10 Rekomendasi Air Purifier Mobil dan Tips Memilihnya

10 Rekomendasi Air Purifier Mobil dan Tips Memilihnya

Memakai air purifier mobil menjadi salah satu cara untuk menjaga kualitas udara di dalam mobil. Penjernih udara ini akan turut menjaga kebersihan mobil. Jangan sampai mobil kamu udaranya kotor karena debu, asap rokok atau jamur.

Fungsi air purifier mobil adalah menyegarkan udara serta membuat sirkulasi udara di dalam lebih terjaga. Alhasil, siapapun akan lebih nyaman saat berada di mobil kamu.

Rekomendasi air purifier mobil terbaik

Air purifier atau ionizer hadir dalam berbagai macam bentuk, kualitas, merek, dan harga. Berikut ini adalah daftar pembersih udara mobil yang bisa kamu jadikan rekomendasi serta kisaran harganya.

1. HOCO Car Air Purifier AP01 – Rp510 ribu

Bagi kamu yang sedang mencari penjernih udara mobil yang fleksibel ditempatkan di mana saja, HOCO Car Air Purifier AP01 adalah salah satu jawabannya. Selain cocok untuk mobil kamu, pembersih udara merek ini bisa diletakkan di kamar juga, lho.

Berbicara tentang baterai, HOCO Car Air Purifier AP01 ditenagai baterai berkapasitas 2.000 mAh yang bisa bertahan selama lima jam. 

Ukurannya 7,1 x 7,1 x 15,9 cm dan dilengkapi dengan filter mikro. Hadirnya filter mikro ini mampu melindungi kamu dari debu, polusi, bakteri, dan kuman yang terdapat di udara. Dijamin, mobil kamu jadi bersih.

HOCO Car Air Purifier AP01 terkenal dengan desainnya yang simpel dan elegan. Pantas saja, materialnya dibuat dari alumunium terbaik. 

Gak cuma itu, material tersebutlah yang membuat HOCO Car Air Purifier AP01 semakin kuat dan anti karat. Harga HOCO Car Air Purifier AP01 berkisar di angkar Rp510 ribu. Kamu bisa membeli di e-commerce kesayanganmu.

2. Ionkini Car Air Purifier JO-6281 – Rp180 ribu

Salah satu air purifier mobil murah alias ramah di kantong tapi berkualitas adalah Ionkini Car Air Purifier JO-6281. Produk ini berdimensi 3,1 x 3,1 x 10 cm dan beratnya hanya 40 gram. 

Ukurannya yang mungil dan beratnya yang enteng, membuat penjernih udara mobil ini bisa kamu lepas pasang dengan mudah tanpa repot di soket rokok atau saat memindahkannya ke mobil lain.

Ionkini Car Air Purifier JO-6281 mampu membersihkan udara serta menyingkirkan bau tak sedap, asap, debu, virus, hingga bakteri. 

Alhasil, berkat produk ini kesehatan kamu bakal makin terjaga dan perjalanan dengan mobil juga jadi lebih menyenangkan. Bicara soal harga, Ionkini Car Air Purifier JO-6281 dibanderol dengan Rp180 ribu saja.

3. Air Purifier BC20 ABS – Rp165 ribu

Satu lagi produk air purifier mobil terbaik yang bisa kamu dapatkan dengan harga terjangkau, yakni Air Purifier BC20 ABS. 

Tak hanya mampu membersihkan dan menyegarkan udara di dalam kabin, nyatanya produk ini juga mampu meningkatkan kelembaban udara di dalam mobil.

Menariknya lagi, kamu bisa mencampurkan aromaterapi ke dalam tangki penampungan salah satu rekomendasi penjernih udara mobil terbaik ini sebagai aroma diffuser

Untuk menggunakannya, kamu tinggal memasangnya di soket rokok atau port USB mobil kamu. Memiliki bobot sekitar 92 gram, Air Purifier BC20 ABS bisa kamu miliki dengan harga sekitar Rp165 ribu.

4. Sharp Air Purifier IG-DC2Y – Rp725 ribu

Sharp gak ketinggalan memproduksi air purifier. Penjernih udara mobil buatan Sharp namanya Sharp Air Purifier IG-DC2Y yang sudah dilengkapi dengan high density plasmacluster. Produk air purifier Sharp ini bisa untuk di rumah ataupun untuk di mobil. 

Air purifier mobil Sharp ini mampu menghasilkan 25.000 ion per cm³, sangat efisien untuk menyingkirkan jamur dan bakteri. Agar lebih maksimal, produk ini juga sudah dilengkapi dengan Turbo Mode. 

Nah, untuk fitur Turbo Mode fungsinya adalah menghilangkan 30 persen lebih cepat bau tak sedap. Jadi, pemakaian produk ini bisa jadi salah satu cara menghilangkan bau di mobil juga, lho.

Agar bisa digunakan, hubungkan Sharp Air Purifier IG-DC2Y ke soket rokok mobil kamu. Dengan dimensi 7,6 x 6,5 x 15 cm, Sharp Air Purifier IG-DC2Y dibanderol Rp725 ribu.

5. Xiaomi MiJia Car Air Purifier – Rp899 ribu

Gak cuma ponsel, Xiaomi juga mengeluarkan produk air purifier dengan nama Xiaomi MiJia Car Air Purifier. Bukan Xiaomi namanya kalau gak membuat produk berkualitas. 

Xiaomi MiJia Car Air Purifier sendiri punya filter canggih untuk melindungi kamu dari partikel PM 2.5 yang berbahaya bagi kesehatan. Hanya butuh waktu 3-7 menit bagi produk ini untuk membersihkan udara di dalam mobil. 

Oh iya, kemampuan tersebut tentu tergantung kadar polutan dalam udara. Tidak hanya itu, semakin canggih, produk ini juga sangat praktis digunakan karena kamu bisa mengontrolnya lewat ponsel.

Produk ini adalah jawaban kalau kamu bertanya produk pembersih udara mobil apa yang praktis dan canggih. 

Dilengkapi dengan fitur modern, berapa sih harga produk Xiaomi ini? Kamu perlu menyiapkan uang sebesar Rp899 ribu untuk memiliki pembersih udara dari Xiaomi ini.

6. Baseus Whale Car Air Purifier – Rp250 – 500 ribu

Baseus Whale Car Air Purifier adalah solusi yang paling tepat jika kamu mencari pembersih udara yang praktis dan portable

Pantas aja, bentuk Baseus Whale Car Air Purifier sangat ringkas dan modis sehingga produk ini mudah dibawa ke mana saja, serta cocok digunakan di jenis mobil apapun.

Selain bisa digunakan untuk membersihkan udara di mobil, kamu juga memanfaatkan Baseus Whale Car Air Purifier di dalam ruangan yang kecil.

Harga Baseus Whale Car Air Purifier terbilang ramah di kantong pasalnya kamu cukup merogoh kocek sekitar Rp250-500 ribu. 

Gak perlu khawatir dengan tampilan, Baseus Whale Car Air Purifier punya banyak varian warna yang sesuai dengan selera kamu.

7. Panasonic Car Air Purifier Nanoe F-GMG01AKN – Rp1-2 juta

Rekomendasi air purifier mobil selanjutnya datang dari merek Panasonic, yaitu Panasonic Car Air Purifier Nanoe F-GMG01AKN.

Panasonic air purifier mobil ini gak cuma bisa membersihkan udara, tetapi juga menyehatkan dan melembabkan kulit.

Panasonic air purifier mobil dibekali dengan teknologi nano pembasmi bakteri, virus, allergen, hingga bau tak sedap. Alhasil, kamu bakal nyaman dan betah berada di dalam mobil karena terbebas dari hal-hal tersebut. Bahkan, produk ini juga mampu menghambat tumbuhnya jamur, lho.

Layaknya produk keluaran Panasonic lainnya, produk ini sangat awet dan tahan lama. Lalu, berapa harganya? Produk Panasonic air purifier mobil ini dipatok dengan harga Rp1-2 juta.

8. Honeywell Move Pure Car Air Purifier – Rp1-3 juta

Mau udara di dalam mobil kamu makin segar dan bersih? Coba saja air purifier Honeywell Move Pure Car Air Purifier. 

Penjernih udara mobil dengan HEPA ini mampu membersihkan udara di mobil kamu. untuk memaksimalkan filter ini, double layer activated carbon disematkan pada Honeywell Move Pure Car Air Purifier.

Honeywell Move Pure Car Air Purifier efektif menghilangkan bau yang tak sedap, membasmi bakteri, dan polutan seperti partikel PM 2.5 dan TVOC (total volatile organic compounds) yang ada.

Kecanggihan alat ini gak cuma sampai di situ, Honeywell Move Pure Car Air Purifier juga dilengkapi dengan indikator khusus untuk mengingatkan kapan waktunya mengganti filter. Harganya mulai dari Rp1-3 juta.

9. Philips Go Pure ACA251 – Rp1,8-3 juta

Air purifier mobil Philips Go Pure ACA251 dipatok dengan harga yang sesuai dengan kualitasnya jadi tidak perlu diragukan lagi. 

Philips Go Pure ACA251 punya berbagai macam fitur unggulan yang mampu membuat mobil kamu terasa lebih nyaman dan tubuh pun jadi lebih sehat.

Mengapa demikian? Produk ini dibekali dengan kombinasi filter udara mobil HEPA dan HESA yang mampu menghilangkan debu, mikroorganisme, dan semua partikel kotor di udara. 

Alhasil, kamu bakal makin nyaman dan betah berada di dalam mobil apapun mobilnya. Siapkan bujet Rp1,8-3 juta jika kamu mau punya Air purifier mobil Philips Go Pure ACA251.

10. LiVION Car Purifier – Rp300-500 ribu

Produk rekomendasi selanjutnya adalah LiVION Car Purifier yang punya konsentrasi ion berjumlah 5,6 juta ion negatif setiap cm3. Jadi, kebutuhanmu akan udara yang bersih dalam mobil bisa terpenuhi oleh air purifier yang satu ini. 

Selain membersihkan udara di dalam mobil, LiVION Car Purifier juga bisa membunuh segala jenis kuman, bakteri, dan virus yang membuat mobil menjadi lebih harum dan segar.

LiVION Car Purifier sangat mudah digunakan dengan hanya menghubungkannya ke port USB yang ada di dalam mobil. Perhatikan indikator lampu berwarna biru, jika menyala maka alat ini sedang bekerja. 

Kelebihan LiVION Car Purifier selain sebagai penjernih udara adalah fungsi ganda sebagai car charger yang bisa mengisi daya ponsel kamu selama di perjalanan. Kisaran harga LiVION Car Purifier adalah Rp300 – 500 ribu saja.

Tips cara pilih air purifier mobil 

Ada banyak sekali merek pembersih udara yang bisa dimanfaatkan untuk kendaraan. Tapi, karena ada banyak pilihan, tidak menutup kemungkinan kamu jadi kebingungan menentukan pilihan yang terbaik untukmu. 

Kalau kamu ingin bisa memilih produk yang paling tepat dan sesuai dengan kebutuhan, berikut ini tips cara pilih air purifier mobil.

Pilih jenis yang sesuai kondisi mobil

Tidak semua pembersih udara bekerja dengan cara yang sama. Ada banyak jenis produk yang dilengkapi dengan fitur berbeda-beda. Sebaiknya, pilihlah fitur yang paling sesuai dengan kebutuhan atau kondisi mobilmu.

Misalnya, kalau tujuanmu untuk menyedot atau menyaring debu di dalam mobil, akan paling cocok memilih air purifier jenis HEPA. Sementara, kalau ingin menghilangkan bau dengan cepat, pilih yang versi Carbon Filter.

Kalau untuk efek kesehatan yang lebih maksimal, bisa pakai yang berjenis ionizer, karena jenis ini bisa bekerja untuk melepaskan ion negatif. 

Sesuaikan dengan budget yang ada

Selain jenis, kamu juga perlu mempertimbangkan budget-nya. Jangan sampai, kamu membeli produk yang di luar budget meskipun sesuai dengan kebutuhan. Jadi perhatikan lagi berapa budget yang sudah kamu sediakan, ya. 

Pilih yang tidak menimbulkan suara

Beberapa produk pembersih udara menimbulkan suara ketika dioperasikan. Bagi sebagian orang, suara seperti ini dapat terasa mengganggu sehingga menimbulkan ketidaknyamanan dalam kabin.

Karena itu, sebelum membeli, usahakan untuk melakukan tes pemakaian lebih dulu di tokonya secara langsung. Jadi kamu bisa menilai apakah suara yang ditimbulkan dari produk mengganggu atau tidak.

Perlukah air purifier di mobil?

Penggunaan air purifier sebenarnya tergantung dengan kebutuhan pengguna kendaraan. Bagi sebagian orang, produk ini sangat diperlukan, tapi bagi sebagian orang lainnya mungkin hanya dianggap sebagai aksesoris tambahan.

Sebenarnya, hal ini kembali lagi ke manfaat utamanya. Fungsi atau manfaat air purifier mobil adalah sebagai penyaring dan pembersih udara. 

Virus, bakteri, kotoran, dan debu yang tersebar di udara dalam mobil akan disaring, digantikan dengan asupan udara yang lebih bersih. Sehingga, udara yang terhirup ketika bernapas di dalam kendaraan jadi lebih sehat dan segar.

Udara di dalam kendaraan memang berpotensi tercemar oleh kotoran dan debu. Karena, ruangan di dalam mobil cukup kecil dan tertutup. 

Ketika digunakan untuk berkendara dalam waktu lama, udara yang ada di dalam mobil tidak bersirkulasi dengan baik seperti di ruangan terbuka. Oleh sebab itu, pemakaian air purifier sebenarnya perlu kalau kamu ingin udara di dalam mobil lebih sehat.

Selain air purifier, lengkapi mobil dengan asuransi kendaraan

Nah, tiba saatnya mencari asuransi yang cocok untuk melengkapi mobil kamu. Jadi, produk asuransi kendaraan ada dua yaitu all risk dan total loss only (TLO).

Asuransi All Risk menjamin segala kerusakan mobil walaupun cuma lecet. Sedangkan asuransi Total Loss Only atau TLO hanya menanggung kerugian jika kendaraan bermotor rusak parah dengan biaya perbaikannya mencapai 75% dari harga kendaraan.

Untuk memilih asuransi mana yang cocok, jangan sampai kamu tertipu. Mau tahu cara agar terhindar dari penipuan asuransi mobil? Jawabannya beli saja melalui broker asuransi terpercaya seperti Lifepal.

Di Lifepal, kamu bisa menemukan asuransi mobil terbaik sesuai bujet dan kebutuhan. Jika belum yakin, coba ikuti kuis asuransi mobil terbaik berikut ini untuk memilih jenis asuransi yang tepat. 

Pertanyaan seputar air purifier mobil

Artikel ini bersumber dari lifepal.co.id.