hal penting yang harus dimiliki oleh setiap pemilik mobil dimanapun ia berada.

Terlebih, ada banyak resiko yang kerap kali terjadi saat mengendarai mobil di jalan raya mulai dari kecelakaan, kerusakan hingga kehilangan akibat tindak pencurian yang seringkali menyebabkan kerugian yang sangat besar.

Namun, seluruh masalah kerugian tersebut kini dapat diminimalisir dengan adanya asuransi mobil karena menjamin perlindungan berupa ganti rugi atas segala resiko yang mungkin akan terjadi di masa depan.

Hal ini tentu akan membantu setiap nasabah menjadi lebih tenang karena kerugian yang akan terjadi tidak akan mengganggu rencana finansialmu serta memberikan layanan hingga 24 jam sehingga dapat menjadi lebih tenang saat berada dalam kondisi darurat seperti membutuhkan mobil derek.

Selain itu, asuransi mobil juga akan memberikan perlindungan tambahan berupa tanggung jawab hukum pihak ketiga apabila dibutuhkan sehingga kamu dapat merasa lebih aman saat berada dalam situasi tersebut. 

Apalagi biaya servis mobil dan perawatan juga tentu tidak murah. Jangan sampai biaya servis mobil kesayanganmu justru membebani pengeluaranmu.

Manfaatkan asuransi mobil all risk supaya kamu gak perlu pusing lagi dengan tagihan bengkel karena kamu akan terjamin dari biaya perbaikan kerusakan ringan dan berat, bahkan dapat ganti rugi atas kehilangan akibat pencurian.

Hitung sendiri berapa kisaran preminya dengan kalkulator premi asuransi mobil Lifepal berikut ini.

Setelah menemukan besaran premi asuransi mobil, pilihlah asuransi mobil yang cocok dengan bantuan kuis asuransi mobil terbaik Lifepal di bawah ini.

Kalau perlu, tambahan proteksi lainnya seperti asuransi kesehatan untuk menjaga dari risiko biaya berobat di rumah sakit yang mahal di tengah maraknya virus saat ini juga sangat diperlukan. 

Beli juga polis asuransi jiwa yang akan melindungi kamu dan keluargamu dari beban finansial saat tertanggung meninggal dunia. Seluruh produk asuransi terbaik bisa kamu dapatkan di Lifepal lebih hemat hingga 25%!

Pertanyaan seputar cara pasang fan belt Toyota Altis

Artikel ini bersumber dari lifepal.co.id.